Gaya Hidup

Cara Simple Hadapi Stress

Apa kamu pernah ngalamin yang namanya stress? Pasti pernah dong ya, cuma aja tiap orang berbeda kadar stressnya dan juga kuantitas ia mengalami stress tersebut. Ada orang yang gampang stress, ada juga orang yang kuat secara mental, sehingga ia gak mudah terkena stress.

Sebenarnya sih, stress tidak tergantung dari besar atau kecilnya masalah yang kita hadapi lho, tapi tergantung dari kekuatan diri kita secara mental. Kalau kita punya mental yang kuat, masalah sebesar apapun gak akan menyebabkan kita stress berlebihan, yang kemudian bisa menyebabkan depresi. Sebaliknya, kalau mental kita lemah, masalah kecil sekalipun bisa aja membuat kita jadi stress. Nah, lho!

Stress itu sebenarnya berawal dari pikiran kita. Pikiran kita sendirilah yang menyebabkan kita stress. Saat ada sebuah kejadian yang tidak bisa diterima dengan nyaman oleh pikiran kita, di sinilah kemudian muncul yang namanya stress. Saat kita berpikiran negatif, berpikiran buruk, membayangkan ketakutan-ketakutan, saat itulah kita jadi stress. Lain halnya saat pikiran kita positif dan membayangkan hal-hal baik, masalah yang datang gak akan sampai membuat kita stress, kok.

Stress adalah sesuatu yang bisa kita rasakan namun tidak berwujud, sehingga bisa jadi kita nggak sadar kalau kita mengalami stress. Orang yang sedang stress pun bisa aja terlihat normal oleh orang lain, karena stress itu ada di dalam diri seseorang, yang gak bisa dilihat secara kasat mata, kecuali oleh orang-orang yang memang ahlinya, seperti psikolog atau psikiater. Inipun terkadang gak bisa dilihat tanpa adanya observasi (pengamatan).

Tapi tenang dulu.. Stress bisa dihindari dengan berusaha menjauhi faktor-faktor pemicu terjadinya (penyebab) stress tersebut. Tapi kalau faktor-faktor penyebab stress tersebut gak bisa kita hindari, maka kita harus mengatasi atau mengendalikan stress yang kita alami.

 

Kiat jitu yang bisa membantu kita mengatasi stress adalah dengan selalu berusaha berpikir positif. Sebab stress berasal dari pikiran-pikiran yang negatif.

 

Kita bisa mencoba mengalihkan pikiran kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang kita sukai, agar pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan stress bisa teralihkan. Kalau kita suka membaca buku, maka ini bisa menjadi cara mengatasi stress yang bagus. Karena saat membaca, pikiran kita jadi fokus pada hal-hal yang ada dalam buku. Pilihlah buku yang inspiratif, sehingga pikiran negatif kita berubah menjadi positif.

Selain itu, aktivitas fisik yang mengharuskan kita banyak bergerak juga bisa membantu mengatasi stress. Apakah itu olahraga, jalan-jalan, melakukan permainan (yang membuat kita banyak bergerak) bersama anak-anak di rumah juga bisa menghilangkan stress. Karena saat kita banyak bergerak, fokus pikiran kita jadi teralihkan. Intinya, saat stress alihkanlah pikiran kita pada hal-hal lain yang bermanfaat, sehingga pikiran negatif kita akan hilang, dan berganti menjadi positif. Ayo, dicoba 🙂

Sumber: rumahjurnalku.blogspot.com
Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top