Indo Blog Net

blog

Begini Cara Optimasi Onpage yang Baik Bagi Blogger Pemula (bagian 1)

seo onpage

Setiap blogger pastinya menginginkan sebuah blog yang memiliki struktur dinamis baik dari segi tampilan, konten maupun SEO, namun tidak sedikit pula blogger yang kurang memahami optimasi yang baik pada blog yang mereka miliki, akibatnya blog dan konten yang mereka miliki cukup sulit bersaing di mesin pencari khususnya google.

Secara umum ada dua metode dalam optimasi SEO, yaitu onpage dan offpage. Kebanyakan teman-teman blogger terlalu memandang offpage dan mengganggap sepele optimasi onpage, padahal dari onpage lah kunci utama sebuah blog sebelum melangkah pada tahap optimasi SEO offpage.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas

Logikanya sebuah adalah rumah, maka tentu saja sebagai pemiliknya kita menginginkan rumah yang kita miliki mempunyai nuansa yang unik, rapi dan menarik sehingga dengan segala upaya apapun kita lakukan untuk mewujudkan agar sesuai dengan yang kita harapkan.

Setalah semuanya tercapai barulah kita mengundang sanak keluarga, teman, rekan kerja maupun masyarkat untuk datang berkunjung di rumah kita, namun jika rumah yang kita rencanakan belum mencapai target yang kita kehendaki dan kita terburu-buru mengundang mereka datang, silahkan tebak sendiri hasilnya

Begitu juga dengan sebuah blog, dalam mengoptimalkan blog dari sisi onpage bukan sekedar tampilan saja yang kita optimalkan, tapi ada bagian-bagian lain yang penting dan wajib kita lakukan agar kedepannya ketika kita melakukan optimasi offpage, kita bisa dengan mudah melakukan tahapan link building untuk meningkatkan kualitas blog dimata mesin pencari.

Cara Optimasi SEO Onpage yang Baik untuk Pemula

Lalu bagaimana cara optimasi onpage yang baik untuk teman-teman blogger pemula? Berikut penulis memberikan beberapa langkah optimasi onpage yang harus dilakukan oleh seorang blogger sebelum melangkah pada tahap optimasi offpage.

seo-onpage-untuk-pemula

Menentukan Judul atau Title Blog

Jika kita baru saja ingin membuat sebuah blog, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan judul atau title blog, judul atau title blog yang baik tentunya disesuaikan dengan tujuan dari blogger itu sendiri.

Tetapi setidaknya ada 2 tipe judul blog yang nantinya akan pula berpengaruh pada domain yang akan kita pakai, yaitu apakah blog yang kita buat bersifat personal branding atau apakah blog yang mengutamakan kata kunci?

Sebagai contoh, jika kita akan membuat blog dengan personal branding maka kita akan membuat judul blog dengan nama pribadi atau nama brand yang kita miliki, misalnya blog penulis bertitel Pemain SEO, di sini penulis menggunakan branding Pemain SEO sebagai pilihan, maka ketikan akan memilih sebuah domain, penulis juga menggunakan kalimat yang sama, yaitu pemainseo dot com.

Proses ini biasa kita kenal dengan istilah Brand on domain

Jika kita membuat blog dengan tujuan bisnis untuk membidik kata kunci tertentu, maka buatlah sebuah kata kunci menjadi sebuah nama blog yang sesuai dengan target kita.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Blogger Zaman Now Perlu Banget Belajar SEO

Misalnya kita membuat blog dengan tujuan mempromosikan sebuah produk busana muslim yang sudah ada websitenya tersendiri, maka untuk membidik pasar busana muslim ini buatlah blog dengan judul yang mengandung kata kunci yang kita incar, misalnya Busana Musim Murah.

Kemudian untuk menentukan domainnya gunakn juga kata kunci tersebut sebagai domain menjadi busanamuslimmurah(dot)com dan proses ini biasa kita kenal dengan istilah Keyword On Domain

Lalu pertanyaannya adalah berapa jumalah karakter yang ideal untuk judul atau title blog ini? Dalam sebuah laman supportnya google merefensikan 57 karakter untuk judul utama sebuah blog, sedangkan untuk judul halaman pada artikel adalah 60 karakter.

Jumlah karakter ya, bukan jumlah kata. Walaupun sebenarnya ini tidak berlaku secara umum, tetapi memang ada baiknya kita mengikuti referensi yang di anjurkan oleh google tersebut.

Deskripsi Blog Harus Memiliki Kata Kunci dan Menyesuaikan dengan Judul Blog

Deskripsi blog di sini adalah penjelasan singkat atau maksud dan tujuan kita ngeblog, baik platform blogspot maupun wordpress, keduanya memiliki menu deskirpsi yang harus kita isi. Tujuannya adalah menjelaskan secara ringkas tentang blog yang kita buat, maksimal 160 karakter sesuai acuan mesin pencari google.

