Inspirasi

Cuma Start Tiga Bulan, Berkah Ngeblog Terus Mengalir

telkomsel

Sebenarnya tulisan ini berawal dari komen seorang teman lama (teman jaman kuliah), ketika saya memposting si Kecil-Pendar 16m dengan pose bermain dengan buku, bertema ‘Stimulasi Bahasa’ dalam mempromokan sebuah brand susu balita ternama. Begini komennya:

“Pengen deh anak2 ku juga penyuka buka kayak anak2 nya Eni. Bintang juga keliatan tertarik sama buku, gw kipas dia sama buku bergambar dia lompat liat gambarnya, kasih buku lain juga gitu, seneng banget liat gambarnya. Sekarang kalo num susu sambil dialih perhatiannya ke buku mimiknya jadi gak nangis dan lancar”

Kurang lebih artinya dari obrolan selanjutnya begini: Mau dung ikutan anakku jadi iklan itu, kan anak-anakku juga suka buku seperti Pendar. Yang kemudian saya jelaskan secara singkat, ngeblog aja Insya Allah job akan datang sendiri.

Obrolan pun melebar sampai pada pertanyaan: “Bisa gitu ngeblog buat penghasilan secara materi?”

budaya membaca

Yups, sebagai blogger yang aktif baru dari pertengahan Desember 2015 (meski ngeblog buat catatan pribadi seperti menulis perjalanan buku-buku saya dan menulis cerpen sudah dari tahun 2010) tentu mendapat pertanyaan seperti itu , saya gelagepan. Apalah saya, bisa apa di dunia blogger, keahlian menulis, sedikit kutak-katik foto dan bikin vidEo sederhana, plus terbata-bata belajar bahasa ngeblog seperti misalnya: SEO, DA, dll. Jadi pertanyaan teman saya itu masuk kategori berat buat saya.

Apalagi kemudian meluncur cerita si teman yang lulusan S1 dari sebuah universitas swasta di Jakarta, sejak menikah otomatis pure menjadi ibu rumah tangga, mengasuh dua anak: balita dan baby, tentu rasanya rindu mengasah ilmu yang lama terpendam. Ada keinginan yang kuat untuk tidak  membiarkan ilmunya berlumut di dalam kepala.

softex1

Salah satu compentisi yang saya menangkan selama 3 bulan ngeblog

Akhirnya dengan sederhana saya paparkan kegiatan saya ngeblog selama 3 bulan lebih ini.Yahh..lebih pada berbagi pengalaman sih intinya. Jadi, selama tiga bulan itu, selain saya diundang di berbagai kegiatan brand, mulai dari yang berbayar , yang dapat fee prodak sampai job review, saya jabanin. Brandnya juga bermacam-macam, dari brand besar sampai online shop yang masih baru. Sempat ikutan lomba, Alhamdulillah  berhasil memenangkan beberapa GA dengan hadiah satu set gamis sampai hijab. Bahkan dua kali memenangkan lomba blog  dengan hadiah lumayan padat : Juara Blog Terpopuler versi Flipit, Juara II Blog Competition Softex Daun Sirih, dan banyak lagi rejeki yang datang dari ngeblog.

“Kalau ditotal berapa dalam tiga bulan itu?”

“Waaah, itu rahasia, “canda saya. “Tapi setidaknya membuat kita punya rejeki lebih untuk anak-anak”

“Aku mau dong, En. Bagaimana caranya, bagi tips’nya. Sepertinya ngeblog bisa kita jadikan karir ya?”

“Ya, buanyak di luar sana blogger top yang bisa keluar negeri dan banyak hal dari ngeblog.”

“Oya, tips’nya apa sih?”

Apa ya, tips dari saya. Sebenarnya saya yang belum apa-apa ini sedikit sungkan jika diminta tips ngeblog supaya menghasilkan sesuatu, tidak sekedar menulis saja. Tapi baiklah, sekedar sharing, mungkin memberi manfaat . Berikut ini tips ala saya dalam ngeblog:

  • Menulis saja, yang penting niatkan: bermanfaat meski kecil
  • Lakukan semua pekerjaan, termasuk ngeblog dengan serius
  • Pandai mengamati hal-hal kecil untuk ditulis,misalnya: tentang tumbuh kembang anak, dll
  • Mau belajar: Dalam ngeblog banyak hal yang akan kita pelajari, banyak ilmu yang datang jangan disia-siakan
  • Bertanggung jawab, ini penting karena ketika kita ngeblog dengan serius  kemungkinan besar akan berhubungan dengan pihak luar seperti brand, dll.
  • Dari sekian point di atas yang saya tulis, jangan lupa: Ikhlas, menulis saja, berbagi saja, belajar perbaikin terus konten dll dari blogmu. Insallah…apa yang kau cari dalam ngeblog ketemu.

Mungkin di sana, sepasang mata teman saya berbinar, saya tidak bisa melihatnya melalui percakapan inbox tapi dari aura tulisannya dan kemudian icon yang dikirim…saya tahu, dia menemukan inspirasi dari obrolan sederhana ini. Ya, ya, katanya: Betapa dalam hari-hari seorang ibu banyak hal yang bisa ditulis, banyak hal yang bisa dibagi ke pembaca karena ibu itu ladangnya ilmu, karena ibu itu setiap hari dipaksa belajar. Belajar memahami anak-anak dan suaminya.

Yap, kenapa juga tidak kau tulis: Rahasia indahnya hubunganmu dengan suami atau bisa juga…resep MPasi baby’mu…

Dan, lagi-lagi teman saya mengirim icon tertawa lepas.

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top