Indo Blog Net

Parenting

Inilah Cara Mengasah Kreativitas Anak di Masa Pandemi, Yuk Dicoba!

cara mengasah kreativitas anak

Pandemi virus Corona menyebabkan anak-anak belajar dari rumah sejak beberapa bulan terakhir ini. Meski anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bukan berarti ruang gerak untuk mengembangkan kreativitasnya jadi terhambat, lho. Sebab kreativitas bisa diasah melalui berbagai cara mudah yang dapat dilakukan dari rumah. 

Kreativitas bagi anak merupakan potensi yang sangat penting untuk diasah sejak dini. Anak yang mempunyai kreativitas tinggi akan tumbuh lebih cerdas, dapat berpikir lebih baik, lebih produktif dan juga lebih kritis. 

Pada usia dini Anda bisa lebih mudah mengasah kreativitas anak dibandingkan saat mereka sudah dewasa. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk mengasah kreativitas anak dari sedini mungkin.

Di bawah ini akan diulas beberapa cara mengasah kreativitas anak yang dapat Anda coba.

Cara Mengasah Kreativitas Anak di Masa Pandemi

Cara mengasah kreativitas anak ini merupakan tugas bagi orang tua untuk diterapkan dalam mendidik anak sehari-hari. Jadi, Anda tak perlu khawatir anak jadi kurang kreatif saat ia lebih banyak di rumah saja. Justru di masa pandemi virus Corona ini Anda lebih punya banyak kesempatan untuk menerapkan berbagai cara mengasah kreativitas seperti berikut ini.

1. Mengenali minat dan bakat anak

Cara mengasah kreativitas anak yang pertama perlu Anda lakukan yaitu mengenali minat dan bakat anak. Ketahui hal-hal apa saja yang disukai anak, misal aktivitas apa yang ia gemari, jenis permainan apa yang ia sukai, buku cerita favoritnya, hingga film kartun favoritnya.

Aktivitas kegemaran setiap anak berbeda-beda, ada yang senang menggambar, mewarnai, menari, menyanyi, membaca, dan lain-lain.

Jika anak Anda tidak menunjukkan bakat tertentu, Anda tak perlu khawatir dan memaksanya untuk melakukan sesuatu yang tak disukainya.

Untuk menyiasatinya Anda bisa mencoba dengan memberikan stimulus untuk memancing munculnya kreativitas anak. Sebab memang ada beberapa anak yang membutuhkan stimulan untuk bisa mengeluarkan minat dan bakatnya. 

Untuk menstimulus bakat anak, bisa melalui bermain, mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler, ataupun melalui tes minat dan bakat.

Pastikan anak melakukan aktivitas dengan senang dan semangat. Perlahan-lahan bakat anak pun akan terlihat.

2. Menyediakan tempat dan sarana bermain

cara mengasah kreativitas anak

Credit: activeforlife,.com

Setelah mengetahui apa minat dan bakatnya, cara mengasah kreativitas anak berikutnya adalah menyediakan tempat dan sarana bermain.

Jika tak memungkinkan untuk menyediakan ruangan khusus bermain anak, Anda cukup menyediakan tempat untuk anak bebas berkreasi, apakah itu di kamar anak, di ruang keluarga, ataupun di halaman belakang. 

Lalu tempatkan berbagai mainan favorit anak, playdogh, peralatan menggambar dan mewarnai, serta buku-buku yang ia sukai.

Bermain dapat menjadi media untuk mengasah kreativitas anak. Mainan tidak harus mahal ataupun baru, Anda bisa browsing untuk menemukan ide berkreasi membuat sendiri mainan anak di rumah.  

3. Memberi kebebasan bereksplorasi

Cara ketiga untuk mengasah kreativitas anak adalah memberi mereka kebebasan bereksplorasi. Biarkan anak melakukan apa yang ia mau selama itu tidak berbahaya.

Menurut penelitian, orang tua yang banyak menuntut anak akan menurunkan kreativitas mereka. Sebaliknya, saat orang tua semakin sedikit menuntut anak maka kreativitas mereka semakin tinggi. 

Berikan anak kebebasan saat berkreasi agar mereka dapat mengembangkan pola pikirnya sendiri. Orang tua sebaiknya tidak terlalu menggurui saat anak sedang berkreasi, hal ini akan mengasah kreativitas anak agar berkembang optimal.

