Indo Blog Net

blog

Cara Ngulik Google Trends sebagai Penambang Ide yang Nggak Habis-Habis

Google Trends

Google Trends bisa diandalkan banget kalau kita pengin mencari ide dari hal-hal yang lagi banyak diomongin orang. Ayo kita coba.

Bagikan Jika Bermanfaat

Sudah pernah menggunakan Google Trends, teman-teman? Belum? Or at least, pernah dengar? Belum juga? Nah, yuk, kita kenalan. Ciyeh. Kayak mau kenalan sama gebetan. Ehehehe.

Well, Google Trends ini andalan saya banget kalau saya lagi pengin nyari hal-hal yang lagi banyak diomongin orang. Bukan karena FOMO–Fears of Missing Out alias sekadar takut ketinggalan trend–tapi karena butuh bahan untuk diulik hingga jadi tulisan.

Well, ya, FOMO juga sih, tapi bukan buat sekadar ikut-ikutan. *lah, gimana sih, Mak? Ga jelas banget*

Di Google Trends, kita tahu apa yang sedang banyak dibicarakan orang, apa yang sedang dicari orang, sehingga kita bisa menyesuaikan tulisan kita dengan kebutuhan mereka. Karena prinsip SEO yang utama adalah menyeimbangkan antara supply dan demand; penyediaan bahan (baca: informasi) dengan kebutuhan orang akan informasi tersebut.

Nah, jadinya kita perlu tahu dong, kebutuhan informasi apa sih yang diperlukan oleh rangorang saat mereka gugling? Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah melalui Google Trends ini.

So, mari kita buka Google Trends-nya, buat kenalan ya. Kalau sudah kebuka, teman-teman akan lihat yang seperti ini di halaman Home-nya.

Google Trends interface

Terus apa saja sih yang ada di Google Trends?

1. Year in Search

Google Trends years in search

Year in search ini semacam rekapan apa saja yang menjadi trending topic dalam kurun waktu satu tahun kemarin.

Dengan melihat data yang ada dalam Year in search ini kita tahu pergerakan keywords selama setahun, sehingga memungkinkan kita untuk juga melakukan prediksi topik apa saja yang akan banyak dibicarakan orang setahun ke depan.

Sekarang kan tahun 2019 nih. Kita bisa melihat data trending topic untuk tahun 2018. Bisa dilihat yah, yang banyak dibahas itu adalah film Dilan. Asian Games, ada juga bom Surabaya, dan selebriti yang paling banyak dikepoin itu Nissa Sabyan.

Nggak hanya bisa melihat trending topic di tahun 2018. Kita juga bisa lihat trending topic tahun 2014 – 2017.

Google Trends years in search

2. Trending Searches

Google Trends trending searches

Nah, kalau mau cari trending topic yang sekitar hari ini, bisa ke Trending Searches.

Di Trending Searches ini seharusnya ada Daily Search Trends dan Realtime. Tapi enggak tahu kenapa, yang Realtime ini tak tersedia di wilayah Indonesia. Saya belum sempat kepoin. Kalau ada yang tahu kenapanya, boleh sharing di kolom komen ya ๐Ÿ™‚

Sementara sih, saya kira kita pakai Daily Search Trends saja sudah cukup banyak hal yang bisa dijadikan ide. Saat saya mengaksesnya (Rabu pagi tanggal 16 Januari 2019), sudah ada 2 trending topics ini yang muncul.

Google Trends Daily Search Trends

Hmmm. Barangkali ada yang mau berbagi tip-tip lolos tes CPNS? Atau mau kasih tip-tip pertama kali masuk kantor sebagai PNS? Atau, mau bahas 10 Year Challenge yang lagi rame di Instagram?

Karena artikel yang akan ditulis berdasarkan trending topic–istilahnya kita riding the wave–maka ini mesti cepet ditulis dan segera ditayangkan, supaya pas momennya. Terutama kalau mau bahas yang 10 Years Challenge itu ya. Kalau yang CPNS mungkin masih akan dicari lagi, di musim penerimaan CPNS berikutnya.

Yah, inilah memang “kelemahan” menulis berdasarkan trending topics. Lifespan–atau usia–artikelnya nggak terlalu panjang. Tapi kalau memang berpotensi viral, ya lumayan juga sih untuk ngeboost traffic ke blog seenggaknya satu minggu ๐Ÿ˜€

3. Explore

Google Trends explore

Bagian berikutnya yang bisa kita eksplorasi untuk mencari ide menulis di Google Trends adalah bagian Explore.

Nah, di sini kita bisa melihat topik-topik tertentu yang kita pilih, dan lihat apakah cukup ramai dicari di Google nih. Misalnya, saya pakai topik “kehamilan” ya.

Google Trends explore1

Skrol lagi ke bawah akan ketemu dengan ini.

Google Trends explore

Nah, silakan dieksplorasi sendiri ya. Misalnya, areanya coba diganti-ganti. Atau, mencari lebih banyak lagi di bagian Related Queries atau Related Topics. Namanya sesi brainstorming, kita bisa bereksplorasi ke mana saja. Jadi, bebaskan saja pikirannya.

Catat ide-ide yang mungkin akan banyak muncul, simpan di bank ide ๐Ÿ˜‰

4. Subsciption

Google Trends subscription

Nah, kalau teman-teman memang mencari dan akan terus mencari topik-topik tertentu yang ramai dicari, teman-teman bisa minta Google untuk mengirimkan notifikasi jika topik yang dicari itu ngehits.

Jadi, semacam Google Alerts-lah ya. Ahhh, kapan-kapan kita juga bisa bahas Google Alerts ini deh ya. ๐Ÿ™‚ Siapa tahu bisaย  menambah bank ide juga.

Nah, itu dia perkenalan singkat dengan Google Trends ๐Ÿ™‚

Asyik banget lo, kalau menyempatkan waktu untuk sekadar duduk dan brainstorming ide gini. Saya sendiri betah banget ngumpulin ide-ide begini, lalu disimpan ๐Ÿ˜€ hehehe. Jadi, pas saya diminta untuk menulis konten topik apa pun, saya nggak kebingungan lagi. Tinggal buka “primbon” lalu menelusur ide topik apa yang sudah ada.

Kalaupun memang belum ada, saya bisa segera meluncur ke sini–salah satunya–untuk menambang ide. Nggak usah pakai semedi pakai kembang tujuh rupa berhari-hari untuk dapatkan ide ๐Ÿ˜†

So, ada yang mau ditambahkan? Atau mau diskusi? Boleh, yuks ke kolom komentar ya!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sebuah karya yang luar biasa kreatif dibuat karena cintanya yang kuat pada Indonesia.

Semoga karya Kak @ekagustiwana ini benar-benar bisa membawa energi kedamaian bagi bangsa ini.

Baik Pak Jokowi - Amin dan Pak Prabowo - Sandi adalah orang-orang yang hebat, berani maju untuk membangun Indonesia.

Jangan biarkan mereka beradu dan rakyat Indonesia berpecah belah karena adu domba mereka yang tak ingin melihat Indonesia maju.

Mari selamatkan generasi yang akan datang dari mentalitas pecundang yang suka dan senang membuat perpecahan.

Percayalah tak ada keberkahan dan kemajuan, jika bangsa ini dibangun dari kebencian dan dendam.

Salam damai untuk Indonesia terus berjaya โค

#Indonesiadamai #Indonesiajaya #Indonesiabersatu #pemiludamai

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top