Indo Blog Net

Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Usaha dengan Tepat agar Terus Berkembang

perencanaan keuangan untuk bisnis

Apakah Anda termasuk pemilik usaha kecil yang sedang merintis bisnis atau mungkin tertarik memulai usaha kecil? Ada satu hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi para pemilik usaha kecil, yaitu mengelola keuangan usaha.

Anda tentu ingin mengetahui bagaimana cara yang tepat mengelola usaha kecil yang Anda jalani. Namun sebelumnya mari kita simak apa saja manfaat mengelola keuangan usaha kecil yang bisa Anda rasakan berikut ini. 

Manfaat Mengelola Keuangan untuk Usaha Kecil

Jika Anda berpikir bahwa mengelola keuangan ini tidak terlalu dibutuhkan untuk usaha kecil, maka Anda salah. Mengelola keuangan usaha bukan hanya bagi mereka yang menjalankan bisnis menengah hingga besar, tapi juga termasuk usaha kecil.

Apalagi jika Anda menginginkan kemajuan dalam bisnis, maka mengelola keuangan usaha kecil Anda merupakan hal yang wajib. 

Berikut ini beberapa manfaat mengelola keuangan usaha kecil yang akan Anda peroleh:

  • Memiliki perencanaan keuangan yang jelas

Dengan mengelola keuangan usaha kecil artinya Anda membuat perencanaan keuangan atas usaha yang Anda jalankan. Perencanaan keuangan bagi para pelaku usaha kecil tak hanya dilakukan pada awal mendirikan usaha tapi harus terus diterapkan agar usaha dapat berkembang. 

  • Mengetahui jumlah transaksi usaha

Dalam menjalankan bisnis, Anda perlu mengetahui berapa jumlah transaksi usaha yang terjadi setiap harinya. Dengan mencatat setiap transaksi harian, Anda dapat mengetahui perkembangan usaha Anda dari waktu ke waktu. 

  • Mengetahui jumlah keuntungan usaha

Tentunya hal ini sangat penting, sekecil apapun usaha yang dijalankan, Anda perlu mengetahui berapa laba yang Anda peroleh dari bisnis kecil Anda tersebut. Dengan mengelola keuangan usaha, Anda dapat mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh selama periode tertentu, apakah dalam hitungan hari, bulan, ataupun tahun.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Produk KUKM, SMESCO Buka Konsultasi Bisnis Gratis untuk Pelaku Usaha

  • Memiliki laporan keuangan  

Memiliki laporan keuangan usaha sangatlah penting bagi Anda yang menginginkan kemajuan atau perkembangan dalam usaha yang Anda jalankan. 

Terutama jika usaha yang Anda jalankan ini dipegang atau dimiliki oleh lebih dari satu orang. Laporan keuangan ini akan memberikan informasi detail mengenai perkembangan usaha Anda. 

  • Mengendalikan keuangan 

Mengendalikan keuangan juga termasuk salah satu manfaat dari mengelola keuangan usaha kecil Anda. Dengan mengelola keuangan usaha, Anda akan lebih mudah mengendalikan keuangan bisnis. Semakin baik Anda mengelola keuangan usaha maka akan keuangan usaha Anda pun akan semakin terkendali. 

  • Mengurangi risiko bangkrut

Dengan Anda mengelola keuangan usaha, Anda dapat mengetahui dengan jelas saat ada kerugian usaha serta seberapa besar kerugian yang ada. Dengan begitu Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk menghadapi kerugian tersebut agar tidak sampai terjadi kebangkrutan usaha. 

Itulah beberapa manfaat mengelola keuangan yang akan Anda dapatkan. Lalu bagaimana cara tepat untuk mengelola keuangan usaha kecil? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Tepat Mengelola Keuangan Usaha Kecil 

Dalam menjalankan bisnis yang terpenting bukan hanya bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar, namun juga bagaimana cara mengelola keuangan usaha tersebut.

