Blogging

Ini Dia Caranya untuk Bikin Blogmu Jadi Mobile Friendly

Hadirnya handphone dan teman-temannya membuat kehidupan manusia semakin mudah. Dulu mengirim uang menggunakan pos wesel, kini cukup memanfaatkan fitur yang terdapat di telepon seluler. Saya bahkan sempat heran ketika seorang sahabat mengaku belum mempunyai PC sehingga ngeblognya menggunakan handphone. Bukan dari segi tehnisnya yang saya herankan tetapi apakah tidak capai mata dan tangannya. Setidaknya ada dua blogger yang memanfaatkan HP untuk menulis artikel di blognya.

Kini saya mengikuti jejak mereka. Bukan menulis artikel dengan menggunakan handphone dan sebangsanya. Saya hanya memanfaatkan tablet untuk mengunjungi blog sahabat dan menuliskan komentar. Ini saya lakukan jika saya sedang tidak berada di depan laptop. Saat di stasiun kereta api, ruang tunggu dokter, klinik, rumah sakit, dalam bus, kereta api, dan tempat-tempat lainnya. Ketika saya sudah masuk kamar tidur dan menonton siaran televisi kadang juga saya selingi berkunjung ke blog dengan menggunakan tablet.

Ketika saya melaksanakan kegiatan blogwalking (berkunjung ke blog sahabat) sering mata saya agak sepet. Tampilan blog dan artikelnya tampak kurang jelas di tablet saya. Tulisan kelihatan kecil-kecil sehingga keterbacaannya kurang bagus. Akhirnya saya terpaksa meninggalkan blog tersebut dan pindah ke blog lain. Blog yang kurang bagus keterbacaannya di tablet atau di mobile phone inilah yang lazim disebut blog yang tidak mobile friendly.

Syokurlah saat ini masih banyak blog yang bagus jika dilihat dari tab atau smartphone. Ukuran font tampak besar sehingga artikelnya mudah dibaca di tablet yang saya gunakan. Saya pun dengan senang hati menuliskan komentar tentang apa yang dibahas dalam postingan tersebut.

Blog yang mobile friendly sudah menjadi kebutuhan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pengguna gadget. Ketika naik kereta api saya juga main gadget. Di ruang tunggu bandara, stasiun, pelabuhan, atau di rumah makan juga bergaget ria. Gadget terlihat di mana-mana, di kota maupun di desa. Jika tak sedang berada di depan komputer atau laptop maka blogwalking, mencari informasi apapun dilakukan dengan handphone, smartphone, atau tablet. Beruntunglah sahabat jika blog sudah mobile friendly.

Jika blog sahabat masih belum mobile friendly maka dianjurkan untuk segera membenahinya. Seperti saya uraikan di muka bahwa saat ini banyak blogger maupun non blogger yang gemar memanfaatkan gadget. Main di media sosial juga pakai gadget. Oleh karena itu blogger selayaknya juga memanjakan pengunjung agar blog dapat dibaca dengan menggunakan mobile phone. Ini tentu juga untuk keuntungan pemilik blog agar tak ditinggalkan oleh pengunjung. Terlebih bagi pemilik onlibe store. Jika toko online sudah mobile friendly tentu disukai pengunjung.

Berikut saya sampaikan tips cara menjadikan blog menjadi mobile friendly. Tip tentang cara melakukan pengubahan blog agar mobile friendly saya bagi menjadi 3 yaitu untuk pengguna Blogspot, pengguna WordPress.com, dan pengguna self hosted WordPress blog.

Silakan menyimak tips di bawah ini langkah demi langkah.

I. Pengguna Blogspot

1. Silakan masuk ke dashboard blog. Template yang sedang digunakan tampak di sebelah menu. Klik gambar roda gigi pada template yang ada tulisan Mobile di atasnya.

Membuat blog mobile friendly

 

2. Muncul pop-up. Centang lingkaran kecil bertuliskan: Yes, show mobile template on mobile devices. Lanjutkan dengan menekan tombol Save untuk menyimpan perubahan yang baru saja sahabat lakukan.

 

Cara mengubah blog mobile friendly

 

3. Pengubahan Blosgpot menjadi blog yang mobile friendly selesai. Pada bagian akhir nanti akan saya jelaskan cara menguji apakah blog sahabat sudah mobile friendly atau belum.

II. Pengguna Blog WordPress.com

1. Masuk ke dashboard blog WordPress.com sahabat.

2. Tekan tombol Mobile pada menu Tampilan atau Appearance.

3. Centang bulan kecil dekat tulisan Enable mobile theme yang bertuliskan Ya atau Yes (tergantung bahasa yang sahabat gunakan saat membangun blog)

4. Tekan tombol Perbarui untuk menyimpan perubahan.

 

Cara mengubah WP com menjadi mobile friendly

 

Selanjutnya kembali ke menu dashboard untuk setting beberapa poin.

WP com mobile friendly

 

5. Tekan tombol Tampilan. Setelah halaman baru terbuka terlihat beberapa menu yang harus di set. Centang lingkaran Yes atau Ya pada Enable mobile theme. Juga centang lingkaran kecil Ya untuk Always show post on front page. Akhiri dengan menekan tombol Perbarui untuk menyimpan perubahan.

Pengubahan blog WordPress. com agar mobile friendly selesai. Silakan diuji sesuai langkah terdahulu.

 

III. Pengguna self hosted WordPress

Bagi pengguna blog WordPress berbayar agak mudah jika akan membuatnya menjadi mobile friendly. Selain menggunakan theme/tema yang responsif juga bisa memasang plugin khusus. Tema blog yang mobile friendly dapat dicari di WordPress.org/extend/themes atau di Google.

Beberapa plugin yang mendukung mobile friendly antara lain Jetpack, WP Touch Mobile Plugin. Saya lebih senang menggunakan Jetpack plugin karena banyak fiturnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan blog sahabat mobile friendly sehingga enak dibaca dan disukai pengunjung. Saya menyarankan agar sahabat langsung mempraktekkan tip ini. Gunakan dua jendela. Satu jendela adalah artikel ini dan jendela satunya adalah blog yang akan sahabat ubah menjadi mobile friendly.

Cara menguji blog

Untuk menguji blog apakah sudah mobile friendly atau belum cukup mudah. Google sudah menyiapkan alat test. Bagi sahabat yang ingin menguji blognya silakan mengikuti langkah berikut ini. Simak juga gambar peraganya.

1. Masuklah ke Google Web Masters Tools Mobile Friendly (https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/)

2. Masukkan url artikel atau url blog ke dalam kolom yang tersedia. Dalam gambar peraga di atas saya contohkan dengan memasukkan url artikel http://www.abdulcholik.com/tips-blogging/cara-membuat-halaman-pada-blogspot

3. Tekan tombol Analyze. Tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul hasilnya. Terdapat tulisan berwarna hijau berbunyi: Awesome! This page is mobile-friendly.     Juga ada tampilan gambar blog saya pada gadget.

 

Hasil mobile friendly test

Semoga tips ini bermanfaat. Manjakan pengunjung dengan blog yang mobile friendly.

 

 

Image source: pixabay.com

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sosial profil kita di sosmed bisa jadi referensi para perekrut untuk melihat "sebaik" apa sih, kamuuu 😉 Yup, karena apa yang kamu tampilkan di sosmedmu, bisa memberi gambaran seperti apa dirimu.. .
.
.
#indoblognet #mbcommunication #sosialmedia #viral #trending #popular #socialprofiles

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top