blog

Cara Mempercepat Loading Blog

Begini Cara Mempercepat Waktu Loading Blog

Salah satu hal yang sama sekali tidak boleh diabaikan jika kita ingin blog kita tampil bagus–baik di mata Google maupun bagi para pengunjung–adalah mempercepat waktu loading blog.

Pernah nih ada kasus. Situs Walmart suatu saat waktu loading situsnya mengalami kelambatan, dari 1 detik menjadi 4 detik. Dan ternyata langsung berpengaruh pada tingkat konversi situs belanja tersebut. Data menyebutkan, bahwa setiap 1 detik penurunan waktu loading, konversi pun menurun 2%.

Well, itu Walmart sih. Mereka kan mengurusi hajat hidup orang banyak. Maka itungan 1 detik pun bisa mengurangi konversi sebegitu banyak. Ibaratnya, telat buka toko, pembeli ya langsung ngacir ke toko sebelah.

Kalau kita gimana nih? Pengaruh apa yang bisa kita rasakan kalau waktu loading blog kita lambat? Ya, sama saja sih, yaitu pengunjung blog sebel dan pergi sebelum blog bisa terakses dengan sempurna. Akibatnya apa? Bounce Rate naik, lalu memengaruhi pula kemunculan blog kita di Google. Akibatnya lagi apa? Ya, makin jaranglah pengunjung yang datang dari Google.

Memang efek domino banget sih ini persoalan waktu loading blog ini. Makanya, jangan diremehkan deh. Tahu-tahu aja ntar jadi gede masalahnya.

So, sudah pada mencoba untuk mengukur waktu loading blog masing-masing belum? Belum? Coba yuk, dilihat ya. Pakai Pingdom, langsung kopaskan saja URL blog teman-teman di tempatnya. Lalu klik Start Test.

Nah, kalau menurut Babang Neil Patel, untuk ukuran blog pribadi atau personal, performance grade 50 ke atas, itu sudah ok. Kecuali kalau situs yang menyangkut hajat hidup orang banyak kayak Walmart itu, nah, itu mesti 90 grade-nya. Terus perhatikan load time. Bang Neil sih bilang seharusnya 2 detik saja, jangan kebanyakan.

Widih, ternyata pada lebih ya? Hehehe. Nah, coba deh sekarang ayo kita lihat satu per satu, apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa memperbaiki grade dan menurunkan waktu loading blog.

5 Hal yang bisa kita lakukan untuk menurunkan waktu loading blog

 

5 Tip Menulis Blog Secara Konsisten Sampai Sukses

1. Kompres ukuran file image

Hal pertama yang bisa kita usahakan adalah dengan mengompres ukuran file image, tanpa mengurangi resolusinya.

Caranya gimana? Teman-teman bisa memanfaatkan TinyPNG. TinyPNG bisa mengompres file image, tanpa membuat gambarnya pecah atau berkurang kualitasnya. Jadi, diupload lebih ringan (karena ukuran filenya lebih kecil)–pastinya juga akan menghemat kuota kita. Hehehe.–diakses pun lebih cepat, karena image-nya tak butuh lama rendering-nya.

Jadi, kapan pun akan memasukkan image ke dalam artikel, jangan lupa kompres dulu dengan TinyPNG ya.

2. Hindari penggunaan animasi

Salah satu hal yang bisa memberatkan waktu loading blog adalah animasi. Animasi di sini tak hanya yang berbentuk animasi flash nan ciamik yang sering kita lihat di situs-situs besar itu ya. Elemen sidebar kecil yang ada animasinya pun bisa memberatkan.

Misalnya saja, animasi pada kursor blog. Kadang kan ada ya, yang kursornya dikasih ekor yang bisa bergerak-gerak, atau dikasih bintang-bintang yang berkedip? Iya, memang tampaknya lucu ya? Tapi yang kayak gitu ternyata bisa menambah waktu loading blog lo.

Atau, yang pasang banner gif dengan animasi, atau mungkin pasang player musik?

Lebih baik, kurangi hal-hal yang tak begitu penting ini dari blog, jika memang teman-teman berniat untuk pengin ngeblog secara profesional.

3. Hindari upload video langsung

Jika teman-teman ingin menambahkan konten video ke dalam artikel blog, akan lebih baik jika videonya diunggah saja ke Youtube atau penyedia hosting video yang lain. Ada Vimeo juga, yang sepertinya juga cukup populer.

Mengunggah video langsung ke blog kita akan bisa sangat memberatkan waktu loading. Jadi, lebih baik taruh videonya di Youtube, baru deh di-embed.

4. Gunakan template minimalis

Kalau tip yang keempat ini sebenarnya sudah cukup logis sih. Desain template blog yang minimalis dan clean pasti tidak akan terlalu banyak pernak-pernik, dan juga mungkin hanya sedikit saja elemen gambar. Makanya akan lebih mudah diakses dan lebih cepat.

Jadi, akan lebih baik template yang teman-teman gunakan di blog adalah template yang minimalis ya, selain tentunya harus responsif dan SEO friendly.

5. Khusus WP self hosted: gunakan plugins yang tepat

Nah, khusus bagi teman-teman yang ngeblog dengan menggunakan platform self-hosted WordPress, teman-teman bisa meminta “bantuan” juga pada beberapa plugins yang bisa memperingan waktu loading blog.

Beberapa plugins yang direkomendasikan adalah:

  • Lazy Load. Saat pembaca datang ke blog kita, maka semua elemen dalam laman virtual kita akan terakses secara bersamaan. Ini nggak akan jadi masalah kalau laman virtual kita hanya berisi huruf dan angka doang. Akan jadi masalah besar kalau kita juga menaruh banyak image di laman yang sama. Sudah pasti akan melambat deh. Nah, plugins Lazy Load ini bisa jadi solusi, karena ia akan ngerender image saat sudah harus muncul di jendela pembaca. Kalau imagenya belum discroll untuk diperlihatkan ya nggak akan ke-render. Salah satu plugins Lazy Load yang direkomendasikan adalah BJ Lazy Load.
  • Plugins cache. Semakin besar traffic yang masuk ke dalam blog kita, maka akan menambah lambat waktu loading blog juga. Plugins cache bisa membantu, karena ia akan membuat dan menyimpan HTML halaman statik yang akan lebih mudah ter-load saat ada pembaca yang datang meski barengan. Salah satu plugins cache yang bagus adalah WP Fastest Cache.

Selain menginstal beberapa plugins di atas, teman-teman juga sebaiknya memperhatikan apakah ada plugins yang tidak terlalu optimal dipergunakan tapi terinstal? Kalau ada, sebaiknya uninstal saja, karena plugins yang terlalu banyak juga bisa memberatkan blog.

Atau, ada beberapa plugins terpisah yang sebenarnya bisa digantikan oleh satu plugins yang lebih multifungsi? Jika ada plugins yang seperti ini, sebaiknya ganti saja dengan satu plugins yang multifungsi. Dua atau tiga plugins bisa tergantikan oleh 1 plugins tentunya akan jauh memperingan.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempercepat waktu loading blog, agar pembaca suka dan betah tinggal berlama-lama membaca artikel-artikel kita.

Semoga bermanfaat ya.

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me

Latest posts by CarolinaRatri (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top