Hobi

Diesel Talk: DEXLITE, Diesel Fuel Baru dari Pertamina

Setelah beberapa hari relaunching dan mensosialisasikan Pertamax Turbo saat berlangsungnya GIIAS 2016 ICE BSD Tangerang, maka pada tanggal 18 Agustus 2016 Pertamina kembali mengundang blogger, komunitas automotif dan masyarakat pengguna BBM untuk Diesel Talk di tempat yang sama, stand Pertamina GIIAS 2016.

Banyak wanita yang kurang memahami mengenai BBM yang digunakan *Tunjuk tangan ngaku! Tapi itu dahulu, sekarang tidak lagi loh, apalagi jika Pertamina secara berkala mengadakan bincang-bincang mengenai BBM kepada masyarakat – baik melalui talkshow di suatu acara,media social, melalui netizen atau komunitas. Dalam ingatan ini , keluarga saya 2x memiliki mobil yang menggunakan BBM untuk jenis kendaraan bermesin diesel, pertama ketika saya SMP – SMA  (Mobil produksi Nissan dan Daihatsu, berbentuk besar seperti yang digunakan untuk offroad, tetapi digunakan untuk mengantar jemput saya sekolah dan bepergian jika Ayah mengajak adik-adik beserta keponakannya). Kedua kali-nya di tahun 2003-2004 kakak saya memiliki mobil keluaran Suzuki dengan mesin diesel, kapasitas penumpang banyak dan 2 liburan saya pernah ikut mobil tersebut untuk menyusuri Pulau Jawa hingga Pulau Bali. Murah meriah euy! Sekitar 10 orang berada di mobil tersebut, dan saat itu BBM untuk diesel masih bersubsidi.

Sejak beberapa tahun ini subsidi untuk BBM kendaraan pribadi telah dihapuskan.(Iyee, gue juga gengsi antri beli bensin sebarisan sama angkot atau metromini…hihihi). Jadilah pemerintah melalui Pertamina meluncurkan berbagai varian baru “Diesel Fuel”. Jika sebelumnya bahan bakar bermesin diesel hanya Solar bersubsidi, maka Pertamina memproduksi Pertamina DEX yang akhirnya menjadi andalan kendaraan diesel. Tetapi karena disparitas harga yang cukup tinggi antara Solar bersubsidi dengan Pertamina DEX, maka diperlukan adanya produk diantaranya. Maksudnya harga BBM tersebut di atas harga Solar subsidi dan dibawah dari Pertamina DEX. FYI, harga Solar 48  saat ini Rp 5.150 , Pertamina DEX Rp 8.100

Diesel Talk 1

Diesel Fuel : Solar, DEX, DEXLITE (Dok.Pribadi)

Akhirnya tahun 2016 Pertamina menyediakan produk baru yang lebih berkwalitas bagi konsumen yang menggunakan kendaraan bermesin Diesel, yakni DEXLITE dengan harga perliter Rp6.450 . Dimana kwalitas DEXLITE lebih tinggi dibanding Solar 48 namun masih di bawah kwalitas Pertamina  DEX.

DEXLITE memiliki tagline : “Diesel Hemat Bertenaga”, produk bahan bakar diesel berkwalitas dengan harga terjangkau. Merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin DIESEL yang memiliki Cetane Number minimal 51 dan mengandung Sulfur (Sulfur Content) maksimal 1200 ppm.

Diesel Talk 2

Ibu Galih,Pak Yus dan Pak Resa (Dok.Pribadi)

Pada kesempatan DIESEL TALK Pertamina GIIAS 2016 Dr.Ing Tri Yuswidjajanto  dari ITB dan Galih Fithrian Ningrum (Public Relation Officer PT Pertamina Fungsi Fuel Marketing) memberikan gambaran singkat mengenai DEXLITE. Yakni dijelaskan perbedaan DEXLITE dan Bio Solar : DEXLITE memiliki  Cetan sebesar 51,Pertamina DEX memilik Cetan 53, sedangkan Solar memiliki Cetan 48. Kandungan sulfur DEXLITE berada di antara Solar dan Pertamina DEX. Kandungan Sulfur Solar 3.000 – 3.500, Pertamina DEX 300 ppm, DEXLITE 1000 – 1.200 ppm.

Seperti di awal tulisan, barangkali diantara kita ada yang belum memahami kelebihan penggunaan kendaraan pengguna diesel fuel atau bensin, maka saya akan memberikan pengertian singkatnya ya. Setidaknya supaya tidak berpemikiran seperti saya dahulu yang berpikir bahwa kendaraan dengan BBM Solar adalah kendaraan semacam angkot, metromini atau truck! Pemikiran tersebut barangkali muncul karena harga Solar yang murah (Karena bersubsidi!). Sekarang udah ngerti khan kalau diesel fuel nggak hanya Solar, udah ada Pertamina DEX dan DEXLITE! Perlu di-notice bahwa mobil-mobil mewah atau supercar juga ada yang bermesin diesel. Kalau di Eropa banyak mobil pribadi bermesin diesel, sedangkan di Indonesia mobil bermesin diesel lebih cenderung banyak digunakan untuk kendaraan umum, truck, mesin industri atau mobil niaga (Apalagi foodtruck/mobil toko sudah mulai menjamur di Indonesia). Padahal untuk mobil pribadi sebenarnya mobil bermesin diesel memiliki banyak keunggulan dibandingkan mobil pengguna bensin. Diantara keunggulannya adalah : Murah meriah, dan saya telah membuktikannya. Ketika keluarga memiliki mobil bermesin diesel, tanpa ragu saya mengeluarkan duit dari anggaran jajan plus patungan dengan teman untuk bergaya keliling Jakarta. Anak SMP euy, keliling Jakarta pakek mobil pribadi khan pasaran jadi lebih tinggi.*hus!*. Serta terbukti 2x saya piknik menyusuri Pulau Jawa dari Jakarta hingga Pulau Bali beramai-ramai dengan anggaran yang lebih murah dibanding menggunakan kendaraan umum (transportasi darat : bus dan kereta) dengan lebih nyaman pula (Full AC, Music dan mampir-mampir/bersilaturahim dengan keluarga di beberapa kota/tempat wisata yang kami lewati).

