Indo Blog Net

Wisata

5 Destinasi Wisata yang Aman Dikunjungi Saat Pandemi Virus Corona

tempat wisata yang aman saat pandemi

Wah, tak terasa ya bulan depan kita sudah berada di penghujung tahun. Itu artinya kita akan menikmati liburan panjang akhir tahun. Namun tentu saja libur panjang tahun ini akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya Anda bisa bebas pergi berlibur kemanapun, tahun ini Anda wajib lebih berhati-hati menentukan tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi virus Corona.

Adanya pandemi virus Corona ini bukan berarti Anda tidak boleh liburan, ya. Jika memang memungkinkan untuk berlibur, boleh-boleh saja, kok. Tentunya Anda jangan lupa tetap menjalankan aturan protokol kesehatan agar tetap sehat selama liburan dan setelahnya. 

Nah, hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah memilih tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

5 Tempat Wisata yang Aman Dikunjungi Saat Pandemi

Anda perlu memastikan bahwa tempat wisata yang Anda tuju merupakan tempat yang aman dikunjungi saat pandemi dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Tenang saja, di Indonesia ada banyak tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi ini, diantaranya:

1. Orchid Forest Cikole

tempat wisata orchid forest cikole

Credit: indonesiatraveler.id

Tempat wisata ini tepatnya terletak di wilayah Lembang, Bandung. Anda tak perlu khawatir berlibur di tempat wisata yang satu ini, sebab Orchid Forest Cikole menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, lho. 

Penerapan protokol kesehatan ini dimulai begitu Anda menginjakkan kaki di pintu masuk Orchid Forest Cikole. Sebelum masuk, Anda wajib mencuci tangan, cek suhu tubuh, serta melewati ruang disinfektan agar bersih dari kuman dan bakteri.

Baca juga: Barang yang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal

Tak hanya itu, Anda juga diberi masker gratis yang wajib digunakan selama berada di Orchid Forest Cikole. 

Tidak heran bukan jika tempat wisata yang satu ini termasuk dalam salah satu destinasi wisata yang aman dikunjungi saat pandemi ini.

Orchid Forest Cikole merupakan tempat yang sangat menarik bagi Anda yang hobi foto-foto. Sebab di sini Anda bisa dengan mudah memperoleh spot foto yang super instagramable

Misalnya di Orchid House, dimana terdapat ribuan anggrek yang memanjakan pandangan mata Anda. Ada juga Wood Bridge yang merupakan jembatan kayu gantung yang dihiasi lampu-lampu.

2. Taman Impian Jaya Ancol 

tempat wisata taman impian jaya ancol

Credit: alampriangan.com

Destinasi wisata yang satu ini termasuk yang paling ramai dikunjungi saat liburan. Untuk itulah pihak pengelola memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat di masa pandemi ini agar tidak terjadi penularan virus di area Taman Impian Jaya Ancol.

Protokol kesehatan yang diterapkan diantaranya, anak usia dibawah 9 tahun serta lansia (orang lanjut usia) diatas 60 tahun hanya diperbolehkan memasuki kawasan pantai serta ruang terbuka hijau Allianz Ecopark. Bagi pengunjung yang berenang pun ditetapkan aturan untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung lain. 

Tak hanya itu, manajemen Taman Impian Jaya Ancol juga mensyaratkan pengunjung tidak mempunyai riwayat penyakit penyerta yang dapat memperburuk kondisi seseorang jika terkena virus Corona. Wanita hamil juga diminta untuk tidak berkunjung ke tempat wisata ini karena berisiko tinggi. 

Di sini Anda tak perlu khawatir jika lupa membawa hand sanitizer sebab manajemen Taman Impian Jaya Ancol telah menyiapkan sabun agar pengunjung dapat mencuci tangan dengan mudah. 

3. Taman Margasatwa Ragunan

tempat wisata ragunan

Credit: liputan6.com

Taman Margasatwa Ragunan juga termasuk tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi. Di masa pandemi virus Corona ini, khususnya saat diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta, tempat wisata ini hanya menampung 2000 pengujung saja setiap harinya.

Hal ini dilakukan untuk membantu penerapan physical distancing diantara para pengunjung.

Selain itu jam buka pun dibatasi, yaitu mulai pukul 07.30 – 14.00 WIB. Dan sementara ini hanya mereka yang memiliki KTP Jakarta saja yang diperbolehkan masuk ke Taman Margasatwa Ragunan.

Sama halnya dengan Taman Impian Jaya Ancol, tempat wisata yang satu ini juga tidak memperbolehkan anak usia di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun, serta wanita hamil untuk berwisata ke tempat tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Belanja Sayur Online, Hidup Sehat Gak Perlu Ribet!

Demi menjadikan tempat wisata Taman Margasatwa Ragunan ini aman dikunjungi saat pandemi, pihak pengelola pun memperketat aturan penggunaan masker.

Jika terlihat ada pengunjung yang membuka masker di area wisata, maka petugas akan memberikan teguran. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyebaran virus Corona di area wisata Taman Margasatwa Ragunan.

4. Bali Safari and Marine Park

tempat wisata yang aman saat pandemi

Credit: rentalmobilbali.net

Selain di Jakarta dan Bandung, di Bali juga ada tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi, Bali Safari and Marine Park adalah salah satunya. Setelah beberapa waktu lalu tempat wisata ini sempat ditutup, taman safari Bali ini kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penularan virus Corona.

Tempat wisata yang satu ini memang termasuk salah satu lokasi yang ramai pengunjung terutama di musim liburan. Petugas kepolisian setempat pun turut langsung memantau protokol kesehatan dan menjaga agar pengunjung tertib menaati aturan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak minimal satu meter. 

Bukan hanya itu, beberapa protokol kesehatan lainnya yang diterapkan Bali Safari and Marine Park ini misalnya: mengutamakan pembelian tiket secara online dan pembayaran non tunai menggunakan kartu, serta suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

Hal ini dilakukan agar taman safari Bali yang terletak di Kabupaten Gianyar ini bisa menjadi tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi. 

5. Taman Mini Indonesia Indah

tempat wisata TMII

Masih di kawasan Jakarta, tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Di masa pandemi ini Taman Mini Indonesia Indah membatasi kapasitas pengunjung maksimal 25 persen saja. Usia pengunjung pun dibatasi, yaitu hanya usia 9 – 60 tahun saja yang boleh masuk. 

Pembelian tiket hanya dilakukan secara online untuk menghindari transaksi pembayaran tunai yang dilakukan secara langsung (tatap muka). Setiap pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan di cek suhu tubuhnya. 

Supaya Taman Mini Indonesia Indah benar-benar menjadi tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi ini, setiap kendaraan yang masuk pun akan disemprot cairan desinfektan terlebih dahulu. Pengunjung juga diwajibkan untuk selalu mencuci tangan sebelum memasuki wahana di area wisata, serta menjaga jarak minimal 1 meter. 

Bagaimana nih, melihat begitu ketatnya protokol kesehatan yang diberlakukan, tak heran ya jika kelima tempat wisata di atas menjadi tempat yang aman dikunjungi saat pandemi virus Corona ini. Jadi, tak ada alasan untuk tidak bisa menikmati liburan, bukan? Dan jangan lupa, yang terpenting adalah jaga imunitas tubuh Anda agar selalu kuat sehingga tidak mudah terserang virus.

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top