Indo Blog Net

kesehatan

8 Cara Meningkatkan Kadar Kolagen dalam Tubuh Secara Alami

cara meningkatkan kolagen secara alami

Apa itu kolagen? Mengapa kolagen sangat penting bagi kesehatan dan juga kecantikan?

Anda mungkin sudah sering dengar mengenai suplemen kolagen ataupun produk kecantikan yang mengandung kolagen. Kolagen sebenarnya merupakan jenis protein penting yang banyak ditemukan di seluruh tubuh seperti persendian dan kulit. Kolagen dapat diumpamakan seperti lem yang menyatukan tubuh. 

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen secara alami mulai menurun. Selain itu ada juga beberapa faktor terkait pola hidup yang dapat mengganggu produksi kolagen, seperti merokok, terlalu banyak terpapar sinar matahari, serta pola makan yang tidak sehat. 

Untuk itulah Anda perlu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh agar lebih sehat dan cantik. Tapi meski kolagen ini sering dikaitkan dengan kecantikan, bukan berarti hanya penting bagi kaum wanita saja, lho.

Manfaat Kolagen dalam Tubuh

Faktanya meningkatkan kadar kolagen dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Mendukung usus yang sehat, serta memengaruhi integritas lapisan usus
  • Mendukung kesehatan persendian, tendon, dan jaringan ikat Anda yang akan memengaruhi kenyamanan serta mobilitas
  • Membantu meningkatkan kesehatan rambut, kuku, dan kulit, serta elastisitas kulit
  • Membantu membangun otot
  • Mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah

Menggunakan suplemen kolagen sepertinya merupakan cara termudah untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Namun, ada cara meningkatkan kadar kolagen secara alami melalui berbagai makanan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Tentunya ini bisa jadi pilihan utama dan terbaik, bukan?

Mari simak ulasan di bawah ini mengenai beberapa cara meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Anda secara alami.

8 Cara Meningkatkan Kadar Kolagen dalam Tubuh Secara Alami 

Ada berbagai jenis makanan yang banyak mengandung kolagen yang tidak sulit Anda temukan sehari-hari. Anda bisa memilih beberapa dari jenis makanan di bawah ini sebagai cara untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh secara alami.

Mulailah mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

1. Bone broth (kaldu tulang)

kaldu tulang untuk meningkatkan kolagen

Bisa dibilang ini merupakan makanan yang mengandung kolagen paling tinggi. Kaldu tulang dibuat dengan cara merebus tulang, sumsum, serta jaringan ikat dalam waktu yang cukup lama.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dan kemudian menyimpannya dalam kulkas atau freezer agar lebih tahan lama. Untuk rasa yang lebih lezat dan lebih kaya nutrisi, Anda juga dapat menambahkan berbagai rempah saat membuat kaldu tulang.

Kaldu tulang merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi serta dilengkapi dengan kalsium, magnesium, fosfor, glukosamin, kondroitin, serta asam amino.

Sebaiknya pilihlah kaldu tulang organik agar kualitasnya lebih optimal. Selain membuatnya sendiri di rumah, jika ingin cara yang lebih praktis Anda juga bisa membeli kaldu tulang siap pakai di toko makanan sehat

2. Daging ayam

ayam untuk meningkatkan kolagen

Mengonsumsi daging ayam juga termasuk salah satu cara meningkatkan kolagen secara alami. Tak heran jika banyak suplemen kolagen yang berasal dari daging ayam, sebab daging ayam merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Ayam mempunyai banyak jaringan ikat yang membuatnya kaya akan kolagen. Beberapa penelitian menyatakan bahwa bagian leher serta tulang rawan ayam adalah bagian yang paling banyak mengandung kolagen.

3. Ikan dan kerang

ikan dan kerang meningkatkan kolagen

Selain ayam, ikan dan kerang juga termasuk makanan yang mengandung kolagen tinggi, terutama jenis ikan Cod. Ikan Cod banyak mengandung kolagen serta asam amino seperti glisin dan prolin.

Tak hanya itu, ikan Cod juga diperkaya dengan berbagai nutrisi, diantaranya selenium, vitamin B6, serta fosfor. 

Ikan tuna dan salmon juga dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Anda. Sebab ikan dan kerang mempunyai tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen.

Kolagen yang berasal dari hewan laut ini dianggap lebih mudah diserap tubuh. Perlu diketahui bahwa bagian ikan yang mengandung kolagen tinggi bukan terletak di dagingnya melainkan pada kulit, kepala, sisik, serta bola mata. 

4. Telur

telur untuk meningkatkan kolagen

Mengonsumsi telur juga merupakan salah satu cara meningkatkan kadar kolagen secara alami. Sebab telur, khususnya bagian putihnya merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan asam amino yang membentuk kolagen, termasuk glisin dan prolin.

Mengonsumsi telur juga dapat memberi asupan lemak sehat serta protein berkualitas tinggi. Apalagi jika telur yang Anda pilih merupakan telur organik maka kualitasnya akan lebih baik. 

5. Sayuran hijau

sayur untuk meningkatkan kolagen

Sayuran hijau khususnya bayam dan kale banyak mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Vitamin C ini tidak hanya berperan sebagai antioksidan, tetapi juga diperlukan untuk memproduksi kolagen tipe 1 yang merupakan bentuk kolagen paling melimpah di dalam tubuh.

Tentunya Anda sudah sering mendengar mengenai pentingnya asupan sayuran hijau dalam pola makan sehat, bukan? Ternyata sayuran hijau juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Hal ini karena adanya kandungan klorofil yang terdapat pada sayuran hijau. 

6. Buah berry

buah berry untuk tingkatkan kolagen

Cara lain untuk meningkatkan kadar kolagen secara alami yaitu dengan mengonsumsi buah berry. Buah berry, khususnya stroberi, merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Stroberi dianggap sebagai salah satu makanan dalam jajaran teratas yang dapat meningkatkan kolagen. 

Sebab stroberi mengandung asam ellagic, yaitu sejenis antioksidan yang telah terbukti mendukung peningkatan kolagen dalam tubuh. Namun tak hanya stroberi, buah berry lainnya seperti blueberry, blackberry, dan raspberry juga kaya akan asam ellagic.Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah berry juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

7. Buah jeruk

buah jeruk untuk tingkatkan kolagen

Buah jeruk disini tak hanya jeruk saja, tapi juga lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali. Buah-buahan ini merupakan jenis buah yang banyak mengandung vitamin C, dimana vitamin ini sangat penting peranannya dalam meningkatkan produksi kolagen. 

Tak hanya itu, buah jeruk juga kaya akan antioksidan, serat, dan berbagai nutrisi lainnya yang membantu mendukung kesehatan tubuh Anda.

8. Bawang putih

cara meningkatkan kolagen secara alami

Bawang putih mengandung banyak sulfur yang merupakan senyawa penambah kolagen dalam tubuh dan juga berperan mencegah kerusakan kolagen. Bawang putih mempunyai banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan lupa untuk menambahkan bawang putih pada masakan yang Anda konsumsi sehari-hari, ya. 

Demikian beberapa cara mudah meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Anda secara alami. Yuk, mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi serta makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Konsumsilah dalam jumlah yang cukup serta variasikan dengan makanan-makanan sehat lainnya agar Anda sehat secara menyeluruh 🙂

Credit photo: pixabay.com

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top