Indo Blog Net

kesehatan

Cara Jitu Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Menjaga Kesehatan Pencernaan

cara meningkatkan kekebalan tubuh

Adanya pandemi virus Corona yang masuk ke Indonesia beberapa bulan terakhir ini membuat masyarakat semakin semangat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab salah satu cara agar Anda dapat terhindar dari serangan virus Corona yaitu dengan menjaga kekebalan tubuh.

Saat kekebalan tubuh bagus maka Anda tak akan mudah sakit dan terpapar virus maupun bakteri. Sebaliknya jika kekebalan tubuh lemah Anda akan lebih mudah terserang virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Namun, tahukah Anda cara jitu meningkatkan kekebalan tubuh?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Menjaga Pencernaan

Ya, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah sakit ataupun untuk melawan virus Corona dengan menjaga kesehatan pencernaan. Mengapa demikian? Karena kekebalan tubuh manusia itu sangat dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan, lho. Jadi, jika pencernaan Anda sehat maka kekebalan tubuh pun akan kuat.

Penelitian membuktikan bahwa sekitar 70 – 80 % kekebalan tubuh manusia dipengaruhi oleh kesehatan saluran cerna (pencernaan).

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk memproses makanan dan kemudian mengubahnya menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi inilah yang bermanfaat sebagai sumber energi tubuh, untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan juga menjaga tubuh tetap sehat.

Setelah Anda mengetahui bahwa menjaga kesehatan pencernaan merupakan cara jitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar pencernaan selalu sehat?

Yuk, simak beberapa tips menjaga kesehatan pencernaan di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu organ yang sangat penting peranannya dalam tubuh Anda. Sistem pencernaan ini dimulai dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, hingga ke usus besar.

Berikut ini berbagai tips menjaga kesehatan pencernaan yang dapat Anda lakukan agar selalu sehat dan kekebalan tubuh meningkat.

1. Konsumsi real food

cara meningkatkan kekebalan tubuh

Credit: pixabay.com

Tips pertama untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi real food atau makanan utuh yang tanpa melalui banyak proses dan penambahan bahan-bahan lain yang tidak alami.

Real food diantaranya sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, umbi-umbian, telur, serta daging ayam, sapi, dan ikan. Dan semuanya diolah/dimasak dengan cara alami, misalnya makanan yang kita masak di rumah (homemade).

Sebisa mungkin hindari atau minimalkan konsumsi makanan olahan (kemasan) yang telah melalui banyak proses. Makanan olahan ini umumnya telah diberi bahan-bahan tambahan yang tak baik untuk kesehatan, seperti perasa buatan, pemanis buatan, pewarna, serta pengawet.

Bahan-bahan tambahan inilah yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan Anda, apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang dan dalam jumlah berlebihan.

2. Konsumsi lemak sehat

cara meningkatkan kekebalan tubuh

Credit: pixabay.com

Tips selanjutnya untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan mengonsumsi lemak sehat. Tidak semua lemak itu buruk, lho.

Pencernaan juga membutuhkan lemak sehat. Lemak sehat sering diperlukan untuk proses penyerapan nutrisi dan mencegah inflamasi yang terjadi di sekitar usus.

Anda dapat memperoleh lemak sehat dari alpukat, dark chocolate, telur, kacang almond, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain.

Salah satu jenis lemak sehat yang perlu Anda konsumsi yaitu asam lemak omega 3. Jenis lemak yang satu ini dapat menurunkan risiko Anda terkena radang usus. Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 diantaranya: flaxseeds, chia seeds, kacang kenari, salmon, dan sarden.

3. Konsumsi probiotik dan prebiotik

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, khususnya usus. Probiotik bisa Anda temukan dalam makanan dan minuman, seperti yogurt, kefir, kimchi, kombucha, tempe, miso, dan lain-lain.

Selain pada makanan dan minuman, probiotik juga dapat Anda dapatkan melalui suplemen.

Sedangkan prebiotik, ia adalah makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk probiotik (bakteri baik) dalam pencernaan manusia sehingga jumlahnya tetap terjaga.

