blog

Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas

Bagaimana Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas

Apa sih yang bisa membuat sebuah konten itu menjadi begitu menarik dan unik, sehingga layak untuk dibaca sampai selesai? Dengan kata lain, bagaimana cara menulis artikel blog yang berkualitas?

Apa sih yang dimaksud dengan artikel blog yang berkualitas itu?

Kalau menurut saya nih ya, artikel blog yang berkualitas itu adalah artikel yang dibuat dengan bersungguh-sungguh. Kalau memang perlu juga ditulis berdasarkan fakta dan data yang akurat. Orisinal, dan ditulis dengan bahasa yang enjoyable, alias bisa dipahami dengan mudah.

Sampai di sini, setuju nggak nih dengan definisi artikel blog yang berkualitas? Semoga setuju ya?

Tapi kok, ouch. Banyak amat ya, syarat untuk menjadi artikel blog berkualitas itu? Ya, memang. Karena kan pembaca blog bukan kita sendiri?

Ada banyak pembaca yang kita harapkan untuk mau ikut membaca apa yang kita tulis. Bahkan, kalau bisa nih, para pembaca ini juga harus merasa perlu untuk melihat konten atau artikel lain di blog kita. Betul enggak nih?

Artikel blog yang berkualitas akan membuat orang merasa puas tercerahkan setelah selesai membacanya. Bahkan saking puasnya, saking bisa memenuhi kebutuhan informasinya, si pembaca dengan sukarela menyimpan artikel kita–di-bookmark untuk dibaca lagi kapan-kapan–dan juga dengan sukarela membagikannya pada orang lain lagi.

Sepertinya sounds good to be true ya? Tapi, artikel blog yang seperti ini sebenarnya bisa kok kita buat. Ikuti langkah-langkah berikut ya.

5 langkah untuk menulis artikel blog berkualitas

Begini Cara Mempercepat Waktu Loading Blog

1. Pilih topik yang paling dikuasai

Untuk bisa menulis artikel blog yang berkualitas, maka teman-teman haruslah menulis topik yang paling dikuasai.

Mengapa harus begitu? Alasannya sih simpel saja. Dengan menulis topik yang dikuasai, tentunya teman-teman akan dapat menulis lebih mendalam karena memahami betul apa yang sedang ditulis.

2. Tentukan keunikan tulisan kita

Memang yang paling mudah adalah ikut nimbrung di keramaian. Artinya, kita menulis apa yang sedang ramai dibicarakan, sedang hangat dibahas di mana-mana.

Nggak salah juga sih, kalau kita pengin menulis hal-hal yang sedang trending di blog kita. Malah justru bagus, karena kita–istilahnya–riding the waves.

Yang kadang menjadi kesalahan kita adalah kita menulis artikel seperti yang orang lain tulis.

Jadi, PR pertama adalah mencari sesuatu yang belum ada. Nah, ini dia nih yang akan jadi keunggulan dan keunikan artikel kita.

Untuk itu, setelah menemukan topik yang ingin ditulis, lakukan dulu riset ke beberapa tulisan yang sudah ada. Teman-teman bisa gugling dulu, dan baca-baca artikel yang sudah diterbitkan di tempat lain.

Baca dengan saksama, lalu temukan kekurangan-kekurangan yang ada dalam artikel-artikel tersebut.

3. Tuliskan dalam gaya kita

Setiap orang punya gaya bicara masing-masing. Gaya bicara ini yang akan menambah keunikan konten, dan membuat artikel kita terasa lebih personal.

Jadi, setelah menentukan topik dan keunikan, langkah selanjutnya adalah menulis artikel blog dalam gaya bahasa kita masing-masing.

Bagaimana ya caranya “mengeluarkan” gaya unik kita masing-masing dalam tulisan?

Coba cara ini. Bayangkan ada seseorang yang duduk di depan teman-teman. Ia menunggu untuk diajak mengobrol mengenai topik yang tadi sudah ditentukan. Begitu sudah siap semuanya, ya ajaklah seseorang yang ada di depan kita itu mengobrol. Hanya saja obrolannya ditulis dalam bentuk artikel.

Dengan cara seperti ini, biasanya sih tulisan kita akan lebih mengalir dan lebih personal.

4. Lengkapi dengan konten visual

Konon, otak manusia bisa memroses informasi dalam bentuk visual jauh lebih cepat ketimbang menyerap hal yang berupa teks ataupun verbal.

Nah, manfaatkanlah fakta ini. Lengkapi konten tulisan kita dengan konten visual–bisa berupa foto-foto, infografis, atau video.

Jika teman-teman bisa membuat atau memproduksi sendiri semua konten visual pastinya akan bagus sekali. Namun, jika tidak dan ingin mengambil konten visual dari pihak lain, ingat selalu akan hak cipta ya. Misalnya, mau ambil foto. Please, jangan asal mengambil dari Google Image.

Lebih baik teman-teman ambil foto public domain, yaitu foto-foto yang dibebaskan hak ciptanya sehingga kita boleh mempergunakannya dengan bebas.

Di mana bisa mendapatkan foto-foto bebas pakai ini? Saya pernah bikin daftar situs penyedia image CC0 ini, boleh diintip ya.

5. Optimasi!

Sesudah konten visual juga sudah ada, maka optimasi konten harus dilakukan. Karena ya percuma saja kita menulis artikel blog bagus-bagus, kalau sampai nggak terindeks oleh Google. Orang-orang nggak bakalan tahu kan, kalau ada artikel kita yang sudah dibuat dengan cinta dan sepenuh hati itu, yang bisa memberikan informasi yang mereka butuhkan?

Jadi, langkah optimasi is a must! Setidaknya, teman-teman bisa melakukan beberapa langkah dasar optimasi yang pernah dibahas di blog ini juga.

Nah, begitulah cara menulis artikel blog yang berkualitas. Cukup sederhana kan ya? Hehehe. Semoga sih iya. Memang, setiap artikel blog yang kita kerjakan dengan serius akan terasa kok setelah dibaca. Kerasa aja bedanya gitu, dengan artikel yang dibuat asal-asalan, atau yang dibuat hanya untuk kejar setoran.

So, put your heart in every article you write. And your readers will heart you too.

Selamat menulis!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me

Latest posts by CarolinaRatri (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top