Indo Blog Net

Menulis Yuk

5 Cara Merawat Tableware Enamel agar Tetap Awet dan Kinclong

tips memilih peralatan makan enamel

Adanya pandemi virus Corona beberapa bulan terakhir ini memang tak dipungkiri membawa banyak hikmah tersendiri. Bagi ibu yang bekerja kantoran misalnya, otomatis kebijakan kerja #dirumahaja membuat Anda jadi lebih punya waktu untuk masak-masak di rumah bukan?

Tentu menyenangkan bisa membuat masakan favorit kemudian makan bersama keluarga di rumah setiap harinya. 

Acara makan bersama keluarga di rumah bisa dibuat jadi lebih spesial, lho. Mau tau caranya? Gunakan peralatan makan (tableware) yang super cantik seperti peralatan makan enamel. Tak hanya dibekali dengan tampilan yang menarik, tableware enamel juga memiliki daya tahan yang kuat, aman untuk kesehatan, serta mudah dibersihkan.

Baca juga: 5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan, Jangan Salah Pilih Ya!

Tableware enamel bahan dasarnya ada yang terbuat dari baja, keramik, maupun porselen. Enamel itu sendiri sebenarnya merupakan cat pelapis yang membuatnya menjadi tampak mengkilap alias kinclong. Harga tableware enamel umumnya lebih mahal dari beberapa jenis peralatan makan lainnya.

Namun, tableware enamel memiliki banyak kelebihan yang sepadan dengan harga yang Anda bayarkan. 

Sebelum membeli tableware enamel, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips penting dalam memilih peralatan makan enamel yang akan kami bahas di bawah ini.

Tips Memilih Peralatan Makan Enamel 

Agar Anda tidak salah membeli, tentunya Anda perlu mengetahui apa saja tips dalam memilih peralatan makan enamel. Di pasaran terdapat berbagai macam peralatan makan enamel dan beberapa tips berikut akan membantu Anda menentukan pilihan yang tepat.

  • Pilih material yang kuat 

Tips pertama dalam memilih peralatan makan enamel adalah perhatikan material dasarnya. Peralatan makan enamel bahan dasarnya terbuat dari berbagai macam material. Ada yang menggunakan baja, keramik, maupun porselen.

Tapi ada juga yang terbuat dari seng. 

Untuk daya tahan yang kuat tentunya pilihlah peralatan makan enamel yang terbuat dari material yang kuat seperti baja, keramik ataupun porselen. Namun jika ingin menggunakan peralatan makan enamel ini sebagai pajangan yang unik, Anda bisa gunakan material seng yang mempunyai kesan lebih jadul (jaman dahulu). 

  • Cek kondisi barang 

Tips kedua dalam memilih peralatan makan enamel, sebisa mungkin cek terlebih dahulu kondisi barang sebelum Anda membelinya. Terutama jika peralatan makan enamel yang Anda beli berharga mahal. 

Tentunya Anda tak ingin barang yang Anda beli tak sesuai dengan harga yang Anda bayarkan bukan? Jadi telitilah sebelum membeli. Perhatikan dengan cermat setiap sisi barang, apakah terdapat cacat atau tidak. 

Jika Anda membelinya di toko online, sebaiknya pilih penjual yang memberikan deskripsi lengkap mengenai produknya. Begitupun dengan foto, pilih penjual yang memajang foto asli. Akan lebih baik jika terdapat beberapa foto dari berbagai sisi sehingga Anda mengetahui bentuk produk secara menyeluruh. 

  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Sebaiknya utamakan kualitas dibandingkan harga. Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah. Ini juga termasuk salah satu tips memilih peralatan makan enamel.

Sangat penting untuk memperhatikan kualitas peralatan makan sebab ini juga berpengaruh pada kenyamanan Anda menyantap makanan. Umumnya semakin tinggi harga maka semakin baik pula kualitasnya. 

Jika Anda ingin membeli peralatan makan yang harganya murah perhatikan secara teliti kualitasnya agar Anda tidak sampai salah memilih. 

  • Pilih warna yang tepat 

tips memilih tableware enamel

Credit: hay.dk

Tahukah Anda jika pemilihan warna peralatan makan ternyata berpengaruh pada selera makan, lho. Pemilihan warna yang tepat merupakan salah satu tips dalam memilih peralatan makan enamel. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, oranye, dan toska dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. 

