Indo Blog Net

Wisata

5 Destinasi Wisata Indonesia Super Keren untuk Liburan Akhir Tahun

destinasi wisata akhir tahun

Bersyukurlah kita sebagai warga negara Indonesia yang dikaruniai kekayaan alam nan indah. Banyak destinasi wisata yang siap untuk Anda kunjungi di liburan akhir tahun ini. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa untuk memanjakan diri dengan nuansa liburan yang menakjubkan. Cukup di Indonesia saja, lebih hemat dan lebih membanggakan tentunya. Setuju, bukan?

Bingung menentukan destinasi wisata mana yang akan Anda kunjungi di liburan akhir tahun ini? Tenang, berikut kami ulas secara lebih lengkap 5 destinasi wisata super keren yang layak Anda kunjungi di liburan akhir tahun 2020 ini.

5 Destinasi Wisata Super Keren untuk Menikmati Liburan Akhir Tahun

Tapi jangan lupa ya, kemanapun Anda pergi liburan tetap patuhi protokol kesehatan yang wajib di masa pandemi ini. Agar liburan berjalan lancar dan Anda pulang dalam keadaan sehat.

Yuk, langsung simak beberapa destinasi wisata Indonesia berikut ini untuk liburan akhir tahun Anda.

1. Kepulauan Kakaban, Kalimantan Timur

wisata kakaban

Credit: pegipegi.com

Pulau Kakaban merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau ini sebagian besarnya (sekitar 80 %) didominasi oleh danau. Danau ini airnya berasal dari rembesan air laut dan kucuran air hujan.

Di danau ini Anda dapat menemukan ribuan ubur-ubur mini. Terdapat dua jenis ubur-ubur, yaitu Golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Ubur-ubur ini mempunyai warna yang berbeda-beda, ada yang jingga, putih, kemerahan, hingga ungu muda. 

Anda bisa berenang bersama ubur-ubur ini. Sebab tak seperti ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur di destinasi wisata yang satu ini sama sekali tidak menyengat. Anda dapat merasakan sensasi geli saat menyentuh ubur-ubur ini.

Baca juga: Tempat Makan Soto Betawi Enak di Kota Wisata Cibubur

Keindahan alam Pulau Kakaban ini terbentuk dari proses alami. Air payau yang berwarna hijau kebiru-biruan namun begitu bening ini menjadikan Pulau Kakaban sangat spesial untuk dikunjungi. Kondisi airnya tenang, tidak pernah pasang surut seperti laut. 

Tak hanya danau indahnya saja yang bisa dinikmati dari destinasi wisata liburan akhir tahun yang satu ini. Pulau Kakaban juga memiliki daratan yang menawan dengan adanya tumbuhan berupa pepohonan purba serta sedikit tanaman mangrove. 

2. Kepulauan Kei, Maluku

pulau kei

Credit: tour.dolandolen.com

Saking indahnya, destinasi wisata yang satu ini seringkali disebut sebagai surga tersembunyi di Indonesia. Terdapat puluhan gugusan pulau-pulau kecil yang terbentang begitu memesona di kepulauan ini.

Salah satu tempat yang indah di Kepulauan Kei ini adalah Pantai Ngurbloat yang terletak di Desa Ngilngof, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pasir Panjang ini dinobatkan sebagai pantai dengan pasir terhalus di dunia oleh National Geographic. 

Pasirnya sangat halus dan lembut seperti layaknya bedak yang beterbangan saat tertiup angin. Destinasi wisata liburan akhir tahun yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu pasir terpanjang di Asia Tenggara, lho. 

Destinasi wisata akhir tahun yang satu ini juga diperkaya dengan ekosistem alam yang begitu indah, salah satunya yaitu Pulau Bair.

Pulau yang terletak di Kepulauan Kei ini kerap dijuluki Raja Ampat mini karena keindahannya yang hampir serupa. Anda akan terpesona melihat air laut yang sangat bening bagaikan kaca serta serpihan bebatuan yang mengelilingi pulau ini. 

