Indo Blog Net

kesehatan

Cegah Corona dengan 8 Tanaman Pembersih Udara Berikut Ini

tanaman pembersih udara

Virus Corona pertama kali ditemukan pada Bulan Desember 2019 oleh dr. Li Wenliang di Wuhan, Cina. Saat itu, dokter tersebut menemukan adanya virus baru dalam tubuh pasiennya. Tak lama setelah menangani pasien tersebut, dr. Li Wenliang juga meninggal akibat terinfeksi virus yang sama. Virus inilah yang kemudian kita kenal dengan Virus Corona atau Covid-19. 

Dalam waktu beberapa bulan saja, virus ini sudah menyebabkan ribuan orang meninggal serta puluhan ribu orang terinfeksi. Virus Corona pun saat ini telah menyebar ke puluhan negara di dunia termasuk Indonesia. Virus Corona ditularkan melalui tetesan cairan tubuh dari penderita yang keluar melalui hidung atau mulut akibat bersin maupun batuk.

Namun, berdasarkan laporan terbaru yang disampaikan oleh Zeng Qun seorang pakar kesehatan yang merupakan wakil kepala Biro Urusan Sipil Shanghai, ternyata Corona juga dapat ditularkan melalui udara. Jadi seseorang bisa terkena virus Corona saat ia menghirup udara yang telah tercampur virus tersebut.

Salah satu cara mencegah Corona adalah dengan menjaga kebersihan udara agar terhindar dari berbagai kuman, bakteri serta virus penyebab penyakit. 

 

Cegah Corona dengan 8 Tanaman Pembersih Udara Berikut Ini

Di sekitar kita ada banyak tanaman yang bermanfaat untuk membersihkan udara. Udara yang bersih tentunya akan membuat tubuh kita lebih sehat. Tak hanya bermanfaat untuk membersihkan paru-paru, udara bersih juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar kita tak mudah terserang penyakit, termasuk Corona. Nah, lalu apa saja tanaman-tanaman pembersih udara tersebut? 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan sebutan Aloe Vera ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat menyerap zat-zat kimia berbahaya yang ada di udara. Anda tak perlu memberikan perawatan khusus untuk memelihara tanaman ini di rumah, sebab Lidah Buaya termasuk tanaman yang mudah tumbuh subur. Lidah Buaya juga bisa diletakkan di luar maupun di dalam rumah sebagai tanaman hias.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Lidah Buaya untuk kesehatan rambut, kulit, serta tubuh. Untuk kesehatan tubuh, Anda bisa menjadikan Lidah Buaya sebagai minuman. Sudah pernah coba?

2. Sirih Gading

tanaman hias

Credit: tribunnewswiki.com

Tanaman Sirih Gading merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki akar gantung dengan bentuk daun mirip jantung hati. Tanaman hias yang satu ini memang terbilang sangat cantik. Umumnya Sirih Gading memiliki daun berwarna hijau kuning, namun ada pula yang berwarna kuning polos.

Sirih Gading bermanfaat untuk menyerap racun di udara, seperti formaldehida, formalin, benzena, serta trichloromenthyl. Sama halnya dengan Lidah Buaya, tanaman ini juga mudah ditanam. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Tak heran ya, jika Sirih Gading banyak ditemukan di rumah-rumah. 

3. Pakis Boston

tanaman penyerap racun

Credit: artikel.rumah123.com

Tanaman Pakis Boston termasuk salah satu jenis tanaman hias yang populer. Tanaman hias yang berasal dari Amerika ini dapat membantu mengatasi polusi udara, khususnya untuk menghilangkan racun formaldehyde serta xylene. Anda bisa memelihara tanaman hias ini di rumah agar udara menjadi lebih segar.

Namun, Pakis Boston termasuk tanaman yang tidak terlalu tahan dengan suhu panas. Anda dapat meletakkannya di dalam ruangan atau di teras rumah yang sejuk. Sebaiknya hindari meletakkannya di halaman rumah yang sering terkena sinar matahari langsung. 

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Sukulen Paling Cantik Serta Tips Merawatnya

4. Spider Plant

pembersih udara

Credit: almanac.com

Spider Plant atau yang juga dikenal dengan nama Lili Paris ini tak hanya menarik dijadikan tanaman penghias ruangan karena bentuknya yang unik, tapi juga bermanfaat sebagai penyerap racun di udara. Spider Plant dapat menyerap debu serta zat polutan kimia formaldehida, xylene, benzena, formalin, serta karbon monoksida.

Tanaman hias ini biasanya digantungkan dalam pot. Spider plant bisa tumbuh dengan cepat, dan menghasilkan bunga berwarna putih. 

5. Sri Rejeki

penyerap racun

Sri Rejeki merupakan tanaman hias berdaun lebar dan bergelombang yang pada beberapa varietas terdapat warna perak di bagian tengah daunnya. Tanaman yang dikenal pula dengan nama Chinese Evergreen ini memiliki kemampuan untuk menyaring udara kotor dalam ruangan, diantaranya: formaldehida, formalin, benzena, karbon monoksida, dan trikloroetilen.

Belasan tahun lalu, tanaman Sri Rejeki ini sempat sangat populer hingga bisa dijual dengan harga yang cukup fantastis, mencapai 100 juta per potnya. Selain berfungsi sebagai pembersih udara, Sri Rejeki memang termasuk jenis tanaman hias yang cantik. Anda dapat meletakkannya di ruang tamu sebagai penghias ruangan. 

6. Palem Bambu

cara mencegah corona

Credit: jualpohonpalem.com

Palem Bambu merupakan jenis tanaman hias yang umumnya diletakkan di teras atau halaman rumah, karena tingginya bisa mencapai lebih dari 1 meter. Namun Anda bisa meletakkannya di dalam rumah pada ruangan yang cukup besar.

Tanaman ini berfungsi untuk membersihkan udara dengan menyerap sejumlah racun, diantaranya: benzena, formaldehida, xylene, karbon monoksida, serta chloroform. Jika Anda ingin meletakkannya di dalam rumah, pastikan bahwa ruangan tersebut terkena cukup cahaya dan jangan menyiramnya terlalu sering. 

7. Herbras

mencegah corona

Herbras bisa dibilang paling cantik diantara tanaman lainnya dalam daftar ini, karena Herbras merupakan tanaman yang berbunga dan memiliki banyak warna. Tanaman hias ini dipercaya dapat membantu menghilangkan zat trichlorethylene serta benzena di udara.

Disamping itu, Herbras juga memiliki kemampuan melepaskan lebih banyak oksigen sehingga baik untuk pernapasan Anda. Tanaman yang memiliki nama lain Gerber Daisy ini awalnya berasal dari Afrika Selatan. Anda dapat meletakkannya di pot untuk mempercantik ruangan sekaligus membuat udara lebih segar. 

8. Tanaman Payung  

tanaman hias pembersih udara

Credit: daftartanamanhias.web.id

Terakhir ada Tanaman Payung yang juga dikenal dengan nama Schefflera. Tanaman hias ini memiliki daun berbentuk oval kecil.

Tanaman Payung bermanfaat untuk membersihkan udara dari racun-racun, seperti toluena, benzena, maupun formalin. Tanaman yang satu ini umumnya memiliki umur yang sangat panjang, karena Anda tak memerlukan perawatan khusus untuk memeliharanya. 

Yuk, pilih tanaman mana yang paling Anda sukai lalu letakkan di rumahmu. Tak hanya membuat Anda jadi lebih sehat karena bersihnya udara rumah, tanaman-tanaman di atas juga akan membuat ruangan jadi lebih cantik, bukan? 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top