Baca juga: 3 Hal Penting dalam Membuat Meta Description yang Menarik di Blog

Bagi pengguna blogspot bisa mengisinya hingga 100 karakter tetapi yang penulis sarankan sebaiknya hanya hingga 160 karakter, singkat padat dan berisi kata kunci pada kalimatnya. Bagi pengguna wordpres bisa mengisinya melalui plugin SEO yang digunakan, sedangkan untuk blogspot bisa melalui seting pengaturan pada dasboard blog.

 

pengaturan-meta-deskripsi-bog-wordpress

Contoh pada wordpress

 

pengaturan-meta-deskripsi-blog-blogspot

Contoh pada blogspot

Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran pada Blogspot

Pada platform blogspot sendiri memiliki 2 jenis deskripsi, yaitu deskripsi pada homepage seperti yang penulis sampaikan diatas dan kedua adalah deskripsi penelusuran, keduanya harus diaktifkan agar karena ini bagian penting dari seo onpage, tujuan dari deskripsi penelusuran adalah untuk menampilkan deskripsi artikel kita pada mesin pencari google, bagi pengguna worpdress, deskripsi otomatis aktif saat kita menggunakan plugin seo, hanya tinggal mengisinya saja, bagi pengguna blogspotuntuk mengaktifkan deskripsi penelusuran ini silahkan perhatikan gambar dibawah dan ikuti petunjuknya

Desain Theme dan Template yang Resposive

Sebagai blogger tentunya kita ingin pengunjung datang tidak saja dari satu device, atau satu perangkat saja, apalagi google sangat merekomendasikan pengguna blog agar desain theme atau template yang di pakainya responsive, makssudnya desain blog yang kita pakai bisa menyesuaikan dengan perangkat yang dipakai visitor baik melalui PC, laptop maupun samrtphone.

Untuk membedakan mana yang responsive atau tidak mudah saja, ketika kita mengakses sebuah laman blog menggunakan handphone secara otomatis perangkat akan menyesuaikan tampilannya, jika desain tidak responsive maka tampilannya akan mengecil dengan tampilan desktop, tetapi jika tampilan responsive, blog akan tampil dengan menyesuaikan perangkat yang kita gunakan.

Maka sudah kewajiban seorang blogger untuk memperhatikan tampilan blognya, karena salah satu kunci optimasi onpage adalah kenyamanan pengguna saat melakukan kunjungan pada blog kita, dan menyesuaikan dengan algoritma google dalam merayapi setiap konten yang kita buat di blog.

Faktor desain sangat penting, jangan melihat dari sisi grafisnya saja tetapi lihatlah dari segi teknisnya karena pastinya kita memginginkan blog yang kita kelola tersebut tidak saja dibaca oleh human (manusia) tetapi juga oleh mesin pencari.

Menggunakan Permalink yang SEO Friendly dan Mengandung Kata kunci

Permalink yang dimasud disini adalah link artikel, sebagian besar pelaku SEO maupun internet markeker yang berkecimpung di dunia SEO mereka memilih permalink yang simple dan mengandung kata kunci.

Jenis permalink ini secara default semuanya sama terdiri dari nama domain/tanggal posting/judul konten, tetapi pada wordpress kita bisa memilih tipe permailink yang kita kehendaki, penulis lebih meneyarkankan pengguna wordpres menggunakan permalink dengan tipe /%postname%/ untuk mensettingnya bisa melalui dasboard wordpress seperti gambar dibawah ini :

setting-permalink-wordpress

Bagi pengguna blogspot setting permalink sudah default artinya tidak bisa di ubah formatnya tetapi kita bisa mengubah permalink pada judulnya.

Nah pada bagian ini baik wordpress maupun blogspot penulis lebih menyarankan menggunakan permalink yang berisi kata kunci pada judul artikel, misalnya kita membuat judul konten “Cara Mengatasi Jerawat dengan Cream Anti Septic” yang kita bidik adalah “Cara Mengatasi Jerawat” maka permalinknya bisa kita ubah.

Untuk wordpress klik edit pada permalink di area posting dibawah judul menjadi cara-mengatasi-jerawat kemudian klik oke.

permalink-wordpress

Contoh pada wordpress

Pada blogspot bisa diedit melalui menu posting pada bagian kanan dengan mengklik custom permalink isi dengan cara-mengatas-jerawat.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

setting-permalink-blogspot

Contoh pada blogspot

Nah bagimana? mudah bukan? untuk optimasi onpage ini penulis membaginya dalam beberapa tulisan, agar tidak terlalu membuat binggung teman-teman blogger. Sebaiknya lakukan secara bertahap saja jangan terlalu dipaksakan, sampai jumpa pada pembahasan Cara Optimasi Onpage yang Baik Bagi Blogger Pemula bgaian 2.

Happy blogging!

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top