Indo Blog Net

Menulis Yuk

Cara Mendapatkan Backlink untuk Link Building Blog yang Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink untuk Link Building Blog yang Berkualitas

Salah satu langkah penting dalam optimasi web ataupun blog–yang terkenal bernama SEO–itu adalah link building.

Apa sih link building?

Link building adalah usaha untuk “memasukkan” tautan blog kita di blog, web, ataupun media lain secara online, dengan mengarahkan tautan tersebut ke URL blog kita dengan berbagai keyword.

Nah, tak seperti pengertiannya yang sepintas lalu terlihat sederhana, link building ini sebenarnya cukup rumit dan time consuming sih (ya, seenggaknya buat saya sih 😀 hehehe). Sepele mungkin karena ah, asal komen aja di sebanyak-banyaknya blog saat blogwalking, ntar juga banyak backlink yang kita dapat.

Tapi bukan di situ poin paling pentingnya. Saya lebih melihat ke soal, bagaimana caranya kita memperoleh tautan balik, atau backlink, yang berkualitas. Misalnya, dikasih tautan karena menjadi referensi. Nah, ini kualitasnya jauh lebih baik ketimbang sekadar ngasih link di komen.

Karena mau tak mau, semakin ke sini, si Mbah Google ini semakin concern soal kualitas. Kualitas apa pun deh.

Kenapa sih tautan atau backlink ini penting banget buat blog kita? Semacam lagi pemilihan RT dengan voting, makin banyak yang memilih, bisa dianggap bahwa kita semakin dipercaya sama orang untuk mampu menjadi ketua RT, misalnya. Nah, demikian juga dengan backlink atau tautan.

Terus, dari mana saja kita bisa mendapatkan backlink ini?

Saya melihat, seenggaknya, ada 9 tempat kita bisa menanamkan backlink dalam usaha untuk link building

5 Langkah Membuat Media Kit yang Menarique untuk Bloger

1. Komen blog

Yang satu ini saya yakin deh, pasti semua juga sudah tahu caranya. Jadi, masih mesti dijelaskan? Hahaha.

Saran saya sih, karena kita bakalan meninggalkan tautan ke blog kita dalam komen, maka sebaiknya berkomentarlah yang baik-baik saja, sebisa mungkin ya yang bermutu. Sebisa mungkin jangan terlihat seperti spam bot, yang cuma bisa nulis “nice article”.

Ini berat lo, pertanggungjawabannya. Sama branding diri sendiri nih. Jadi, jangan anggap remeh komentar yah 😀

2. Profile

Kalau kita signup di media-media online mana saja, berupa apa saja, biasanya disediakan tautan website. Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan membiarkannya kosong saja.

Taruhlah URL blog kita pada tempatnya.

Beberapa profil online yang bisa dikasih tautan ke blog antara lain Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan sebagainya.

Oh iya, sudah signup di Quora Indonesia belum? Di sana kita juga bisa memberikan tautan ke blog di profil lo.

3. Forum Q & A

Nah, bicara soal Quora, ini adalah tempat yang berpotensi untuk dijadikan ladang tautan yang cukup berkualitas. Misalnya saja di Quora Indonesia.

Teman-teman bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkualitas di sana, lalu kalau ada peluang taruh deh tautan menuju blog. Tentunya mesti yang relevan dengan pertanyaannya juga ya.

Tetap jaga supaya jangan spamming.

4. Postingan di Media Sosial

Nah, sepertinya yang satu ini juga sudah sering dilakukan oleh teman-teman bloger nih, yaitu membagikan artikelnya di media-media sosial milik masing-masing. Mulai dari Twitter, Facebook, di Instagram juga (kalau yang udah punya follower 10K++, bisa langsung kasih link di Instagram Story juga), LinkedIn, dan sebagainya.

Postingan di media sosial memang yang paling “hidup” sih ya? Link-nya bakalan tetap ada, dan berpeluang besar mendatangkan traffic langsung.

Apalagi kalau terus yang membagikan itu nggak cuma kita sendiri, alias konten atau artikel kita viral. Wuh, bisa eksis di laman media sosial orang lain itu rasanya warbiyasak loh. Hahaha 😆

5. Ebook

Salah satu cara mendapatkan backlink yang lain adalah dengan ebook. Nah, ini saya juga sedang working on it nih. Beberapa kali bikin ebook untuk kelas menulis dan kelas blogging, saya jadi bisa menyertakan tautan langsung ke blog saya lo. Mayan bangetlah untuk nambah eksis blog. Hihihi.

Jadi, barangkali bisa dipertimbangkan oleh teman-teman deh ya. Ebook itu kan bisa macam-macam. Misalnya nih, teman-teman yang suka posting resep masakan di blog. Itu bisa banget lo, resepnya dikumpulin dan dijadikan ebook.