Berbagai jenis makanan yang mengandung prebiotik diantaranya: bawang putih, bawang bombay, asparagus, pisang, dan biji-bijian utuh (whole grains).

4. Perbanyak konsumsi serat

cara meningkatkan kekebalan tubuh

Credit: pixabay.com

Salah satu tips penting untuk menjaga kesehatan pencernaan tentunya dengan memperbanyak konsumsi serat. Banyak mengonsumsi serat berfungsi melindungi sistem pencernaan dan memperlancar BAB (buang air besar). Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Serat larut merupakan serat yang dapat larut dalam air, misalnya: ubi, gandum, oat, barley, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, apel, dan wortel. Serat larut ini adalah serat yang mudah dicerna oleh tubuh. Salah satu fungsi serat larut yaitu membantu mencegah kadar glukosa naik tinggi setelah makan.

Sedangkan serat tidak larut berfungsi membersihkan saluran cerna dan melancarkan BAB (buang air besar). Makanan yang mengandung serat tidak larut diantaranya: buncis, kembang kol, dan kentang.

5. Kunyah makanan dengan baik

Banyak orang yang melewatkan hal yang satu ini, padahal kelihatannya mudah. Mengapa Anda perlu mengunyah makanan dengan baik? Sebab proses pencernaan itu dimulai dari mulut, tepatnya saat Anda mengunyah makanan. Kunyah makanan hingga lembut akan membuat makanan menjadi lebih mudah dicerna oleh usus.

Saat mengunyah, mulut akan mengeluarkan air liur yang berfungsi memecah beberapa karbohidrat serta lemak dalam makanan serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Mengunyah makanan dengan baik dapat meningkatkan proses kerja sistem pencernaan dan mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan. Selain itu, mengunyah makanan dengan baik juga terbukti bisa membantu mengurangi stres.

6. Mindful eating

cara meningkatkan kekebalan tubuh

Credit: pixabay.com

Tips menjaga kesehatan pencernaan berikutnya adalah menerapkan mindful eating. Mindful eating (makan dengan penuh kesadaran) artinya Anda berusaha menikmati makan dengan sungguh-sungguh. Hal ini bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Dalam mindful eating Anda akan makan secara perlahan, tidak terburu-buru. Sebab makan dengan cepat dapat mengakibatkan keluhan pada pencernaan, seperti kembung, begah, ataupun rasa tidak nyaman pada perut setelah makan. Jadi perhatikan seluruh makanan yang Anda akan makan, bagaimana warnanya, baunya, teksturnya dan rasanya.

Disamping itu, jika Anda ingin menerapkan mindful eating, Anda juga perlu belajar untuk fokus dan menikmati setiap gigitan tanpa terganggu oleh hal-hal lain, seperti handphone, televisi, dan lain-lain.

7. Minimalkan stres

Tips yang terakhir untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah minimalkan stres. Saat Anda stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang dapat mengganggu pencernaan. Selain itu stres yang berlebihan juga seringkali memicu pola makan yang buruk.

Sebab, saat stres seseorang lebih sulit mengontrol apa yang ia makan. Pada akhirnya pencernaan menjadi terganggu akibat pola makan yang buruk tersebut.

Anda dapat meminimalkan atau mengurangi stres dengan melakukan meditasi, yoga, relaksasi, maupun berbagai aktivitas positif lainnya yang membuat Anda merasa lebih tenang. Mungkin Anda tidak dapat menghindari stres, tapi Anda bisa meminimalkannya agar stres ini tidak merugikan kesehatan.

Itulah berbagai tips menjaga kesehatan pencernaan sebagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh termasuk melawan virus Corona. Yuk, terapkan tips-tips di atas supaya selalu sehat! Salam sehat dan bahagia 🙂

Credit photo: indianexpress.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top
$(".comment-click-14494").on("click", function(){ $(".com-click-id-14494").show(); $(".disqus-thread-14494").show(); $(".com-but-14494").hide(); }); // Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });