Indo Blog Net

blog

Begini Cara Optimasi Onpage yang Baik Bagi Blogger Pemula (bagian 2)

Pada bagian pertama yang lalu penulis memberikan beberapa cara mudah optimasi onpage, kekuatan sebuah blog pada dasarnya berasal dari dalam, ada tahapan yang cukup panjang sebenarnya jika kita mau secara penuh mengoptimalkan kekuatan blog tersebut.

Seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, blog ibarat sebuah bangunan rumah di mana jika salah satunya belum maksimal maka akan memperngaruhi bagian yang lainnya. Ini yang harus disadari betul oleh seorang blogger, karena blog bukan hanya sekedar faktor konten saja tetapi lebih dari itu.

Baca juga: Begini Cara Optimasi Onpage yang Baik Bagi Blogger Pemula (bagian 1)

Optimasi SEO Onpage untuk Pemula (bagian 2)

Untuk itu dibagian kedua ini penulis akan melanjutkan cara optimasi sederhana yang mungkin saja terlewatkan oleh teman-teman blogger saat melakukan optimasi pada onpage blognya. Tutorial sederhana ini bukan cara yang ampuh dalam meningkatkan kualitas blog dari dalam, tetapi cara sederhana di mana ada banyak teknik lain yang bisa teman-teman dapatkan lewat media sosial yang ada atau menelusuri pencarian google.

Tapi apa yang penulis sampaikan setidaknya akan menunjukkan kemajuan pada blog yang kita kelola untuk waktu mendatang, baik kita lanjutkan tutorial sederhana untuk pemula ini pada tahap berikutnya:

Setting SEO Onpage pada Pengaturan Blogspot

Pada tahap ini khususnya pengguna blogspot, kita akan membuka pengaturan tag header dan robot txt, sedangkan bagi pengguna wordpress, penulis akan mengambil contoh pada plugin All in One SEO Pack.

Bagi yang menggunakan plugin lainnya silahkan disesuaikan dengan editing plugin tersebut, namun pada dasarnya sama saja hanya beda pada posisi menunya.

Untuk pengguna blogspot silahkan membuka menu pengaturan atau setting kemudian klik preferensi penelusuran, perhatikan gambar dibawah yang di beri tanda kotak merah:

pengaturan-seo-onpage-blogspot

Pada keterangan gambar diatas, ada menu Google Search Console, ini kita abaikan karena sudah barang tentu teman-teman sudah melakukan verifikasi di GSC. Pada kesempatan lainnya akan penulis jelaskan lewat pembahasan berikutnya.

Baca juga: Cara Menambahkan Blog Kita ke Google Search Console

Pada menu kedua ada Robot.txt, robot.txt secara umum berbeda dengan SEO, tetapi keduanya saling berhubungan erat. Robot.txt merupakan kumpulan kode yang berfungsi melakukan pengaturan pada bot mesin pencari.

Di sini robot. txt akan mengatur apa-apa saja yang mesti di indek atau di crawl oleh bot mesin dan apa-apa saja yang jangan di crawl atau di indek, smeuanya tergantung dari pengaturan yang kita masukkan dan secara umum robot.txt untuk blogspot adalah sebagai berikut:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.namabloganda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

atau boleh juga seperti ini :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.namabloganda.com/sitemap.xml

Namun ada juga yang menggunakan robot.txt dengan banyak versinya tetapi saran penulis ada baiknya menggunakan robot.txt yang berlaku.

Pada blogspot, untuk memasangnya silahkan ganti namabloganda pada kode diatas dengan nama blog teman-teman, kemudian klik edit pada menu robot.txt khusus, nanti akan muncul notif apakah kita akan mengedit atau tidak. Pilih ya, kemudian paste kode tersebut dalam menu robot.txt, kemudian klik simpan.

Pada menu berikutnya ada tag tajuk robot khusus, ini hampir sama fungsinya dengan robot.txt, di sini diperlukan kehati-hatian dalam mensetting tag robot pada headernya, jika teman-teman merasa tidak membutuhkan setingan ini silahkan abaikan saja, tetapi jika dirasa perlu, penulis akan memberikan petunjuknya secara umum, silahkan klik edit pada menu tersebut klik ya dan perhatikan gambar dibawah ini:

setting-tag-robot.txt-blogspot

Ikuti petunjuk pada gambar diatas, seperti biasa, setingan tag header ini banyak sekali versinya, tetapi yang secara umum penulis sarankan adalah menggunakan seting seperti di atas. Ini agar kita terhindar kesalahan di kemudian harinya, karena secara umum google juga lebih menekankan pendekatan yang sederhana pada tag indek di atas.

Sedagnkan untuk penjelasan lebih jauh tentang fungsi dan kegunaan masing-masing settingan di atas, bisa kita cari referensinya tersendiri atau akan penulis bahas pada lain kesempatan.

Setting SEO Onpage pada Pengaturan WordPress

Untuk platform wordpress seperti yang penulis katakan di awal, disesuaikan dengan penggunaan plugin SEO yang diaktifkan. Untuk pembahasan sederhana di sini penulis akan memberikan contoh setingan dasar pada plugin All in One SEO Pack.

Silahkan teman-teman login terlebih dahulu pada wordpress masing-masing, bagi yang belum menginstal plugin all in one SEO, silahkan buka menu plugin, klik add plugin, ketik di kota pencari All in One SEO Pack, kemudian pilih klik , instal dan aktifkan.

Kemudian ikuti petunjuk gambar dibawah ini:

general-setting-aio

title-setting-aio

content-type-setting-aio

google-analytiics-aio

indexing-setting-aio

Ikuti setingan umum diatas, walaupun hanya terkait hal umum tetapi efeknya sangat bagus sekali di index google, bisa saja kita melakukan seting yang lebih lanjut lagi, tetapi penulis rasa hal itu tidak begitu penting. Mengingat target market blog kita bukan untuk sebuah target yang besar, dan lagi dibutuhkan plugin premium bukan gratisan.

Untuk tahap selanjutnya silahkan menuju fiur menu all in one yaitu feature manager, silahkan aktifkan saja dua fitur yang penulis sarankan yaitu xml sitemap dan peformance, perhatikan gambar dibawah:

feature-manager-aio

Kedua fitur ini kita biarkan saja secara default, artinya tidak perlu lagi kita setting apapun karena secara otomatis plugin telah bekerja dengan memindai semua element yang ada dalam blog kita.

Kemudian bagaimana dnegan robot.txt? Untuk masalah ini sebenarnya di plugin all in one sudah ada, tetapi penulis tidak menyertakannya dikarenakan karena sebenarnya secara otomatis wordpress sudah menginteragiskannya secara default.

Tetapi bagi yang ingin mengaktifkan lewat all in one juga bisa, cukup klik activate pada menu robot.txt sesuai gambar di atas, secara otomatis plugin ini akan mengaktifkannya.

Nah sampai disini kita telah melakukan optimasi onpage secara mudah dan sederhana. Setalah kita pelajari dari kedua bagian ini, nanti kita akan membahas secara sederhana optimasi onpage selanjutnya, yaitu cara menulis artikel secara sederhana dan SEO friendly pada lanjutan pembahasan Cara Optimasi Onpage yang Baik Bagi Blogger Pemula bagian 3 mendatang, salam blogger.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top