Indo Blog Net

Kesehatan

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

menjaga kesehatan mental

Memasuki masa new normal baru-baru ini tentunya menghadirkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi Anda yang mulai kembali menjalani aktivitas di luar rumah. Diperbolehkannya masyarakat untuk beraktivitas namun dengan sejumlah protokol kesehatan mendorong Anda untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

Ini memang bukan hal yang mudah, apalagi mengingat pandemi virus Corona di Indonesia belum mereda, bahkan jumlah pasien positif terus bertambah dari hari ke hari. Situasi ini membuat masyarakat jadi khawatir, takut, dan tertekan.

Perasaan-perasaan negatif tersebut jika terjadi secara berlebihan dapat menyebabkan stress dan mental menjadi tidak sehat alias terganggu.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Masa New Normal

Menjaga kesehatan mental di masa new normal ini sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Keduanya saling memengaruhi dan berkaitan satu sama lain. Saat mental Anda terganggu, imunitas atau sistem kekebalan tubuh akan menurun.

Dan saat imunitas menurun, Anda jadi lebih mudah terserang penyakit, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Dengan menjaga kesehatan mental, Anda bukan hanya memperkuat imunitas tubuh tapi juga agar aktivitas yang dijalani selama masa new normal ini bisa berjalan lebih lancar. Pastinya kita semua berharap dapat menjalani dan melalui masa pandemi ini sebaik mungkin.

Lalu bagaimana caranya agar mental Anda selalu sehat? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Agar Mental Sehat

Sebenarnya menjaga kesehatan mental tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya sendiri dengan melakukan beberapa hal sederhana berikut dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini tidak hanya penting dilakukan pada masa new normal maupun selama menjalani pandemi virus Corona saja, Anda perlu terus menjaga kesehatan mental agar sehat secara menyeluruh dan hidup bahagia. Berikut beberapa tips agar mental Anda sehat:

1.     Jaga asupan nutrisi tubuh

Faktanya, terdapat kaitan antara apa yang Anda makan dengan kesehatan mental. Dengan menjaga asupan nutrisi bagi tubuh, ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda. Makanlah makanan yang bernutrisi, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan lain-lain.

Makanan bernutrisi akan mengoptimalkan fungsi organ tubuh termasuk otak. Saat otak mendapatkan nutrisi yang baik maka fungsi serta kinerjanya pun akan lancar.

Pilihlah makanan bernutrisi untuk dikonsumsi sehari-hari serta sebisa mungkin hindarkan makanan yang tidak sehat, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, serta makanan kemasan yang mengandung pewarna, perasa sintetik, pemanis buatan, serta pengawet.

2.     Tidur yang berkualitas

Mendapatkan tidur yang berkualitas akan mempengaruhi kesehatan mental. Usahakan agar Anda tidur sebanyak 7 hingga 9 jam perharinya. Namun, tidur berkualitas bukan hanya soal jumlahnya saja tapi perlu diperhatikan juga apakah Anda tidur dengan nyenyak.

Kurang tidur akan menurunkan kemampuan Anda untuk fokus serta berkonsentrasi. Saat tidur, Anda tidak hanya mengistirahatkan badan tapi juga otak. Sel-sel otak akan meregenerasi sehingga saat bangun tidur pikiran Anda akan terasa lebih jernih.

Jika Anda kurang tidur di malam hari, tidur siang selama 30 menit juga bisa sangat membantu menjaga kesehatan mental Anda.

3.   Olahraga

Olahraga juga termasuk salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Sebab olahraga berfungsi menjaga berbagai organ vital dalam tubuh agar tetap sehat, salah satunya otak Anda. Orang-orang yang rutin olahraga akan mempunyai tingkat konsentrasi yang lebih baik.

Olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengendalikan rasa cemas dan stres. Para peneliti menyatakan bahwa olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Karena saat Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin yang dapat memunculkan rasa bahagia.

Namun tentu saja manfaat olahraga ini akan optimal jika Anda melakukannya secara rutin. Olahraga selama 30 menit sehari yang dilakukan 3-5 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan mental Anda. Bisa dengan sénam santai, jogging, bersepeda, atau melakukan hobi bercocok tanam.

Rasa bahagia yang ditimbulkan dari kegiatan olah raga sangat membantu mengurangi tingkat kecemasan yang dialami.

Baca juga: 7 Merek Sepeda Lipat Terbaik yang Bikin Olahraga Makin Seru

4.   Berbuat baik

Pertama-tama, berbuat baiklah pada diri sendiri terlebih dahulu. Menurut penelitian, berbuat baik pada diri sendiri bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Berbuat baik pada diri sendiri misalnya: miliki pikiran atau pandangan yang positif terhadap diri sendiri, gunakan kata-kata yang positif saat berbicara pada diri sendiri (self talk), serta luangkan waktu me time setiap harinya sebagai bagian dari self care.

Selain untuk menjaga kesehatan mental, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan kebaikan pada orang lain, khususnya orang-orang di sekitarmu. Banyak berbuat baik akan membuat Anda lebih bahagia dan membantu mengurangi stres.

