Agama

Cegah Setan Kost di Rumah Kita

Kaum muslimin dan muslimat sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdzikir dan berdoa kapan saja dan di manapun berada. Berdoa dan berdzikir merupakan wujud penghambaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai upaya untuk mengingat Dzat yang telah memberi begitu nikmat kepada kita. Dzikir dapat dilakukan di waktu pagi, siang, petang, dan malam dengan cara berdiri, duduk, atau berbaring.

Selain itu dzikir dapat mengusir setan loch. Silakan simak hadits berikut ini.

Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Apabila seseorang masuk ke rumahnya lalu ia berzikir kepada Allah saat masuknya dan ketika hendak menyantap makanannya, berkatalah setan, “Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.” Bila ia masuk rumah dalam keadaan tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam.” Bila ia tidak berzikir kepada Allah ketika makannya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam sekaligus makan malam.” (HR. Muslim no. 5230)

Jika kita masuk rumah sebaiknya mengucapkan salam: Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tatacara masuk rumah seperti ini sebaiknya juga disampaikan kepada seluruh penghuni rumah seperti istri, suami, anak-anak, pembantu rumah tangga, dan penghuni lainnya. Sebagai muslim rasanya kurang elok jika masuk rumah tanpa memberikan salam.

Saat makan, sebelum menyantap hidangan sebaiknya juga didahului dengan doa: Allahumama baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannaar. Arti doa tersebut dalam bahasa Indonesia yaitu: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Sedangkan doa setelah makan adalah: Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam. Jika belum hafal doa tersebut maka cukup mengucapkan Basmalah sebelum menyantap makanan dan mengucap hamdalah sesudahnya.

Ada juga doa khusus setelah minum:   Alhamdu lillaahil ladzii ja’alahuu adzbam furaatam birahmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami. Tentu saja doa ini dibaca saat akan menikmati minuman yang halal.  Bukan dibaca saat akan minuman yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala misalnya khamer atau minuman keras yang memabukkan.

Dengan doa dan dzikir di atas maka Insya Allah setan tidak akan menginap dan ikut makan bersama kita. Bayangkan jika di rumah kita ada setan yang gentayangan, pasti akan menganggu hidup dan kehidupan kita. Belum lagi rasa ketakutan yang kita idap karena terus diganggu atau terganggu oleh setan tersebut.

Untuk mencegah setan kost di rumah kita tak perlu mengucap mantra atau jampi-jampi. Juga bukan jamannya lagi memasang aneka bungkusan, tabur bunga atau garam, meletakkan ranting penuh duri atau tulisan macam-macam di rumah. Juga tak perlu mengunjungi orang pintar atau dukun, atau paranormal untuk mengusir setan. Nanti kita malah terjerumus kepada perbuatan syirik atau menyekutukan Tuhan sehingga membuat kita berlumur dosa. Oleh karena itu doa dan dzikir sebaiknya dilakukan secara istiqomah.

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan tuntunan aneka doa dan dzikir yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dimulai doa setelah bangun tidur sampai berangkat tidur lagi, termasuk doa dalam menghadapi berbagai keadaan. Saat hujan lebat Rasulullah Shallallahu ‘aiaihi wa sallam juga berdoa agar hujan lebat tersebut tidak menimbulkan bencana tetapi sebaliknya bisa mendatangkan rahmat. Doa yang dipanjatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam saat hujan lebat adalah: “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.” Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan]. (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

Akan lebih bagus lagi jika selain doa dan dzikir para penghuni rumah juga rajin membaca al Qur’an dan melaksanakan sholat sunnah di rumah. Dengan ibadah tersebut maka rumah tidak seperti kuburan. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim no. 1860)

 Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa melindungi kita sekeluarga. Amiin.

Image source: pixabay.com

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah 😉
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu 😆 Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp 😅 Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top