Indo Blog Net

Inspirasi

9 Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

cara menghias ruangan dengan kaktus

Ingin ruangan di rumah Anda terlihat lebih manis dan enak dipandang? Salah satu cara ampuh yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tanaman sebagai dekorasi. Menggunakan tanaman sebagai dekorasi bukan hanya membuat ruangan jadi lebih menarik, tapi juga sehat. Sebab tanaman berfungsi untuk membersihkan udara dari racun-racun sehingga ruangan jadi terasa sejuk dan segar.

Kaktus termasuk tanaman yang seringkali dijadikan sebagai elemen dekorasi ruangan. Tanaman hias yang satu ini memang unik, ukurannya mungil dan memiliki bentuk yang berbeda dari tanaman hias lainnya. Sentuhan estetika yang terdapat pada kaktus ini membuatnya banyak digemari kalangan pecinta tanaman hias. 

Ingin ruangan di rumah Anda jadi lebih unik dan indah dipandang mata? Yuk, simak deretan cara menghias ruangan dengan dekorasi kaktus di bawah ini.

Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

Merawat kaktus sebenarnya tidaklah sulit, apalagi jika Anda mengetahui kiat-kiatnya. Kaktus termasuk tanaman yang dapat bertahan lama tanpa perawatan yang rumit. Kaktus juga bisa diletakkan hampir di setiap ruangan pada rumah Anda, lho.

Namun Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini saat menghias ruangan dengan dekorasi kaktus agar tampilannya maksimal. 

1. Dekorasi kaktus di sudut ruang

Cara pertama untuk menghias ruangan dengan dekorasi kaktus yaitu menempatkannnya di sudut ruang. Sudut ruang yang kosong jadi lebih manis dengan dekorasi kaktus. Anda bisa meletakkan beberapa pot kaktus dalam beberapa ukuran yang berbeda untuk penghias sudut ruang.

Jika ingin menggunakan satu pot saja sebaiknya pilih kaktus yang ukurannya besar. 

Agar lebih dinamis tampilannya dan lebih menarik untuk dipandang, susun kaktus secara bertingkat. Atau pastikan pot kaktus tidak saling menutupi satu sama lain. Jika Anda ingin menempatkan kaktus di sudut ruang ini tampil senada dengan interior ruangan, Anda bisa gunakan warna hijau pada beberapa elemen ruangan, cat dinding misalnya.

2. Dekorasi kaktus di pinggir jendela

dekorasi kaktus untuk ruangan

Credit: jawaracorpo.com

Letakkan beberapa pot tanaman kaktus mini di pinggir jendela rumah Anda. Ini termasuk salah satu cara menghias ruangan dengan dekorasi kaktus. Anda bisa gunakan pot cantik dengan warna-warni pastel yang menarik.

Ada beberapa jenis kaktus yang justru akan tumbuh lebih segar saat mendapat sinar matahari. Nah, Anda bisa meletakkan kaktus jenis ini sebagai dekorasi jendela.

Agar tidak monoton, Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman kaktus yang berbeda untuk ditempatkan di pinggir jendela. Kemudian lapisi permukaan pot atau bagian atas media tanam dengan bebatuan kecil agar semakin indah dilihat. Dijamin deh jendela rumah Anda akan jadi lebih cantik. 

3. Dekorasi kaktus di ruang makan

dekorasi kaktus untuk ruang makan

Credit: archify.com

Area ruang makan juga bisa lho dipercantik menggunakan dekorasi kaktus. Apalagi jika Anda menggemari rumah bernuansa natural atau furnitur ruang makan Anda didominasi oleh unsur natural seperti kayu misalnya. Dekorasi kaktus ini sangat pas berpadu dengan elemen kayu yang kental dengan nuansa alam. 

Anda bisa meletakkan kaktus di atas meja yang ada di area ruang makan. Bahkan jika meja makan Anda berukuran cukup besar, kaktus mini bisa diletakkan di atas meja makan, lho. Suasana ruang makan pun jadi lebih sejuk dan segar dengan adanya dekorasi kaktus mini. 

sukulen

Sukulen cantik ini bisa menjadi salah satu penghias ruangan. Sumber : koleksi @kaktusqulucu

4. Dekorasi kaktus di kamar anak

Jika Anda ingin menghias ruang kamar anak dengan dekorasi kaktus, pilihlah jenis kaktus tanpa duri. Letakkan beberapa dekorasi kaktus mini yang lucu-lucu di dalam pot warna-warni. Gunakan pot yang menarik sehingga anak suka melihatnya. Atau ajak anak memilih sendiri pot yang sesuai keinginannya.

