lomba blog

Cari Info Jurusan Teknik Lingkungan? Buku Karya Widyanti Yuliandari Ini Pantas Jadi Acuan!

Judul buku : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan
Penulis : Widyanti Yuliandari
Tahun terbit : Cetakan pertama, 2016
ISBN : 978-602-03-2608-5
Ketebalan : 106 halaman
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Harga buku : Rp 40.000
Genre : Non Fiksi

Tak dipungkiri bahwa di masa kini masalah lingkungan semakin kompleks. Pembangunan fisik yang dilakukan terus-menerus ternyata menghasilkan dampak berupa menurunannya daya dukung alam terhadap kelangsungan hidup manusia. Pencemaran dan kerusakan lingkungan adalah resiko yang tidak bisa dihindari sebagai akibat dari proses pembangunan tersebut. Untuk menjawab persoalan tersebut lahirlah jurusan yang khusus mempelajari bagaimana cara merekayasa agar pembangunan fisik tetap sejalan dengan lingkungan lewat pendekatan teknologi yaitu Jurusan Teknik Lingkungan. Sayangnya masih banyak orang yang belum paham benar mengenai jurusan satu ini. Berangkat dari permasalahan tersebut Widyanti Yuliandari kemudian menuliskannya menjadi sebuah buku yang menarik dan informatif.
Tak ada istilah yang terlampau teknik disini. Siapapun, terutama calon mahasiswa yang tengah mencari info jurusan, takkan kesulitan membacanya. Diawali dengan lagu kebangsaan yang berlirik jenaka—Jreng Jring, pembaca seakan diajak merasakan semangat dan euforia di tahun-tahun ketika sang penulis belajar di jurusan tersebut sebelum akhirnya beranjak ke topik berikutnya yaitu apa dan bagaimana Jurusan Teknik Lingkungan.
Di bab kedua secara gamblang penulis kelahiran Bondowoso ini mengungkapkan dua hal yang akan dipelajari mahasiswa ketika memasuki Jurusan Teknik Lingkungan :
1. Mata kuliah apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Lingkungan
2. Kegiatan praktikum selama perkuliahan
Ramuan mata kuliah dan praktikum dalam kurikulum Jurusan Teknik Lingkungan diharapkan bisa memberikan keahlian dasar bagi mahasiswa baik perencanaan, pembangunan, atau pengawasan terkait bidang air minum, limbah, sampah, drainase pemukiman, bahkan pencemaran udara yang berujung pada kompetensi lulusannya.
Akan tetapi tidak hanya itu saja yang dibutuhkan agar lulusan Teknik Lingkungan unggul di masa depan. Diperlukan keahlian penunjang seperti bahasa Inggris, kemampuan menggunakan teknologi informasi, komunikasi, bekerja sama dalam tim, leadership, dan technopreneur agar mampu bersaing dengan tenaga asing yang berdatangan menyerbu Indonesia sejak berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Terakhir, yang tidak kalah penting adalah keterampilan dalam beretika. Seperti yang diungkap penulis di halaman 33 “Dalam dunia kerja orang-orang yang pandai menempatkan diri, tahu etika, serta sopan santun akan lebih disukai dan mudah memperoleh kesuksesan dalam pekerjaan.”
Pada bab keempat, pembaca disuguhi informasi mengenai Jurusan Teknik Lingkungan di 15 Universitas di Indonesia. Tidak sekedar tahun berdiri, tetapi juga website, alamat dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Tak lupa penulis juga mencantumkan akreditasi BAN-PT dari 40 Jurusan Teknik Lingkungan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Menurut KBBI akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan dan kriteria tertentu. Berdasarkan UU nomer 22 tahun 1961, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya untuk menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi atau program studi kepada masyarakat sekaligus memperbaikinya berdasarkan kekurangan-kekurangan yang ada. Dengan adanya akreditasi ini diharapkan institusi atau prodi yang bisa menjaga kestabilan mutunya sekaligus bisa menelurkan lulusan yang kualitasnya tak diragukan lagi. Penting bagi calon mahasiswa membekali diri dengan pengetahuan semacam ini. Terlebih dengan semakin banyaknya instansi yang mensyaratkan penerimaan pegawai minimal dengan akreditasi B, baik swasta maupun pemerintah.
Di bab empat, wanita yang berkarier sebagai PNS Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bondowoso ini juga memberikan wawasan mengenai pilihan karier lulusan Jurusan Teknik Lingkungan. Disajikan secara ringkas, pembaca diajak menelusuri bidang-bidang karier yang kelak akan dituju baik itu di instansi pemerintahan, BUMN/BUMD, Pendidikan, NGO, Entrepeneur, maupun sektor swasta.
Di bagian akhir buku disajikan kisah-kisah sukses alumni Jurusan Teknik Lingkungan baik berskala nasional maupun internasional. Selain memberi gambaran kiprah nyata lulusannya, penulis rupanya juga bertujuan memotivasi calon mahasiswa atau bahkan mahasiswa jurusan tersebut untuk bangga akan pilihannya.
Secara keseluruhan, buku ini tidak membosankan. Beberapa kekurangan seperti yang tertera di halaman 8 (seyogianya seharusnya ditulis seyogyanya) atau penempatan “nya” yang kurang tepat dalam kalimat “Materi kuliahnya…” di halaman 20 tidak mengurangi bobot buku ini. Gaya tulis yang ringan, mudah dicerna dan dipahami, menjadi nilai tambah tersendiri selain penyanyian yang informatif seperti yang sudah saya singgung diawal.
Jadi tunggu apalagi? Jika ingin mencari informasi soal Jurusan Teknik Lingkungan, buku berjudul “Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan” ini pantas jadi acuan.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top