Opini

Copy Paste, Antara Positif dan Negatif

Dalam dunia tulis-menulis di internet, yang namanya copy paste alias menjiplak memang bukan hal yang asing lagi. Banyak banget artikel yang isinya persis namun ditulis di beberapa sumber website atau blog yang berbeda. Ada yang 100 % persis, ada yang diubah judulnya, dan ada juga yang diubah-ubah sedikit isi ataupun penulisannya.

Kalau saya pribadi sih, gak termasuk yang anti copy paste garis keras. Saya juga pernah kok copy paste tulisan orang lain, asalkan ditulis sumbernya. Tapi copy paste bukan untuk tulisan di blog atau website, ya. Copy paste paling untuk ngeshare status di sosial media (misal: Facebook). Kalau kamu gimana, pernah copy paste juga kah?

Sebenarnya sih persoalan jiplak-menjiplak bukan hanya dalam dunia menulis aja, di mana-mana juga adaaa. Industri musik, kuliner, kerajinan, karya ilmiah, dunia pertelevisian, dan industri-industri bisnis lainnya, yang namanya copy paste tampaknya memang sulit untuk dihindari. Meski sudah banyak cara dilakukan untuk melarang tindakan tersebut. Ya, kalau untuk benar-benar meniadakan copy paste memang sulit, tapi seenggaknya tindakan copy paste seharusnya bisa diminimalisir lah, ya.

Nah, kalau karya tulismu di blog dicopy paste gimana reaksimu? Kalau saya mah, monggo ajaaa tulisan saya dicopy paste, selama orang yang mengcopy paste tersebut gak mengakui tulisan saya adalah tulisannya. Lagipula saat menulis sebaiknya kita juga tau risikonya, salah satunya jika tulisan kita kemudian dicopy paste. Kasarnya gini, kalau gak mau tulisanmu dicopy paste ya udah gak usah publish tulisan di internet, hehe..

Jadi, bagi saya yang namanya copy paste dalam dunia tulis-menulis di internet boleh-boleh aja asalkan tetap beretika. Yaitu dengan menyertakan sumbernya dan jangan mengakui tulisan tersebut sebagai karya kita. Kalau sebuah tulisan isinya mengandung banyak manfaat, maka semakin banyak tulisan itu disebarluaskan -meskipun dengan cara copy paste– tentunya akan lebih banyak pula manfaat yang tersebarkan.

Segala sesuatu jika kita melihatnya dari sudut pandang positif pasti tetap akan ada sisi manfaat yang bisa kita ambil. Contohnya persoalan copy paste dalam dunia tulis-menulis di internet ini, tak selamanya jadi suatu hal yang buruk.

 

www.rumahjurnalku.blogspot.com

 

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top