5.   Sibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan

Menyibukkan diri dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dapat melepaskan hormon-hormon di otak yang membuat Anda bahagia. Ini akan mengurangi rasa cemas maupun stres. Anda bisa pilih aktivitas yang Anda sukai, seperti memasak, bersih-bersih atau beres-beres rumah, berkebun, dan lain-lain.

Anda juga bisa mengajak keluarga di rumah untuk beraktivitas bersama, misalnya melakukan permainan favorit di halaman rumah, menonton film, atau karaoke bersama. Menyibukkan diri Anda dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan tentunya akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan positif.

6.   Perbanyak syukur

Bersyukur akan meningkatkan perasaan bahagia. Tidak perlu menunggu bahagia untuk bersyukur, sebaliknya bersyukurlah agar Anda bahagia. Jadikan hal ini bagian dari rutinitas harian Anda. Jika perlu setiap harinya tuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur. Lakukan hal ini di pagi hari atau malam menjelang tidur.

Memperbanyak rasa syukur juga dapat mengurangi stres ataupun beban hidup yang Anda rasakan. Ini juga membantu Anda jadi lebih positif dan kuat secara mental.

Meski saat ini Anda sedang dihadapi dengan ujian pandemi virus Corona, bukan berarti Anda kehilangan hal-hal yang bisa Anda syukuri. Coba luangkan waktu untuk merenungkan betapa banyak hal-hal baik yang telah Allah berikan pada Anda dan masukkan itu ke dalam daftar syukur Anda.

7.   Mengubah pola pikir

Sebuah masalah hanya akan jadi masalah jika pikiran Anda menganggapnya sebagai masalah. Jadi, semua bergantung dari bagaimana cara Anda berpikir. Cobalah untuk memperbanyak pikiran atau cara pandang yang positif terhadap segala sesuatu.

Saat Anda berpikiran negatif terhadap sesuatu, ubahlah pikiran Anda dengan memandangnya dari sisi positif.

Membiasakan untuk berpikiran positif bisa jadi bukanlah hal yang mudah. Namun, otak kita sama halnya dengan otot kita yang perlu dilatih agar kuat. Anda juga perlu melatih otak Anda agar terbiasa berpikir positif.

8.   Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat

Di masa new normal ini Anda bisa mulai kembali menjalin silaturahmi dengan orang-orang di sekitar yang mungkin sempat terkendala saat masa lockdown beberapa waktu lalu. Namun tentunya dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Berinteraksi dengan orang-orang terdekat di sekitar Anda dapat membantu mengurangi stres dan beban pikiran.

Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari rasa kesepian yang mengakibatkan depresi. Di masa-masa sekarang ini, Anda perlu dukungan orang-orang terdekat Anda agar Anda tidak merasa sendirian menghadapi situasi seperti ini.

9.   Meditasi

Meditasi merupakan proses melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran agar lebih tenang. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mental, meningkatkan fokus dan mengurangi stres. Meditasi bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja tanpa memerlukan peralatan khusus. Meditasi selama 15 atau 20 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan mental Anda.

10. Menanam kaktus

manfaat kaktus

bentuk kaktus yang unik dan lucu serta pot yang juga menarik ini dapat merangsang hormon bahagia untuk mengurangi gangguan stres.

Selain bentuknya yang unik,  kaktus  memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya  membersihkan udara, membuat ruangan jadi nyaman dan relaks, merangsang konsentrasi serta mengurangi stres. Meletakkan tanaman kaktus di dekat meja kerja atau di ruang favoritmu bisa membangkitkan gairah yang membuat perasaan bahagia.

Diakui memang informasi Corona  demikian masif  di berbagai media. Saking masifnya, kita kadang sulit untuk membedakan informasi yang benar dan tidak  (hoax). Jika kita tidak siap menerima dan mengcounter informasi tersebut,  lambat laun akan mengganggu kondisi kejiwaan.

Alangkah lebih baiknya untuk mengurangi kecemasan, Anda  bisa memeriksakan kesehatan dengan melakukan tes PCR yang belakangan ini marak dibuka di sejumlah rumah sakit.  Terlebih dahulu, Anda bisa mencari informasi  pcr test terdekat dari lokasi rumah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang kondisinya belum kondusif.

Atau Anda bisa juga melakukan konsultasi online kepada psikolog atau dokter terkait masalah kesehatan Anda  melalui  Halodoc secara privat. Wahhh, sudah seperti punya dokter pribadi.

Halodoc merupakan layanan kesehatan online terpercaya di Indonesia. Anda bisa bertanya maupun berkonsultasi langsung secara online dengan dokter-dokter pilihan yang berpengalaman. Dengan Halodoc Anda tidak perlu repot mencari dokter terdekat dan harus keluar rumah di masa pandemi virus Corona ini.

Penulis : Arifah Abdul Majid

Editor : Kartina Ika Sari

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top