lomba blog zakiah hijab

Cerdas dan Tangguh, Ciri Muslimah Masa Kini

Menjadi cantik tentu menjadi idaman setiap wanita. Berhias dan merawat diri kerap dilakukan agar kecantikan diri semakin terpancar. Tak pelak ini mengundang pertanyaan, mengapa hal-hal tersebut dilakukan? Pertama, karena fitrah wanita mencintai keindahan. Dan keindahan erat kaitannya dengan kecantikan dan sesuatu yang enak dipandang. Kedua, karena tampil cantik itu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Wajar kiranya bila perempuan selalu ingin tampilan mengesankan kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi, menjadi muslimah masa kini tak cukup hanya mengandalkan kecantikan fisik semata. Betapapun hebat kecantikan seseorang, kurang lengkap bila tidak disertai kecerdasan dan ketangguhan.

Cerdas Bagi Muslimah itu Keharusan

“Entah akan berkarir apa atau menjadi ibu rumah tangga, wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak cerdas” (Dian Sastro)
Lewat quote itu ia hendak mengungkapkan bahwa menjadi cerdas bagi perempuan itu suatu keharusan. Dalam hal ini ia benar. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya mencapai tujuan menghasilkan anak-anak cerdas bila kaum muslimah sendiri tidak cerdas. Kecerdasan yang dimaksud bukanlah sekedar kecerdasan akademik semata, tetapi terkait dengan tugasnya selaku wanita, istri dan ibu. Wanita yang cerdas mampu menjadi benteng bagi pengaruh negatif dari luar, terutama yang tak sesuai ajaran islam baik bagi dirinya sendiri atau keluarganya. Mampu menjaga diri dan kehormatanannya serta pandai membedakan mana yang haq dan yang batil. Wanita cerdas mampu memberikan pondasi pendidikan awal yang baik bagi anak-anaknya. Mengantarkan mereka sehingga mampu berperan dalam peradaban dunia. Tidak hanya itu, wanita yang cerdas juga mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Dimana saja, kapan saja, berapapun usianya, seorang muslimah harus terus belajar dan mengembangkan dirinya source : http://mahnamemeshkat.blog.ir/

Dimana saja, kapan saja, berapapun usianya, seorang muslimah harus terus belajar dan mengembangkan dirinya
source : http://mahnamemeshkat.blog.ir/

Lalu bagaimana meraihnya? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun diri menjadi wanita cerdas:

1. Tak berhenti belajar

Meski sudah meraih gelar sarjana, tak berarti proses mencari ilmu berhenti sampai disitu saja. Bukankah dalam sebuah peribahasa telah disebutkan “tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat”? Itu berarti menuntut ilmu itu tak ada matinya, tetap harus dicari berapapun usianya. Tak hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu lainnya. Harapannya dengan ilmu yang didapat, muslimah masa kini mampu menjadi sosok yang berdaya guna baik bagi keluarga maupun sesama.

2. Terus menambah wawasan

Dengan wawasan yang luas seorang wanita mampu menjadi cahaya bagi lingkungannya, siap menghadapi perubahan, sekaligus arif kala menghadapi berbagai permasalahan. Hal itu tak mungkin tercapai bila muslimah enggan pro-aktif mencarinya. Di era informasi dan teknologi seperti sekarang sudah banyak sumber daya yang bisa digunakan untuk mendapatkan materi penambah wawasan. Tetapi, perlu diingat untuk tetap memilah materi yang hendak dipelajari agar manfaat didapatkan.

3. Terus mengembangkan potensi diri

Setiap muslimah diberi potensi masing-masing dalam dirinya. Kenali potensi diri itu dan kembangkan. Tak ada seseorang yang langsung hebat di bidang tertentu kecuali telah melalui berbagai proses. Tekuni proses itu dan kelak itu bisa menjadi modal bagi muslimah untuk menjadi pribadi yang bermanfaat.

4. Mampu mengendalikan emosi

Seorang muslimah yang cerdas juga harus belajar mengelola emosi. Tanpa keahlian ini kaum muslimah akan mudah terprovokasi dan terdorong melakukan hal yang bodoh dan merugikan. Semisal tanpa pikir panjang ikut-ikutan berkomentar dan menilai buruk pada suatu perkara yang belum jelas kebenarannya. Disinilah kemampuan mengendalikan emosi diperlukan. Agar muslimah mampu berpikir sehat untuk memilah dan memilih mana salah atau benar.

Muslimah Masa Kini Haruslah Tangguh

muslimah tak boleh lupa menjaga kebugaran tubuhnya source : https://www.pinterest.com

muslimah tak boleh lupa menjaga kebugaran tubuhnya
source : https://www.pinterest.com

Tak cukup hanya cerdas seperti penjabaran diatas, muslimah juga dituntut untuk menjadi sosok tangguh. Baik jasmani, sosial, maupun ekonomi. Secara jasmani ketangguhan seorang muslimah ditampakkan lewat badan sehat dan bugar. Penting bagi muslimah memiliki daya tahan tubuh yang baik, dengan demikiah ia mampu menjalankan ajaran agama dan kewajiban kesehariannya secara optimal. Tiak mudah tumbang meskipun banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan.

Secara sosial, kaum muslimah masa kini mampu menjadi sosok yang pandai menempatkan diri di lingkungan dimana dia berada. Menjaga akhlaknya, pandai pandai pandai waktu, teratur dalam suatu urusan, serta bermanfaat bagi orang lain. Dalam hal ekonomi, ada baiknya wanita juga memiliki kemandirian. Dengan menggunakan ilmu yang dimilikinya ia bisa membantu meringankan beban suami (jika sudah menikah) atau keluarga (bagi yang masih single). Entah dengan bekerja di luar (selama suami atau walinya ridha dan tidak mengundang fitnah) atau didalam rumah dengan berbisnis online yang kini marak dilakukan atau membuka kursus bimbingan belajar.

Berdasarkan uraian diatas, kecerdasan dan ketangguhan memang tak bisa dipisahkan dari pribadi seorang muslimah. Keduanya berjalan bersama-sama dan menjadi ciri muslimah masa kini. Muslimah yang ditangannya kelak akan lahir generasi penerus yang handal.

 

 

Image source (featured image): livehdwallpaper.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top