Indo Blog Net

Tips and Trick

Ikuti 5 Cara Berikut Ini agar Ikan Cupang Peliharaanmu Tidak Mudah Mati

ikan cupang slayer

Salah satu penghilang stress di masa pandemi virus Corona ini adalah dengan memelihara ikan hias. Beberapa penelitian menyatakan bahwa memelihara ikan hias mampu membantu menghilangkan stress. Ya, siapa yang tidak terpesona saat melihat ikan dengan warna-warni yang super cantik di dalam air yang tenang dan jernih. 

Bicara mengenai ikan hias pastinya ikan cupang jadi juaranya. Sebab ikan yang satu ini memang sedang naik pamor di Indonesia. Banyak sekali orang yang menggemari ikan unik ini, bahkan tak sedikit anak-anak yang suka dengan tingkah agresif ikan cupang.

Ikan cupang memang terkenal agresif dan suka menyerang. Namun disitulah letak keunikannya. 

Anda tertarik memelihara ikan cupang? Yuk, sebelumnya kita simak dahulu jenis-jenis ikan cupang hias yang mudah dipelihara serta bagaimana cara memelihara ikan cupang yang benar.

Jenis-jenis Ikan Cupang Hias

Sebenarnya ada tiga macam ikan cupang, yaitu ikan cupang liar, ikan cupang aduan, serta ikan cupang hias. Nah, kali ini tentu saja akan dibahas mengenai jenis-jenis ikan cupang hias yang dapat Anda pelihara di rumah. 

1. Ikan cupang crown tail (serit)

ikan cupang crown tail

Jenis ikan cupang hias yang pertama adalah crown tail atau yang dikenal pula dengan nama ikan cupang serit. Ikan cupang yang satu ini memiliki ekor yang unik dimana ujung ekornya berbentuk runcing mirip mahkota. 

2. Ikan cupang double tail

ikan cupang double tail

Credit: shutterstock.com

Sama halnya dengan crown tail, jenis ikan cupang hias yang satu ini juga memiliki keunikan pada bagian ekornya. Ikan cupang ini mempunyai sirip ekor ganda atau bercabang, itu sebabnya ia dinamakan double tail.

Ikan cupang double tail ini termasuk jenis ikan cupang hias yang banyak penggemarnya, namun ikan ini agak susah didapatkan. 

3. Ikan cupang fancy

ikan cupang fancy

Credit: medium.com

Anda mencari jenis ikan cupang hias yang tampilan tubuhnya berwarna-warni seperti lukisan nan indah?

Ikan cupang fancy bisa jadi pilihan tepat sebab ikan cupang fancy ini memang mempunyai gradasi warna pada tubuhnya. Bayangkan betapa indahnya melihat ikan cupang fancy ini berlenggak-lenggok di akuarium. 

4. Ikan cupang giant

ikan cupang giant

Credit: cupangsehat.blogspot.com

Tahukah Anda jenis ikan cupang hias apa yang paling agresif? Dialah ikan cupang giant. Seperti namanya giant, ikan cupang yang satu ini memang memiliki tubuh yang lebih besar dibanding ikan cupang lainnya. 

5. Ikan cupang halfmoon 

ikan cupang halfmoon 

Credit: bettaid.com

Setelah itu ada jenis ikan cupang hias yang disebut halfmoon karena penampakan siripnya yang berbentuk seperti bulan setengah. Dengan bentuk sirip yang menawan ini ikan cupang halfmoon tampak begitu cantik untuk dipeliharan dalam akuarium. 

6. Ikan cupang plakat 

ikan cupang plakat

Credit: ekor9.com

Jenis ikan cupang hias berikutnya adalah plakat. Ikan cupang plakat ini termasuk dalam varietas cupang berekor pendek. Ikan ini memiliki tampilan sirip yang indah.

Ikan cupang ini sebenarnya termasuk ikan cupang aduan, namun karena keindahannya ikan cupang plakat ini pun banyak dipelihara di akuarium.

7. Ikan cupang slayer

ikan cupang slayer

Terakhir, ada jenis ikan cupang hias yang dikenal dengan nama slayer. Ikan cupang slayer memiliki sirip yang lebih lebar dan besar dibanding badannya. Warna ikan slayer ini juga cantik, seperti merah, kuning, hijau, oranye, dan warna-warna terang lainnya. 