Berikut beberapa cara tepat yang harus Anda lakukan dalam mengelola keuangan usaha kecil yang sedang dijalankan, yaitu:

1. Pisahkan uang pribadi dan uang usaha

Menggabungkan uang pribadi dengan uang usaha akan membuat Anda sulit membedakan mana pengeluaran pribadi dan pengeluaran usaha, akibatnya uang usaha Anda bisa jadi seringkali terpakai untuk keperluan pribadi. 

Maka biasakan untuk memisahkan uang pribadi dan uang usaha dengan menempatkannya di tempat berbeda, bisa juga gunakan rekening yang berbeda untuk pribadi dan usaha. Disamping itu, Anda juga harus disiplin dalam memisahkan keduanya, artinya uang usaha bukanlah uang pribadi.

Jadi Anda tidak boleh menggunakannya untuk keperluan pribadi. 

Dengan memisahkan uang usaha dengan uang pribadi, hal ini juga akan memudahkan Anda melihat seberapa besar perkembangan usaha Anda, termasuk melihat besarnya laba dan modal usaha. 

2. Buat perencanaan keuangan 

perencanaan keuangan untuk bisnis

Credit: rochester.kidsoutandabout.com

Buatlah perencanaan keuangan sebaik mungkin jika Anda ingin sukses dalam usaha Anda. Meski saldo kas Anda terlihat banyak, bukan berarti Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal yang tidak benar-benar memberikan manfaat/keuntungan untuk usaha Anda. 

Pertimbangkan dengan baik dan teliti untuk apa saja uang usaha Anda digunakan. Termasuk penggunaan modal, Anda harus memperhitungkan untung dan ruginya agar modal yang Anda keluarkan tidak sia-sia, begitupun dengan pengeluaran lainnya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Memulai Bisnis Online di Instagram

3. Buat buku catatan keuangan

Ini merupakan salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan jika Anda menjalankan usaha. Catat semua keuangan usaha Anda dengan detail dan lengkap pada buku khusus. 

Buku utama yang harus Anda miliki adalah buku kas. Buku ini digunakan untuk mencatat semua transaksi keluar masuknya uang usaha. Anda juga harus mencocokkan jumlah uang yang ada dengan catatan Anda, pastikan jumlahnya sama. Dalam hal ini sangat diperlukan ketelitian. 

4. Sisihkan sebagian keuntungan 

keuntungan usaha

Credit: merchantcashexpress.co.uk

Keuntungan atau laba yang Anda peroleh dari usaha yang Anda jalankan harus disisihkan sebagian untuk pengembangan usaha. Hal ini dilakukan agar usaha Anda dapat terus maju dan berkembang kedepannya. 

Tentu saja Anda berhak menikmati hasil atau keuntungan usaha Anda, namun jika Anda menginginkan usaha Anda dapat terus berkembang, jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian keuntungan untuk mengembangkan usaha.

Mengembangkan usaha misalnya dengan menambah produk-produk yang Anda jual, melakukan inovasi usaha, maupun menambah karyawan untuk meningkatkan layanan usaha Anda.

Semakin sering Anda melakukan hal ini maka semakin berkembang usaha Anda.

5. Persiapkan dana darurat

Cara lain yang bisa dilakukan dalam mengelola keuangan usaha kecil adalah mempersiapkan dana darurat. Sebab, dalam bisnis tentunya akan ada naik turun. Ada kalanya Anda mengalami penurunan omset bahkan kerugian bisnis. Nah, pada saat seperti itulah dana darurat sangat dibutuhkan demi kelangsungan usaha Anda. 

Dana darurat ini hanya boleh digunakan saat situasi yang memang benar-benar Anda membutuhkannya (darurat). Dengan adanya dana darurat ini setidaknya akan menjaga usaha Anda dari kemungkinan terburuk, bangkrut misalnya.

Demikian beberapa cara mengelola keuangan usaha kecil yang penting untuk Anda lakukan. Dengan menerapkan beberapa cara diatas akan meningkatkan kesempatan untuk usaha Anda berkembang lebih baik. Selamat mencoba, ya. Semangat berbisnis! 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top