Indo Blog Net

Menulis Yuk

Creative Room Pelatihan Animasi BBPLK Bekasi Siap Cetak Ahli Animasi!

creatuve room animasi kemnaker

Sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap kemajuan dunia animasi, Kementerian Ketenagakerjaan RI pertengahan November lalu meluncurkan Creative Room yang bertempat di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi (BBPLK), Jalan Guntur Raya No.1 Kayuringin, Bekasi Selatan.

BBPKL Bekasi merupakan salah satu Balai dari lebih dari 200 balai pengembangan latihan kerja Kemnaker yang telah direvitalisasi menjadi balai yang fokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagaimana yang tertuang dalam Permenaker No.21 tahun 2015, BBPLK Bekasi mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pelatihan, pemberdayaan dan sertifikasi tenaga kerja, instruktur dan tenaga pelatihan serta penempatan tenaga kerja kompeten.

BBPLK Bekasi sudah berdiri sejak 1985 awalnya bernama CEVEST (Centre for Vocational and Extension Service Training).

BBPLK Bekasi Pelatihan Animasi

Pelatihan dan pengembangan yang dilakukan BBPLK Bekasi disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industrinya. Animasi salah satunya, menjadi program pelatihan yang difokuskan di BBPLK Bekasi. Ya, industri animasi memang makin menjanjikan. Sejak 2009, film animasi didebutkan lewat ‘Meraih Mimpi” yang dimainkan oleh  Gita Gutawa di layar lebar, rupanya mendorong anak-anak muda kreatif menciptakan animasi-animasi dengan kualitas dan ide cerita yang makin baik.

Baca juga : Kemnaker Ajak Blogger Ikut Sosialiasasikan Film Animasi Karya Anak Bangas Nano Millenial Force

Diakui meski sedang menjajal selera yang pas untuk pasar film animasi di negeri ini, tetapi sejumlah film yang sudah nangkring di bioskop seperti Si Juki yang diproduksi oleh Falcon Picture pada penghujung 2017,  semakin memberikan optimisme besar, animasi Indonesia mampu bersaing dengan industri animasi dunia, semacam Anime Jepang maupun Disneyland.

Jika pasar sudah berhasil ditangkap taste-nya dan kalangan industri film juga sudah siap memproduksi, masalah kembali pada kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sudah siapkah SDM animasi kita memasuki industrinya ?

pelatihan animasi kemnaker

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menurut Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI) saat ini diperlukan sekitar 3.000 tenaga kerja per tahun di bidang animasi tetapi saat ini baru mencapai 1.500 tenaga kerja per tahun.

Menjawab permasalahan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meluncurkan terobosan solutif, sebuah ruangan pelatihan untuk memproduksi film animasi. “Creative room ini diharapkan bisa memacu semangat generasi muda untuk memperdalam animasi dan bermental entrepreneurship,” ujar Hanif Dhakiri saat peluncuran Creative Room.

Seperti apa sih Creative Room BBPLK Bekasi ?

Creative room seluas 303 m2 ini terdiri dari beberapa ruangan produksi. Diantaranya,  ruang Theater sebagai tempat pertunjukan film hasil karya siswa animasi. Kemudian, ada ruangan motion capture untuk merekam digital dari gerak-gerik actor yang sudah diberi sensor pada tiap titik acuan yang diinformasikan ke sebuah sistem computer khus menjadi suatu animasi karakter.

creative room pelatihan animasi BBPLK Bekasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu, ada ruang Dubbing & Editing untuk melakukan proses mengisi suara pada tayangan video sekaligus editing, ruang produksi, ruang bermain dan pantry.

Pelatihan-pelatihan yang diadakan untuk animasi ini menurut Menteri Hanif Dhakiri tidak dipungut biaya dan tidak terbatas pada wilayah Bekasi saja, tetapi juga berbagai daerah di Indonesia.

Peserta akan mendapatkan pembelajaran  movie animator dengan kurikulum sesuai dengan standar industri animasi seperti  3D Modelling, 3D Animate, 3D Rigging, Editing & VFX, Storyboarding, Character Design, dan Teaching Factory.

pelatihan animasi di creative room BBPLK Bekasi

sumber foto : doc BBPLK Bekasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selama tahun 2018 berjalan, BBPLK Bekasi telah melaksanakan pelatihan bidang animasi kepada sebanyak 256 orang. Mereka yang menekuni movie animator sebanyak 32 orang dalam2 paket, dan digital animator berkali lipat volumenya yaitu 224 orang dalam 14 paket.

Targetnya dalam suatu masa training diharapkan peserta dapat memproduksi minimal film pendek dan terserap di industri animasi. “Kami akan terus pantau pelatihan ini dan melakukan jejaring dengan kalangan industi animasi dunia. Karena penting sekali kita mengupdate perkembangan dari mereka.” papar Hanif Dhakiri.

 

 

 

 

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Headline styles for your blog post 👓👓
.
Headlines are important, right? 😜 They're the first impression people get of your blog. And they can be the difference between someone clicking through to your post or not! Hehe.. 🙈
.
Try some of these headline styles out for your blog post:
.
💦 NUMBERED headlines - preview how much content is in the blog post: '13 ways to improve your writing'
.
💦 GUIDE headlines - suggest a beginning to end process is contained in the blog post: 'The ultimate guide to becoming a better writer'
.
💦 HOW TO headlines - tell the reader you can solve a problem: 'How to write great headlines'
.
💦 COMPARISON headlines - help reader’s make decisions: 'Why I use a professional instead of editing my own copy (and why my reader’s love it)'
.
💦 URGENCY headlines - compel the reader to get the information or miss out: 'Stop making these writing mistakes or you could lose your loyal readers'
.
💦 CURIOSITY headlines - trigger FOMO (fear of missing out) with readers: 'The secret tricks I use to write a blog article every day'
.
Credit: digitaldecluttered.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top