Apalagi keunggulan kendaraan bermesin diesel (Pengguna Solar, Pertamina DEX dan DEXLITE) ? Diantaranya :

  • Lebih dapat diandalkan dibandingkan mesin bensin. Mesin diesel tidak perlu sistem pengapian tegangan tinggi dan tidak memancarkan RF (Frekuensi Radio) yang bisa menyebabkan masalah dengan sistem elektronik kendaraan. Mesin diesel lebih awet daripada komponen lain di dalam kendaraan.
  • Penggunaan Pengapian Otomatis. Suatu keuntungan dari mengendarai mobil mesin diesel adalah bahan bakar diesel (Solar, Pertamina DEX dan DEXLITE) otomatis menyala sehingga memberi manfaat karena tidak diperlukan busi/kawat sehingga menurunkan biaya pemeliharaan kendaraan.
  • EKONOMIS . Bahan bakar lebih murah sekitar 30 % -50 %  dibandingkan kendaraan bermesin bensin dan nilai penyusutan lebih rendah dari mobil berbensin.
  • Lebih AMAN dibandingkan bensin karena lebih sulit terbakar dan tidak akan meledak bila terkena sumber panas yang tinggi.
  • Tahan banjir atau guyuran hujan lebat, karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektonikal.
  • Torsi maksimum pada RPM rendah. Mesin diesel menghasilkan torsi lebih rendah dari mesin bensin. Hal ini membantu meningkatkan ekonomi bahan bakar menyeluruh.

Dari keunggulan kendaraan bermesin diesel tersebut, maka cocoklah bagi kita yang suka berpetualangan, berlibur ke luar kota menggunakan mobil bermesin diesel dan menggunakan DEXLITE! Hemat dan Tangguh! Syukurlah saya sudah membuktikannya seperti yang saya ceritakan di awal tulisan. Walaupun dulu saya masih menggunakan Solar…ya sekarang diberikan “fasilitas” oleh Pertamina dengan adanya DEXLITE, jadi saya dan keluarga besar bisa berpetualang dengan hemat dan tetap aman nyaman. Apalagi bahan bakar diesel DEXLITE  lebih ramah lingkungan dibandingkan Solar (DEX : Diesel Environment Extra). DEXLITE juga membuat mesin menjadi lebih bertenaga dan effisien dibanding Solar.

Oh ya, harga mobil bermesin diesel memang lebih mahal dibanding yang berbahan bakar bensin dan suaranya “berisik”. Oleh karenanya lebih cocok bagi petualang khan? Yang pasti lebih tangguh berada di tanjakan. Toyota Innova dan Mitsubishi Pajero adalah contoh dari mobil yang memiliki mesin bensin dan diesel. Saat Diesel Talk di GIIAS, salah satu komunitas yang hadir adalah Captiva Chevy Club. Yup mereka penggemar-pengguna Chevrolet bermesin diesel. Kita dapat memilih mesin mobil tergantung tujuan/fungsi penggunaannya. BMW juga mengeluarkan mobil bermesin diesel. Kalau touring ke luar kota dengan BMW lumayan repot khan tuh kalau bahan bakarnya bensin (Karena umumnya BMW menggunakan Pertamax Plus atau sekarang Pertamax Turbo) .

BMW 535d Diesel (Dok.Car and Driver)

BMW 535d Diesel (Dok.Car and Driver)

Dengan kehadiran DEXLITE ke masyarakat, maka benar-benar mempermudah pecinta mobil supercar yang suka berpetualang keliling Indonesia, karena DEXLITE sudah tersebar di sekitar 800 SPBU  (dan akan terus bertambah)  di seluruh Indonesia. Tetapi kalau supercar-nya digunakan hanya untuk keliling kompleks atau mall mending pilih Pertamina DEX aja yaaa….Ini sekedar opini saya loh, tetapi kalau ada masukan,saran,kritik dan informasi lainnya tentang “Diesel Fuel” atau kendaraan bermesin diesel lainnya, tolong kirim-kirim ilmunya ke saya yach.

Beberapa kendaraan bermesin diesel yang cocok menggunakan DEXLITE :

1) Chevrolet Captiva dan Colorado

2) Hyundai H-1 CRDI

3) Isuzu D-Max dan Elf

4) Kia Pregio & Carnival

5) Mitsubishi Triton dan Pajero Sport non-VGT

6) Nissan Frontier

7) Peugeot XUD-9

8) Renault Duster

9) Tata Aria

10) Toyota Hiace, Commuter, Innova dan   Fortuner non-VNT

11) Semua merek dan tipe truk

(Sumber: Otomotif.net)

 

Anna R Nawaning S

http://odysseygemini.blogspot.com(Kuliner)
http://odysseygemini.blogspot.com (Wisata Indonesia)
http://57odysseygemini.blogspot.com (Lifestyle)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top