Menulis Yuk

Diskusi Strategi Peningkatan Produktivitas KUKM Melalui Galeri Indonesia Wow

UMKM merupakan salah satu senjata untuk memajukan ekonomi Indonesia. Mengapa demikian? Pada tahun 1998 saja, ketika krisis moneter tengah melanda Indonesia, pada saat itu pula industri besar banyak yang tumbang. Tapi tidak untuk UMKM. UMKM tetap bertahan dan terus melangkah meskipun tidak melangkah secara cepat.

Saat ini UMKM yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Mulai dari Sabang hingga Merauke UMKM di setiap daerah terus bermunculan. Produknya pun sangat bervariasi dan bisa dibilang masyarakat Indonesia ini sangat inovatif. Mulai dari produk makanan, minuman, pakaian, bahkan kerajinan.

Pada tanggal 2 Juni 2017, terdapat diskusi membahas strategi peningkatan produktivitas KUMK melalui galeri Indonesia wow yang ada di SMESCO. Dalam dunia industri, SMESCO memang dikenal sebagai rumah dari usaha mikro kecil dan menengah. Bisa dilihat di galeri Indonesia wow lantai 1 sampai 3 yang berisi hasil dari industri seluruh Indonesia.

Dalam diskusi membahas peningkatan produktivitas KUMK melalui galeri Indonesia wow, salah satu yang dibahas adalah bagaimana SMESCO melakukan pengembangan. Terutama pengembangan display untuk penempatan produk. Pengelompokan sudah mulai dilakukan untuk berbenah. Kemudian untuk melakukan pengembangan, pihak SMESCO juga turun langsung ke daerah-daerah untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas.

Berbicara tentang UMKM. Mengapa UMKM harus naik kelas? Hal ini juga dibahas dalam diskusi. Sebelum menjawab “Mengapa UMKM harus naik kelas?” mari kita ketahui dahulu naik kelas untuk UMKM itu apa. Naik kelas untuk UMKM adalah peningkatan yang bukan hanya dilihat dari segi penjualan saja. Indikator pencapaian untuk naik kelas memang bukan hanya segi penjualan. Indikator untuk naik kelas antara lain sistem kelembagaan, produktivitas, omset, sumber daya tenaga kerja, dan pemasaran. Intinya UMKM naik satu tingkat, dari usaha mikro menjadi kecil, dari kecil menjadi menengah, dan dari menengah menjadi industri besar.

Hal ini diperlukan untuk menghasilkan UMKM yang memiliki kompetensi dan sebuah apresiasi. UMKM yang mendapat apresiasi pastinya akan merasa diperhatikan. Dengan demikian ini menjadi pemicu agar UMKM terus melakukan pengembangan. Beberapa daerah yang sudah menjalankan hal ini diantaranya provinsi Gorontalo, kota Surakarta, dan Surabaya. Meskipun belum semua daerah yang melaksanakan. Kita harus optimis kalau semua UMKM yang ada akan terus berkembang dan naik kelas.

Dorongan pemerintah baik daerah maupun pusat adalah hal vital yang dibutuhkan untuk UMKM agar naik kelas. UMKM yang sudah naik kelas bisa dikatakan akan menjadi contoh bagi UMKM yang lain. Itu karena, biasanya hal yang dilihat pertama kali adalah segi pemasaran. Kemudian dari segi pemasaran yang semakin bagus dan berkembang akan memicu peningkatan segi lain.

Kita sebagai masyarakat Indonesia harus terus mendukung para pelaku UMKM. Dukungan yang harus kita berikan tidak lain adalah menggunakan produk lokal buatan UMKM. Jangan sampai kita lupa dan enggan untuk menggunakan produk lokal karena sebenarnya produk lokal tidak kalah dengan produk asing.

.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top