Indo Blog Net

Kecantikan

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

eksfoliasi kulit wajahmenghilangkan jerawat

Tak lengkap rasanya kesehatan tubuh jika tak didukung dengan kesehatan kulit wajah. Dan salah satu kriteria kulit wajah yang sehat yaitu bebas dari jerawat. Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bercahaya, dan tanpa jerawat. 

Bisa dibilang masalah jerawat ini merupakan hal yang umum kita alami. Namun, jika jerawat itu dibiarkan, bukan tak mungkin akan semakin parah dan lebih sulit diatasi.

Belum lagi bekas jerawat yang parah pastinya akan mengganggu penampilan wajah Anda bukan?

Yuk, kita bahas tuntas mengenai cara-cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami berikut ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Cara-cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami berikut ini tentunya lebih aman bagi kesehatan kulit dan tubuh Anda karena cara ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Baca juga: Kapan Memerlukan Perawatan Wajah di Dokter Kecantikan?

Bahan-bahan kimia dapat menimbulkan risiko efek samping bagi kesehatan apalagi jika digunakan dalam jangka waktu lama. Cara-cara dibawah ini tak hanya lebih aman, tapi juga ampuh jika dilakukan dengan benar.

1. Bersihkan kulit wajah

wajah bersih untuk hilangkan jerawat

Credit: timelessha.com

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dimulai dari membersihkan wajah dengan tepat. Bersihkan wajah secara menyeluruh dengan lembut, artinya pastikan setiap bagian wajah Anda dibersihkan dengan baik dan gunakan produk pembersih (sabun wajah) yang formulanya aman bagi kulit. 

Sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk kecantikan berbahan alami sangat kecil kemungkinannya untuk menyebabkan iritasi.

Sebelum membersihkan wajah dengan sabun, basahi kulit wajah dengan air hangat, lalu usapkan sabun dan pijat lembut. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini setiap pagi dan sore hari. 

2. Gunakan masker

masker wajah menghilangkan jerawat

Credit: skinnyms.com

Menggunakan masker wajah juga termasuk dalam cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Masker ini berfungsi untuk melembabkan dan menyembuhkan kulit dari jerawat. Masker alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat sekaligus melembabkan kulit adalah kayu manis dan madu.

Caranya campurkan satu sendok makan madu (sebaiknya pilih madu yang raw dan natural), satu sendok teh extra virgin coconut oil, dan satu sendok teh bubuk kayu manis.

Oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dan keringkan menggunakan kain lembab agar lebih bersih. Lakukan hal ini 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

3. Eksfoliasi kulit wajah 

eksfoliasi kulit wajahmenghilangkan jerawat

Credit: womenshealthmag.com

Eksfoliasi alias pengelupasan sel-sel kulit mati ini juga penting dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Sebab pori-pori yang tersumbat serta penumpukan sel-sel kulit mati ini dapat memicu timbulnya jerawat. 

Anda dapat membuat facial scrub sendiri dengan bahan yang alami, yaitu menggunakan campuran madu dan sea salt (garam laut) atau campuran extra virgin coconut oil dan brown sugar (gula kelapa bubuk).

Campurkan bahan-bahan tersebut, kemudian gosokkan dengan lembut ke kulit wajah dengan gerakan memutar. Lalu hapus menggunakan kain lembab dan bilas dengan air hingga bersih. Hal ini bisa Anda lalukan rutin 1 – 2 kali seminggu. 

4. Gunakan tea tree oil pada jerawat

tea tree oil untuk menghilangkan jerawat

Credit: istock.com

Salah satu cara alami menghilangkan jerawat bisa dengn menggunakan minyak tea tree oil. Tea tree oil sudah populer di dunia sebagai antiseptik dan untuk mengobati luka. Minyak yang satu ini juga sangat ampuh dalam mengatasi bakteri dan jamur penyebab jerawat.

Cara penggunaannya yaitu cukup campurkan 1-3 tetes tea tree oil dengan satu sendok teh extra virgin coconut oil. Lalu oleskan ke area kulit wajah yang berjerawat. Sebaiknya lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur.