Coba bagi per beberapa kategori, seperti berdasarkan bahan, berdasarkan jenis makanan, dan sebagainya. Contohnya nih, ada resep memasak seafood di ebook, lalu di blog teman-teman ada artikel tip memilih seafood, nah ini bisa ditautkan lo.

Mayan kan?

6. Guest blogging

Guest blogging ini juga salah satu cara link building yang saya percaya cukup efektif juga. Bahkan saya percaya banget, tautan yang berasal dari guest blogging ini cukup berkualitas. Apalagi kalau web atau blog tempat publish-nya memang punya score E.A.T tinggi. Atau angka DA/PA yang bagus.

Wah, ngalah-ngalahin tempat link building yang lain sepertinya ya. CMIIW.

Jadi, yuk, kita saling guest blogging. Nggak ada ruginya sama sekali kok. Malah, pengalaman nih, kalau saya guest blogging, saya jadi nambah kenalan dan audience baru lo. Itu terjadi setiap kali, bahkan.

Lebih efektif ketimbang “cuma” komen, menurut saya malahan. Karena ya, jarang sih ada yang mau skrol dan kepo dengan komen di zaman sekarang. Kalau dulu sih kita masih bisa nambah kenalan dari komen. Sekarang sudah jarang.

7. Google My Business

Nah, siapa belum punya Google My Business? Kalau ada yang belum punya, segera deh, klaim.

Konon, di algoritme Google yang terbaru, Google My Business ini akan sangat menentukan lo. Apalagi kalau kita memang punya bisnis offline. Harus banget diklaim laman Google My Business-nya.

Saya, sebagai freelancer dan penulis konten, juga udah klaim meski bisnis saya apalah-apalah kayak gini. Gaya banget deh rasanya, habis bisa klaim “Penulis Konten Web dan Media Sosial” 😆 Padahal ya mah … gitu deh 😆 *nggak jelas banget si Mamak mah* Yang penting, udah klaim.

PR berikutnya, isi deh dengan beberapa artikel di blog. Lebih sering! Karena saya sampai sekarang masih suka kelupaan melulu 😆 Jangan ditiru yah. Iya.

Yuk, yang belum ngeklaim GMB-nya, buruan. Sebelum diambil orang 😀

8. Email

Email juga bisa menjadi tempat yang oke untuk menaruh tautan blog. Baik di Gmail, Yahoo, atau penyedia jasa surat elektronik lainnya pasti memfasilitasi hal ini.

Kita bisa membuat signature yang oke, meliputi salam dan nama kita, lalu diikuti dengan tautan blog. Meski mungkin tak langsung mendatangkan visitor, tapi lumayan untuk memperkuat branding.

Jadi, yang belum menyertakan signature di email masing-masing, hayuk, segera buat hari ini ya.

9. Bikin desain visual

Nah, tempat terakhir yang lumayan buanget untuk menaruh tautan link ke blog kita adalah kalau kita suka bikin template blog.

Sering kan lihat ya, kalau kita skrol ke bawah di template blog yang kita pakai itu ada link menuju si pembuatnya. Ya itu dia tuh. Tautan yang letaknya di bawah, enggak terlalu keliatan, nggak genggeus alias mengganggu pemandangan, tapi bakalan ada sampai blognya hilang 😆 Itu lumayuan buanget tuh!

So, buat yang suka bikin desain template blog, jangan lupa sertakan kreditnya berupa tautan yah.

Desain visual lain yang bisa kita “sisipi” tautan adalah infografis. Misalnya, bikinlah infografis howto (yang biasanya sangat laris dishare sana-sini). Lalu persilakan yang merasa bermanfaat untuk ngeshare atau membebaskan orang untuk memakai infografis kita itu, dengan *pastinya* memberikan kredit pada kita sebagai pembuatnya. Mintalah untuk ditautkan ke blog. Nah, oke kan?

Atau mungkin teman-teman coba mau berkontribusi ke situs Infographics Archive ini? Keren banget lo, kalau bisa 🙂 Dapat backlink dari situs tersebut kan keren banget tuh.

Hal yang sama juga bisa kita lakukan dengan stok foto. Kita bisa menaruh foto-foto hasil jepretan kita di beberapa lapak penyedia photo stocks, lalu minta pada yang memakai untuk memberikan kredit.

Nah, banyak kan cara untuk mendapatkan backlink–alias tautan balik–berkualitas dalam rangka link building untuk blog? Ada cara yang belum dilakukan? Kalau ada, hayuk, segera lakukan demi performa blog yang semakin meningkat.

Ada cara lain yang belum saya sebutkan nggak? Kalau ada, boleh dishare di komen ya, biar jadi tambahan 🙂

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yuk saling menguatkan antar blogger untuk kehidupan yang lebih baik.

#BloggerMenjagaIndonesia

#MBCommunication #Indoblognet #PontianakCreative #4SEO #komunitasbloggerpontianak #kopdarseowebmaster

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top