3. Pantai Koka, NTT

pantai koka

Credit: guideku.com

Pantai Koka juga termasuk salah satu destinasi wisata yang super keren untuk Anda kunjungi di liburan akhir tahun ini. Destinasi wisata Indonesia yang terletak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini seringkali disebut sebagai pantai surga karena keindahannya yang sulit ditandingi. 

Pasir pantainya berwarna putih dengan tekstur yang sangat halus dan lembut. Belum lagi keelokan air laut yang jernih dihiasi gradasi warna biru muda dan biru tua menjadikan destinasi wisata akhir tahun yang satu ini terlihat makin eksotik. Anda juga dapat melihat dengan jelas hiasan terumbu karang di Pantai Koka ini. 

Banyak hal yang akan membuat Anda terhipnotis dengan nuansa indahnya alam di Pantai Koka. Salah satunya adalah suara kicauan burung-burung yang hidup dan terbang bebas bertengger di pohon-pohon sekeliling Pantai Koka. Kicauan merdu burung-burung ini pasti membuat Anda semakin betah dan nyaman berada di tempat ini.

Bagi Anda yang gemar menyelam, Pantai Koka ini juga dilengkapi dengan keindahan terumbu karang serta ikan yang berwarna-warni di dalamnya. 

4. Pulau Kenawa, NTB

pulau kenawa

Credit: travel.tribunnews.com

Pulau Kenawa yang terletak di Lombok ini tak hanya jadi destinasi wisata turis lokal saja lho, tapi juga banyak menjadi destinasi wisata turis mancanegara. 

Keelokan bukit serta savana dengan rumput ilalang tinggi membuat destinasi wisata liburan akhir tahun yang satu ini terlihat begitu memesona.

Pemandangan alam di Pulau Kenawa ini dijamin akan membuat Anda takjub. Mulai dari hamparan savana, indahnya perbukitan, pantai dengan pasir yang putih, hingga cantiknya terumbu karang akan membuat Anda merasa damai.

Baca juga: Penting! 9 Barang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal

Padang savana di Pulau Kenawa ini akan berwarna hijau di saat musim penghujan dan akan berwarna kecoklatan saat musim kemarau. Di tengah Pulau Kenawa terdapat bukit-bukit yang tidak terlalu tinggi, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat keseluruhan pulau nan eksotik ini, seperti indahnya padang savana, hamparan pasir putih, hingga laut yang berwarna biru. 

5. Pulau Misool, Papua Barat

pulau misool

Nah, kalau destinasi wisata Indonesia yang satu ini pastinya Anda sudah lebih familiar bukan? Pulau Misool yang terletak di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat ini memang telah lama menjadi destinasi wisata favorit untuk liburan akhir tahun. 

Keistimewaan Pulau Misool dimulai dari deretan batu karang serta eloknya pasir putih dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau menyejukkan mata. Lalu Anda juga akan dibuat terpukau dengan laut yang sangat cantik berwarna biru turquoise.

Air laut ini sangat bening hingga Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan indah berupa ikan-ikan, penyu, hiu, serta terumbu karang.

Salah satu kegiatan seru yang dapat Anda nikmati jika mengunjungi destinasi wisata Pulau Misool ini adalah mengelilingi pulau menggunakan perahu boat. Dengan begitu Anda bisa puas menikmati pesona Pulau Misool yang eksotik ini. 

Bagaimana Anda tertarik mengunjungi beberapa destinasi wisata di atas pada liburan akhir tahun ini? Pastikan Anda dalam keadaan benar-benar sehat saat pergi liburan ya, sehingga Anda dapat lebih menikmati waktu liburan dengan sepenuh hati.

Yuk, jaga kesehatan sebaik mungkin agar liburan akhir tahun ini dapat Anda nikmati dengan bahagia. Selamat menyambut libur akhir tahun.

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top