Indo Blog Net

Kuliner

Dadih, Yoghurt Asli dari Sumatera Barat

Sudah tahu kan, olahan makanan dari susu yang begitu banyak penggemarnya. Ya, yoghurt. Banyak sekali produk yoghurt dijual di toko-toko, supermarket dengan banyak merek, banyak rasa. Di Sumatera Barat ada produk yoghurt tradisional yang dikenal dengan nama dadih atau dadiah.

Dadih Yoghurt dari Sumatera Barat

Dadih ini adalah produk fermentasi dari susu kerbau. Warna dadih putih dengan bau dan rasa agak asam. Dadih ditaruh di tempat yang terbuat dari bambu. Wadah ini ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang sudah dilemaskan di atas api.

Kalau melihat tradisi orang minang , makan dadih itu untuk sarapan pagi. Dimana dadih disandingkan dengan emping, lemang (beras ketan) dan gula merah. Selain itu bisa digunakan sebagai pengganti lauk untuk menemani nasi.

Manfaat Dadih Yogurt

Dadih ini kaya sekali akan kalsium, protein dan berbagi vitamin esensial. Asam laktat yang ada dalam dadih bisa melepaskan sel-sel mati di kulit sebagai tanda penuaan. Asam laktatpun dapat melembabkan kulit sehingga kulit tampak halus. Jadi ternyata dadih kaya akan manfaatnya seperti

  1. Melembabkan kulit. Menggunakan dadih pada kulit akan melembabkan kulit sehingga kulit menjadi kenyal. Caranya dengan mencampurkan dadih dengan madu kemudian mengoleskan di wajah. Tunggu sampai 15 menit kemudian bilas dengan air.
  2. Melindungi dari paparan sinar matahari. Dengan menggunakan dadih makanya kulit terlindungi dari paparan sinar matahari yang menyengat
  3. Mencegah jerawat. Hal ini karena dadih mengandung antibakteri dan antiinflamasi.
  4. Menghilangkan lingkaran hitam. Caranya mengoleskan dadih di sekitar bawah mata Kemudian didiamkan selama kurang lebih 10 menit baru dibilas dengan air bersih.
  5. Meningkatkan kualitas rambut. Jadi kalau mencampurkan dadih dengan telur bisa berfungsi sebagai kondisioner. Caranya satu telur dan dua sendok dadih dicampur. Kemudian oleskan di rambut dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit baru dibilas dengan air.

Baca juga: 9 Kuliner Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Proses Pembuatan Dadih Yogurt

Proses pembuatan dadih sangat sederhana. Ada berbagai cara membuat dadih di setiap daerah. Dadih berasal dari susu kerbau. Susu harus diperah terlebih dahulu. Kemudian dimasukan dalam wadah bambu dan ditutup daun pisang. Wadah ini disimpan dalam suhu ruang selama 1-2 hari. Proses ini dikenal dengan fermentasi.

Adanya mikroba pada bambu dan daun yang membantu proses fermentais ini.Hasilnya berupa gumpalan-gumpalan. Gumpalan ini berwarna putih kekuningan, kental dan memiliki aroma campuran aroma susu dan bambu. Hasil ini bisa langsung dimakan.Dadih mengandung berbagai zat gizi seperti kadar air (84,35%), protein (5,93%), lemak (5,42%), karbohidrat (3,34%), selain itu kadar keasaman dadih adalah 3,4.

Dan di dalam dadih terdapat 36 strain bakteri pembentuk asam laktat sebagai probiotik, dan membentuk tekstur dan rasa. Bakteri asam laktat ada dalam produk dadihnya dapat mencegah beberapa penyakit seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah masuknya bakteri patogen, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker.

Adanya asam laktat dalam dadih menyebabkan kita tidak diare dan bakteri probiotiknya juga mampu bertahan di saluran penernaan manusia. Dadih ini bisa sebagai sumber protein yang murah dan bisa meningkatkan gizi masarakat.

Tak kalah gizinya dengan produk yoghurt lainnya. Mungkin sekarang harus ada inovasi terbaru agar dadih juag bisa dipasarkan sampai luas. Cara pengepakannya, atau bisa diolah kembali menjadi panganan yang kaya nutris nantinya. Jangan lupa mencoba dadih saat mampir ke Sumatera Barat. Bedakan dengan rasa yoghurtnya.

Sumber gambar: genpi.co

 

 

Latest posts by Hastira (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top