Anda bisa menaruh dekorasi ini di atas meja belajar anak atau di atas lemari anak jika lemarinya tidak terlalu tinggi. Dekorasi kaktus seperti ini pastinya akan membuat kamar anak jadi lebih semarak dan anak pun akan happy.

kaktus gymno mera

Kaktus Gymno yang cantik ditambah pot lucu, bikin suasana emosi bahagia. Sumber : IG @KaktusQulucu

5. Dekorasi kaktus di samping kaca hias

Cara berikutnya untuk menghias ruangan dengan dekorasi kaktus adalah dengan menaruhnya di samping kaca hias. Bagi kaum wanita area yang satu ini biasanya merupakan spot favorit untuk mempercantik diri maupun memadupadankan outfit.

Hiasan kaktus ini akan membuat kaca hias Anda jadi lebih kece. Sebaiknya gunakan pot berwarna putih agar tampilan kaktus terkesan minimalis dan elegan. 

6. Dekorasi kaktus di ruang kerja

dekorasi kaktus utuk ruangan kerja minimalis

Credit: jawaracorpo.com

Bukan hanya meja makan saja yang dapat dihias dengan dekorasi kaktus, meja kerja atau meja belajar di rumah Anda pun bisa, dong. Kaktus yang cocok diletakkan di atas meja adalah kaktus berukuran mungil dan menggemaskan. Dekorasi kaktus di ruang kerja bisa membuat suasana jadi lebih segar dan tidak membosankan. 

Agar Anda lebih semangat, pilihlah jenis kaktus yang paling Anda sukai. Kemudian tempatkan dalam pot yang super cantik. Anda juga bisa menghias pot kaktus dengan membuat tulisan berupa kata-kata yang menginspirasi dengan menggunakan cat dan kuas. Wah, dijamin deh dekorasi kaktus ini bikin Anda jadi lebih produktif dalam bekerja. 

7. Dekorasi kaktus di kamar tidur

Area kamar tidur pastinya jadi tempat yang tak boleh dilewatkan untuk dipercantik semaksimal mungkin, bukan? Ya, dekorasi kaktus juga akan membuat tampilan kamar tidur Anda semakin cantik dan segar. Anda bisa meletakkan dekorasi kaktus mini tanpa duri di meja samping tempat tidur.

Bonusnya, selain membuat kamar tidur terlihat lebih menarik dekorasi kaktus ini juga membuat udara di kamar jadi lebih segar dan bersih. Dan udara yang bersih bisa membuat kualitas tidur Anda lebih baik, lho. Jadi jangan ragu untuk meletakkan dekorasi kaktus di kamar tidur, ya!

8. Dekorasi kaktus di kamar mandi

Meletakkan dekorasi kaktus di kamar mandi dapat membuat suasana kamar mandi lebih indah dan menyejukkan mata. Namun, tak semua kaktus cocok untuk diletakkan di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Jadi Anda harus memilih jenis kaktus yang tahan dengan ruangan yang lembab.

Anda bisa meletakkan dekorasi kaktus ini pada rak dinding di kamar mandi dan pastikan kaktus tidak sampai tersiram air mandi. 

9. Dekorasi kaktus di pinggir tangga

Cara terakhir untuk menghias ruangan dengan dekorasi kaktus yaitu meletakkannya di pinggir tangga. Daripada dibiarkan kosong dan berdebu lebih baik jejerkan dekorasi pot tanaman kaktus yang bervariasi di pinggir tangga. 

Gunakan jenis kaktus mini tanpa duri sehingga aman jika tersentuh kulit. Dekorasi kaktus ini pasti bikin tangga terlihat unik dan cantik. Apalagi jika Anda menyesuaikannya dengan tema rumah Anda, sehingga dekorasi dan interior tampil serasi dan melengkapi satu sama lain. 

Nah, itu dia berbagai cara untuk menghias ruangan dengan dekorasi kaktus. Bentuk kaktus yang unik memang memberikan daya tarik tersendiri. Wah, pasti Anda jadi tertarik juga untuk mempercantik rumah, bukan? Yuk, langsung saja hias rumah Anda sekarang dengan dekorasi kaktus.

kaktus koboy

kaktus koboy bisa menjadi pilihan inspirasi home decor dalam ruang

Credit photo: review.bukalapak.com

Kamu yang sedang mencari souvenir kaktus atau kaktus dengan pot-pot lucu, KaktusQulucu menyediakan berbagai aneka kaktus dan pot kaktus mini  karakter yang menarik.  Buka setiap hari, pukul 09:00 sd 17:00, Cluster Pesona Orlando, Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur.  Kamu bisa kunjungi IG @kaktusQulucu atau jika ingin mengetahui ketersedian stok, bisa langung menghubungi  Kartina Ika Sari, 081310976735.

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top