Baca juga: 7+ Ide Kegiatan untuk Anak yang Seru Agar Tak Jenuh Selama di Rumah Saja

Terlalu banyak larangan juga dapat menghambat kreativitas anak. Jika anak melakukan sesuatu yang berbahaya, seperti bermain api, yang perlu Anda lakukan adalah memberi pengertian mengapa ia tak boleh bermain apa lalu memberi saran apa yang seharusnya ia lakukan.

Anda juga bisa mengalihkannya untuk melakukan aktivitas lain yang anak sukai dan tentunya tidak berbahaya.

4. Melatih berpikir mandiri

Melatih berpikir mandiri juga termasuk salah satu cara mengasah kreativitas anak. Biarkan anak berkreasi membuat karya yang otentik sebagaimana yang ada dalam pikiran mereka. Ini akan membuat hasil karya mereka berbeda dari orang lain.

Jangan membatasi kreativitas anak dengan memintanya meniru karya orang lain. Berikan anak kebebasan berekspresi agar kreativitas mereka meningkat.

5. Melatih pola pikir kreatif

cara mengasah pikiran positif anak

Credit: learningworksforkids.com

Pola pikir kreatif akan membuat anak tidak mudah menyerah serta mampu mengatasi masalahnya dengan cara yang unik. Saat anak menceritakan masalahnya, tanyakan bagaimana pendapat dan idenya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Anda dapat berdiskusi dengan anak mengenai pendapat dan ide yang diutarakannya. 

Dalam hal ini komunikasi antara anak dan orang tua sangatlah penting. Biasakan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing daya pikir mereka agar lebih kreatif. Biarkan anak untuk bebas berekspresi sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran mereka. 

6. Memberikan dorongan kreatif

Cara berikutnya untuk mengasah kreativitas anak adalah memberikan dorongan kreatif pada anak. Salah satunya dengan cara mengapresiasi hal kreatif yang dilakukan anak.

Hal ini akan membuat anak bersemangat untuk mengeksplorasi kreativitasnya agar lebih baik lagi. 

Tak masalah jika hal kreatif yang dilakukan anak merupakan hal yang kurang tepat. Biarkan anak belajar dari kesalahannya. Orangtua sebaiknya tidak membuat anak takut melakukan kesalahan saat berkreasi karena hal ini akan menghambat kreativitasnya. 

7. Mengajak anak membahas karyanya

mengasah kreativitas pada anak

Credit: commonsensemedia.org

Cara ketujuh dalam mengasah kreativitas anak adalah mengajaknya membahas karya yang mereka buat. Misalnya, diskusikan mengenai gambar yang ia buat.

Berikan mereka pertanyaan-pertanyaan spesifik, seperti mengapa menggunakan warna-warna tersebut, mengapa suka menggambar hal tersebut, dan lain-lain.

Baca juga: 8+ Cara Tepat Membimbing Anak Belajar di Rumah, Yuk Cobain!

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat memancing anak berpikir mengenai alasan di balik karya yang ia buat.

8. Menyeleksi akses digital

Cara mengasah kreativitas anak berikutnya yaitu menyeleksi akses digital. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini anak-anak begitu akrab dengan gadget, khususnya smartphone.

Sebagai orangtua Anda sebaiknya tidak perlu terlalu membatasi anak mengakses gadget, sebab hal ini justru akan menghambat kreativitas anak. Yang perlu Anda lakukan adalah menyeleksi askes digital mereka. 

Anda perlu mengetahui hal apa saja yang diakses mereka di smartphone. Arahkan mereka untuk mengakses aplikasi-aplikasi positif yang akan mengasah kreativitas mereka. 

9. Berikan waktu bebas dari rutinitas

Memberikan waktu bebas dari rutinitas harian juga merupakan salah satu cara mengasah kreativitas anak. Anak memang memerlukan jadwal untuk makan, tidur, belajar yang teratur setiap harinya, namun di sisi lain mereka juga membutuhkan waktu bebas.

Di waktu bebas biarkan anak melakukan aktivitas apa saja yang mereka inginkan selama aktivitas tersebut bukanlah sesuatu yang negatif. 

10. Biarkan anak berimajinasi

cara mengasah kreativitas anak

Credit: humyasa.com

Imajinasi anak dapat berkembang melalui aktivitas bermain, seperti bermain peran (role play) ataupun permainan yang membebaskan anak membentuk atau membangun sesuatu sesuai dengan keinginan mereka. 

Selain itu membaca buku cerita yang ia sukai juga dapat melatih imajinasi anak. Saat imajinasi anak berkembang maka daya kreativitas mereka pun akan meningkat.

Itulah beberapa cara mengasah kreativitas anak yang dapat Anda terapkan dalam keseharian anak. Yuk, dicoba!

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top