Menulis Yuk

Diskusi Seputar Video Game, Peran Ortu Memahami Video Game

Suatu ketika seorang kepala sekolah taman kanak-kanak merasa terheran-heran dengan kemampuan verbal anak didiknya, 3 dari 8 anak kesulitan melafalkan kata-kata dengan jelas. Setelah diselidiki, ternyata anak-anak ini memiliki kebiasaan bermain video game via ponsel atau tablet. Lamanya anak-anak berinteraksi dengan gadget, memisahkan duni yang sebenarnya sehingga kemampuan verbal, sensorik dan motorik cenderung lebih rendah dari anak-anak normal.

Kejadian di atas memberikan gambarak betapa video game melalui gadget dan tablet telah mempengaruhi anak-anak. Tentu kalau mau dirunut siapa yang paling bertanggungjawab, orang tua punya andil paling besar untuk menjawab hal itu. Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa orang tua memberikan video game kepada anak-anak (usia kurang dari 3 tahun?), salah satu alasannya lagi adalah orang tua kesulitan meluangkan waktu bermain bersama anak. Banyak orang tua yang tidak memahami perangkat lunak dan keras sebelum mereka memberikannya kepada anak.

Melalui diskusi ini, kita akan belajar memahami karakter video game dan bagaimana menyikapinya. Ternyata ada video game yang dianggap aman, bisa membuat anak belajar bahasa asing bersamaan melatih fisiknya. Tapi ada pula game yang sangat berbahaya, salah sayu bahaya yang dihadapi anak, bisa mempengaruhinya dalam perilaku kriminalitas. Diskusi ini juga akan membahas  mengapa diawal kemunculan film Pokemon, anak-anak Jepang banyak yang menderita sakit mata? Bagaimana kondisi mata anak terhadap terpaan cahaya dari monitor?

Acara diskusi ini akan dilangsungkan di Clubhouse Metland Cileungsi, pada Sabtu, 20 Agustus 2016. Pukul 09:00 s,d 12:00, untuk keterangan lebih lanjut, silakan daftar melalui Lisya; 08752 8751 0303

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top