Indo Blog Net

Bisnis

6 Cara Mudah dan Tepat Memulai Investasi Emas bagi Pemula

cara memulai investasi emas

Salah satu cara pintar untuk mengelola uang yang Anda miliki salah satunya adalah dengan investasi. Investasi dapat memberikan keuntungan materi bagi Anda tanpa harus bekerja keras layaknya sebuah bisnis pada umumnya. Dan investasi emas merupakan jenis investasi yang saat ini sedang populer. Anda ingin tahu bagaimana cara memulai investasi emas bagi pemula? 

Tunggu dulu, sebelum mengetahui bagaimana cara memulai investasi emas, Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan dari investasi emas ini. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Keuntungan Investasi Emas yang Penting untuk Anda Ketahui 

Meski terdapat berbagai jenis investasi lainnya, seperti deposito, reksadana, hingga investasi saham, namun banyak yang beranggapan bahwa investasi emas ini menawarkan lebih banyak keunggulan.

Berikut beberapa keuntungan dari investasi emas:

  • Tahan terhadap inflasi

cInflasi merupakan penurunan nilai uang terhadap nilai barang dan jasa secara umum. Emas tahan terhadap laju inflasi yang meningkat dari tahun ke tahun. 

Jadi saat nilai mata uang turun, nilai emas tetap terjaga, bahkan nilainya cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu. Maka tak heran jika banyak para investor yang banyak beralih ke investasi emas terutama saat terjadi inflasi. 

  • Bisa dijadikan dana darurat

Keuntungan investasi emas selain tahan terhadap laju inflasi adalah bisa dijadikan sebagai dana darurat. Emas dapat disetarakan dengan uang tunai karena mudah untuk dicairkan.

Jadi saat Anda mempunyai kebutuhan mendesak, Anda bisa dengan mudah mencairkan/menjualnya. 

Apalagi mengingat harganya yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun, maka Anda tidak akan rugi saat menjualnya. Bahkan Anda akan memperoleh keuntungan jika harga jual lebih besar dari harga beli. 

  • Nilai emas cenderung stabil

Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, emas mempunyai volatilitas yang lebih rendah, artinya harganya tidak cepat berubah dalam waktu singkat. Harga emas tidak tiba-tiba naik tinggi dalam waktu cepat dan juga tidak turun dalam waktu yang singkat pula. 

  • Menghasilkan keuntungan yang menarik

Tentu saja sebab harga emas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun akan menghasilkan keuntungan bagi Anda yang menabung/investasi emas. 

Semakin lama jangka waktu Anda berinvestasi maka semakin besar peluang mendapat keuntungan yang lebih besar. Sebab harga jual emas akan semakin besar dibanding harga saat Anda membeli emas tersebut. 

  • Risikonya terbilang minim

Bagi Anda yang masih pemula soal investasi, tentunya menginginkan jenis investasi yang paling aman. Nah, investasi emas ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda.

Emas bisa disimpan dalam jangka waktu lama tanpa rusak, sehingga kualitas dan nilainya tidak menurun. 

Dibandingkan jenis investasi saham, risiko investasi emas jauh lebih aman. Sebab harga emas cenderung stabil karena permintaan serta penawaran emas di pasaran yang juga stabil. Di samping itu, investasi emas juga tidak terdampak dari adanya inflasi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian saat terjadinya inflasi. 

Cara Mudah Memulai Investasi Emas bagi Pemula

Di masa pandemi virus Corona ini tentunya Anda harus lebih pintar mengelola keuangan Anda, bukan?

Yuk, mulai investasi emas! Tak hanya memberikan keuntungan materi, investasi emas juga dapat menjadi tabungan bagi Anda. Berikut ini akan diulas berbagai cara mudah dan tepat memulai investasi emas bagi pemula. 

1. Tetapkan tujuan investasi emas

Anda harus mengetahui apa tujuan Anda melakukan investasi emas ini. Apakah untuk tabungan membeli rumah, ibadah haji, pendidikan, maupun tabungan di hari tua kelak. 

Dengan mengetahui apa tujuan Anda melakukan investasi emas, Anda akan lebih mudah menentukan berapa banyak emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya.

Setelah itu Anda dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulannya untuk investasi emas tersebut. 

2. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Sebelum Anda memulai investasi, pastikan bahwa Anda memang mempunyai dana lebih dari penghasilan setiap bulannya yang dapat dialokasikan untuk investasi emas. Jangan sampai Anda mengorbankan kebutuhan pokok Anda atau bahkan berutang demi investasi emas. 

Dan jika Anda memiliki dana lebih dari penghasilan yang dapat dialokasikan untuk investasi emas, sesuaikan besarnya/nilai investasi emas dengan kemampuan Anda. Investasi tidak selalu harus besar, yang terpenting adalah sesuai dengan kemampuan sehingga Anda dapat menjalankan investasi dengan nyaman.

Baca juga: Memilih KTA yang Terpercaya untuk Modal Usaha di Masa Pandemi

3. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Hal ini penting untuk menentukan waktu yang tepat membeli maupun menjual emas sehingga Anda memperoleh keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah saat harganya turun, sedangkan waktu yang tepat untuk menjual emas yaitu ketika harganya naik. 

Tidak sulit kok untuk memantau perkembangan harga emas. Anda dapat melihatnya melalui situs-situs internet yang menampilkan perkembangan harga emas atau bisa juga melalui aplikasi di smartphone Anda. 

4. Pilih bentuk emas logam mulia

cara memulai investasi emas

Credit: livescience.com

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memilih bentuk emas yang paling tepat untuk investasi. Logam mulia merupakan pilihan yang paling tepat untuk investasi. 

Logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok digunakan sebagai investasi dibandingkan emas bentuk perhiasan. Sebab logam mulia mempunyai harga jual yang lebih tinggi dari emas perhiasan. 

5. Beli emas di tempat yang terpercaya

Sebenarnya ada banyak pilihan tempat yang menjual logam mulia untuk investasi, namun pastikan Anda membeli di tempat penjualan yang resmi dan terpercaya. 

Saat Anda membeli logam mulia, Anda harus memperoleh surat-surat dan sertifikatnya, sebab ada juga penjual yang tanpa menyertakan sertifikat. Salah satu tempat membeli emas logam mulia yang terpercaya adalah PT. ANTAM. 

6. Simpan di tempat yang aman

cara memulai investasi emas

Credit: cnbc.com

Cara memulai investasi emas bagi pemula yang terakhir adalah simpan di tempat yang aman. Anda dapat menyimpannya sendiri di rumah dengan memasukkannya ke dalam brankas.

Tapi jika ingin yang lebih aman, Anda dapat menyimpannya di Safe Deposit Box yang ada di bank. Safe Deposit Box ini bisa juga sekalian untuk menyimpan surat-surat berharga Anda lainnya, seperti sertifikat tanah/rumah. 

Demikian beberapa cara memulai investasi emas bagi pemula. Bagaimana, Anda tertarik? Anda juga bisa melakukan investasi emas di bank-bank syariah terdekat. Selamat berinvestasi, ya! Semoga sukses 🙂

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top