Setelah mengetahui jenis ikan cupang hias di atas Anda juga perlu tahu bagaimana cara memelihara ikan cupang agar tidak mudah mati. 

Cara Memelihara Ikan Cupang agar Tidak Mudah Mati

Bagi Anda penggemar ikan hias cupang pastinya menginginkan ikan kesayangan yang Anda pelihara di rumah dapat hidup sehat dan hidup lebih lama.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman untuk Taman Mungil di Balkon Apartemen

Memelihara ikan hias cupang sebenarnya tidak sulit, lho. Asalkan Anda tahu cara-caranya maka ikan hias cupang pun tidak akan mudah mati.

Berikut ini beberapa cara memelihara ikan cupang yang perlu Anda ketahui:

  • Perhatikan Wadah Ikan Cupang

Cara memelihara ikan cupang yang pertama adalah penggunaan wadah yang tepat. Anda bisa menggunakan wadah toples kaca atau akuarium mini sebagai tempat memelihara ikan cupang.

Namun, pastikan ukurannya tepat. Pilih wadah dengan ukuran minimal 20 x 15 x 15 cm. 

Ikan cupang merupakan jenis ikan soliter dan berukuran kecil sehingga lebih cocok ditempatkan dalam wadah yang tidak terlalu besar.

Agar tampak lebih menarik Anda dapat menambahkan bebatuan kecil sebagai hiasan akuarium. Wadah yang tidak terlalu besar ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan secara rutin. 

  • Gunakan Air yang Benar

Memperhatikan jenis air yang digunakan juga termasuk dalam cara memelihara ikan cupang yang benar. Sebaiknya gunakan air sumur yang bersih. Ikan hias cupang ini adalah ikan jenis air tawar, dan air sumur yang menyerupai habitat asli cupang ini akan membuatnya lebih nyaman.

Namun jika tidak ada air sumur, Anda juga menggunakan air PDAM atau sumber air lainnya. Akan lebih baik jika air yang akan digunakan diendapkan terlebih dahulu selama semalam, lalu gunakan air bagian atasnya saja yang lebih bersih dari air endapannya.

Jangan lupa gantilah air secara rutin minimal 3 hari sekali. 

  • Pilih Makanan Ikan Cupang yang Tepat

Cara memelihara ikan cupang berikutnya yaitu dengan memberikan makanan yang tepat agar ikan hias cupang tumbuh dengan baik. Hal ini juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekor ikan cupang.

Jenis makanan yang paling baik untuk ikan cupang ini misalnya jentik nyamuk, kutu air, tanaman spirulin, maupun daun jati.

Makanan cukup ditaburkan saja ke dalam akuarium sedikit demi sedikit, sebab ikan hias cupang lebih suka mengonsumsi makanan yang mengambang di atas air.

Jika makanan sudah habis, Anda dapat menaburkannya kembali namun dengan jumlah yang lebih sedikit dari sebelumnya agar jangan sampai ada makanan yang bersisa. Sebab sisa makanan ini dapat mengotori air yang kemudian memicu penyakit. 

  • Bersihkan Wadah Ikan Cupang

Kebersihan wadah ikan merupakan hal yang sangat penting dalam cara memelihara ikan cupang ini. Karena wadah yang kotor dapat meningkatkan risiko kematian ikan cupang, lho.

Jadi jangan sampai lupa untuk membersihkan wadah ikan cupang secara rutin. 

Sebaiknya bersihkan secara rutin 3 hari sekali. Hindari penggunaan sabun saat membersihkan wadah cupang. Cukup dengan menggunakan spons yang bersih saja untuk menggosok bagian akuarium.

  • Jemur Ikan Cupang

Cara memelihara ikan cupang yang benar bukan hanya soal makanan dan kebersihan saja, lho. Ikan hias cupang juga perlu sesekali terkena sinar matahari untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang menempel pada kulit cupang maupun akuarium. 

Letakkan akuarium di tempat yang terkena sinar matahari. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, yaitu antara pukul 7 – 9 pagi selama 15 – 20 menit. Anda tak perlu menjemur ikan cupang setiap hari, kok. Cukup seminggu sekali atau maksimal 2 kali. 

Itulah beberapa cara memelihara ikan cupang yang dapat Anda lakukan di rumah agar ikan cupang kesayangan Anda tumbuh sehat dan cantik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top