5. Gunakan pelembab

pelembab untuk menghilangkan jerawat

Credit: bigstock.com

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami berikutnya yaitu gunakan pelembab. Extra virgin coconut oil merupakan bahan alami terbaik untuk melembabkan kulit wajah.

Minyak ini termasuk salah satu minyak paling sehat di dunia. Meski bagi sebagian orang minyak ini mungkin terlalu berat/kental bagi kulit, tapi umumnya minyak ini dapat berfungsi dengan baik sebagai pelembab alami.

Baca juga: Kiat Cerdas Memilih Bedak Padat yang Aman Bagi Kulit berjerawat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Biomaterials menyatakan bahwa asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa menunjukkan aktivitas bakteri terkuat dalam melawan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. 

Cara penggunaannya, tuang seperempat sendok teh extra virgin coconut oil pada telapak tangan kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan meresap ke dalam kulit selama 5 menit. Lalu bersihkan sisa minyak di wajah menggunakan tisu atau kain kering. 

6. Hindari terlalu banyak paparan sinar matahari

Bagi Anda yang sedang berjerawat atau memiliki kulit wajah rentan berjerawat hindari terlalu banyak terpapar sinar matahari. Hal ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Sebab sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko jaringan parut jerawat. 

Sebaiknya hindari terpapar sinar matahari terlalu lama (misal lebih dari setengah jam) khususnya pada jam-jam antara pukul 10.00 pagi – 15.00 sore.

Jika terpaksa harus beraktivitas di bawah sinar matahari jangan lupa gunakan tabir surya alami seperti red raspberry seed oil (SPF 25-50) atau carrot seed oil (SPF 35-40). Anda bisa mencampurkan bahan tersebut dengan jojoba oil (minyak jojoba) sebelum dioleskan ke kulit wajah. 

7. Konsumsi probiotik 

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tidak hanya membutuhkan perawatan eksternal saja, lho. Anda juga membutuhkan perawatan internal untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Salah satunya dengan mengonsumsi probiotik yang berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Dermatology Online Journal, konsumsi probiotik dapat mendukung pengobatan jerawat yang aman dan alami.

8. Konsumsi makanan sehat rendah glisemik

Mengonsumsi makanan sehat pastinya juga termasuk dalam cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Minimalkan makanan yang terbuat dari tepung terigu dan makanan yang tinggi kandungan gulanya. Sebab keduanya memiliki glisemik yang tinggi. 

Pada tahun 2007, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa kandungan glisemik dapat memengaruhi jerawat. 

9. Gunakan essential oil 

essential oil  untuk menghilangkan jerawat

Credit: beautyhealthtips.in

Untuk jerawat yang membandel, cobalah gunakan rosehip seed oil (minyak biji rosehip) atau carrot seed oil (minyak biji wortel) pada jerawat.

Baca juga: 7 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Alami

Selain kedua bahan tersebut, Anda juga bisa gunakan lavender essential oil (minyak lavender) atau tea tree oil (minyak pohon teh) yang dicampur dengan extra virgin coconut oil atau madu mentah untuk membantu mencegah bekas jerawat yang parah. 

10. Pilih makeup yang aman

makeup yang aman untuk wajah berjerawat

Credit: hipwee.com

Penggunaan makeup dalam keseharian seringkali menjadi seperti kewajiban apalagi bagi wanita. Dalam situasi tertentu penggunaan makeup ini memang dibutuhkan.

Sebagai salah satu cara dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya, sebaiknya pilihlah makeup untuk wajah berjerawat yang menggunakan bahan-bahan alami dan aman bagi kulit wajah Anda.

Jika kulit Anda sedang berjerawat gunakan makeup yang ringan. Makeup yang terlalu berat dapat membuat bakteri tersumbat dalam pori-pori dan akhirnya mengakibatkan jerawat bertambah parah. 

Cara-cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tersebut tentunya tidak berhasil dalam sekejap. Ada proses yang membutuhkan waktu untuk memperoleh hasil yang optimal, jadi bersabarlah.

Selamat mencoba! Semoga kulit wajah Anda semakin sehat dan bebas dari jerawat 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top