Dan biasanya warna-warna cerah ini sangat disukai anak-anak. Jadi Anda bisa menggunakan peralatan makan berwarna cerah agar anak lebih lahap makannya.

Baca juga: 5 Cara Tepat Membersihkan Tableware Enamel yang Sekarang Lagi Tren

Sedangkan warna-warna gelap seperti hitam dipercaya dapat mengurangi nafsu makan. Ini lebih cocok bagi Anda yang tidak ingin terlalu banyak makan atau bisa digunakan pada saat makan malam. Lain lagi dengan warna hijau, warna ini memberi efek menenangkan dan santai, jadi Anda bisa menggunakannya untuk minum teh atau saat menjamu tamu. 

  • Beli di toko yang terpercaya

Tips terakhir dalam memilih peralatan makan enamel yaitu membelinya di toko yang terpercaya. Hal ini penting agar Anda tidak sampai membeli barang yang palsu atau tidak berkualitas. Apalagi jika Anda membeli secara online dimana Anda tidak melihat barang secara langsung dan juga tidak bisa mengecek barang sebelum membeli. 

Setelah menyimak beberapa tips memilih peralatan makan enamel di atas semoga Anda tidak salah membeli, ya. Nah, setelah membeli peralatan makan (tableware) enamel, Anda juga harus merawatnya dengan baik agar tableware enamel tetap awet dan kinclong. 

5 Cara Merawat Tableware Enamel agar Tetap Awet dan Kinclong

Tentunya sayang bukan jika tableware enamel kesayangan Anda cepat rusak dan tidak tahan lama. Apalagi jika Anda membelinya dengan harga yang mahal. Tableware enamel memiliki karakter yang berbeda dari tableware jenis lainnya, oleh karena itu Anda perlu menerapkan beberapa cara berikut ini dalam merawat tableware enamel Anda. 

1. Cuci dengan spons yang lembut

Ini merupakan cara pertama dalam merawat tableware enamel. Pilih spons cuci piring yang lembut. Sebab mencuci dengan menggunakan spons cuci piring yang berbahan kasar dalam jangka panjang bisa merusak lapisan mengkilap pada tableware enamel Anda. Tentunya sangat disayangkan jika lapisan mengkilap tersebut rusak hanya gara-gara salah memilih spons cuci piring. 

2. Cuci hingga benar-benar bersih

tips merawat peralatan makan enamel

Credit: roveandswig.com

Cara selanjutnya dalam merawat tableware enamel yaitu mencucinya hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada bekas noda makanan atau minuman yang tertinggal. Sebab noda ini jika dibiarkan dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Beberapa jenis noda yang sulit dihilangkan misalnya teh dan kunyit. 

Untuk memudahkan proses mencuci (menghilangkan noda sisa makanan), sebelumnya Anda bisa merendam tableware enamel dengan air hangat yang diberi sabun atau perasan lemon. 

3. Cegah agar tidak berkarat

Cara ketiga dalam merawat tableware enamel adalah mencegahnya agar tidak berkarat. Setelah mencuci keringkan tableware enamel sebelum menyimpannya di lemari. Sebab air yang menempel di sela-sela tableware enamel dapat membuatnya lembab yang pada akhirnya memicu munculnya karat. 

Setelah dicuci, Anda bisa meletakkan di tempat yang terkena angin (bukan di tempat lembab dan tertutup) ataupun mengelapnya dengan kain lembut yang kering dan bersih. 

4. Jangan sampai terjatuh 

Sebisa mungkin jaga tableware enamel agar tidak sampai terjatuh. Ini juga merupakan cara merawat tableware enamel kesayangan Anda. Karena saat terjatuh risikonya adalah mengelupasnya cat pelapis tableware enamel. Dan jika cat pelapis ini terkelupas akan memicu munculnya karat. 

5. Sebaiknya tidak digunakan di dalam microwave 

Cara terakhir dalam merawat tableware enamel adalah dengan tidak menggunakannya untuk microwave. Menggunakannya dalam microwave dapat membuat lapisan bagian bawah piring atau mangkok menjadi gosong/terbakar. 

Demikian beberapa cara merawat tableware enamel yang mudah untuk Anda lakukan di rumah. Wah, jadi makin semangat deh mengoleksi tableware enamel di rumah 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top