Opini

Daripada Berantem, Mending Dikawinkan Saja Gojek Rasa Bluebird

Demo pengemudi taksi konvensional telah lewat 3 hari yang lalu di Jakarta. Berlaksa kisah bertebaran di media daring. Pun demikian  dengan di media cetak. Semua mencoba mengupas dari sisi pribadi masing-masing. Banyak yang menyayangkan, namun tak sedikit pula yang mendukung.

Para pengemudi taksi konvensional merasa bahwa sejak munculnya taksi berbasis daring, penghasilannya turun drastis. Apalagi kendaraan plat hitam yang seharusnya bukan untuk angkutan umum ternyata dipakai juga. Belum lagi ojek motor daring yang peminatnya saat ini lumayan banyak. Mereka berpikir bahwa dua angkutan model itulah penyebab ‘berkurangnya rezeki’ mereka. Dialog demi dialog dengan instansi terkait mengalami jalan buntu. Tak pelak, pilihan turun ke jalan seolah menjadi solusi yang akan menyelesaikan masalah.

Charles Darwin pernah menyampaikan satu teori bahwa yang mampu bertahan bukanlah yang terkuat, melainkan yang mampu beradaptasi.

Menarik sekali status seorang sahabat FB di tahun yang lalu. Jauh hari sebelum aksi demonstrasi meletus. Ade Wahyudi dengan instingnya yang tinggi, berhasil ‘mencuri’ sesuatu yang unik. Di statusnya tertulis “Go-jek rasa blue bird”. Sangat menarik memang, sehingga yang membagikan status tersebut sampai ratusan orang. Kata orang Jawa “gojek parikena” (guyonan tapi sarat makna yang benar, Ind.).

Yups, bapak pengemudi ojek daring tersebut memang kreatif. Satu gambar yang begitu sarat makna. Ternyata menurunnya pendapatan sebagai sopir taksi konvensional tak harus disikapi dengan ratapan atau emosi. “Banyak jalan menuju Roma”, demikian mungkin pikir bapak tersebut. Melihat peluang ojek daring yang prospektif, beliau tak mau melepaskan kesempatan emas itu. Tentu saja banyak pertimbangan yang akhirnya membuat beliau memilih yang demikian.

Jika harus keluar dari perusahaan taksi tersebut, tentu banyak kerugiannya. Selain masa kerja yang sudah lumayan mungkin, tentu banyak fasilitas yang akan dilepaskannya. Asuransi kesehatan, kecelakaan kerja, pensiun, atau tunjangan yang lain bakal hilang. Jaminan yang belum tentu akan didapatkannya jika harus bekerja penuh sebagai pengemudi ojek daring.

Maka berdamai dengan jalan tengah menjadi pilihan rasional. Pekerjaan tetap sebagai sopir taksi konvensional berjalan, sebagai ojek daring pun berjalan. Kreativitas untuk menambah rezeki ini sebenarnya bisa dilakukan oleh kawannya yang lain. Meski tentu saja tidak harus sebagai pengemudi ojek daring. Kreativitas, satu kata berjuta makna.

Beliau berhasil melepaskan diri dari keluh kesah dan ‘kemuraman hidup’ dengan berkreasi. ‘Go-jek rasa Blue Bird’ menjadi salah satu solusi diantara Go-jek rasa lain yang sering kita dengar. Bahkan penulis dengar sendiri dari penuturan mereka. Karyawan, pegawai, guru, bahkan PNS pun tak sungkan mengais rezeki sebagai ojek daring tersebut. Hidup memang harus disikapi dengan cerdas. Bukan dengan berkeluh kesah atau marah-marah.

Berdamailah dengan kreativitas. Berteman baiklah dan bersuka rialah dengan kreativitas. Sebab kreativitas itulah yang akan menentukan kualitas hidup kita. Mau bermanfaat bagi diri sendiri saja, atau mau lebih dari itu.

Mas Nuz

Pecinta keluarga yang kadang suka nulis dan jalan-jalan.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top