Indo Blog Net

Tips and Trick

8+ Cara Tepat Membimbing Anak Belajar di Rumah, Yuk Cobain!

cara membimbing anak belajar di rumah

Adanya kebijakan “belajar di rumah” sejak pandemi virus Corona beberapa bulan terakhir ini bisa saja membuat motivasi belajar sebagian anak menjadi menurun. Jika biasanya anak belajar di sekolah dan bertemu langsung dengan teman-teman, lain halnya dengan metode belajar di rumah. Anak-anak belajar di rumah tanpa bertemu langsung dengan guru maupun teman-temannya.

Jika di sekolah anak menemui kesulitan mereka dapat bertanya langsung kepada guru maupun diskusi dengan teman. Sedangkan saat belajar di rumah anak tentunya didorong untuk lebih mandiri.

Nah, di sinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membimbing anak belajar di rumah agar anak mau belajar dengan semangat. 

Setiap anak pastinya membutuhkan motivasi dari orangtuanya untuk mencapai prestasi yang baik di sekolahnya. Bagaimanapun orangtua merupakan guru pertama bagi anak, itu sebabnya orangtua memiliki peran vital dalam pendidikan anak.

Khususnya saat ini dimana anak diharuskan untuk belajar di rumah selama pandemi virus Corona berlangsung.

Lalu bagaimana cara membimbing anak belajar di rumah untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar mereka? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Tepat Membimbing Anak Belajar di Rumah

Memang tak semua orangtua memiliki banyak waktu untuk membimbing anaknya belajar di rumah, terutama bagi orangtua yang bekerja. Namun sebenarnya membimbing anak bukan masalah berapa banyak waktu yang Anda luangkan, tapi sudah tepatkah cara Anda membimbing anak belajar?

Baca juga: 9 Platform Gratis yang Bisa Digunakan Anak Belajar Online di Rumah

Yuk, ikuti beberapa cara tepat membimbing anak belajar di rumah berikut ini!

1. Jalin komunikasi yang baik dengan anak

Salah satu kunci utama agar hubungan orangtua dan anak dapat berjalan baik adalah komunikasi. Biasakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Dengan cara inilah Anda bisa lebih mengenal dan memahami anak.

Jika komunikasi dengan anak sudah berjalan baik, Anda akan lebih mudah untuk membimbing anak belajar. Melalui komunikasi yang baik, Anda dapat memberikan pemahaman kepada anak mengenai manfaat serta pentingnya belajar agar ia tumbuh menjadi pribadi yang pandai dan mandiri. 

2. Sediakan waktu khusus

cara membimbing anak belajar di rumah

Credit: openschools.eu

Cara kedua dalam membimbing anak belajar di rumah adalah menyediakan waktu khusus untuk anak. Luangkan waktu khusus untuk membimbing anak belajar. Misalnya Anda meluangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk menemani anak belajar dan membimbingnya saat ia menemui kesulitan dalam memahami materi pembelajaran atau mengerjakan tugas. 

Dengan begitu anak akan merasa lebih diperhatikan oleh orangtuanya. Sebisa mungkin Anda benar-benar hadir sepenuhnya saat sedang menemani atau membimbing anak belajar.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak Agar Tak Kecanduan

Matikan handphone Anda sejenak dan fokuslah pada anak. 

3. Berikan dukungan pada anak

Dukungan orangtua sangat berarti bagi seorang anak dalam mencapai prestasi serta cita-citanya. Dalam proses mencapai cita-cita, tentunya anak membutuhkan bimbingan untuk belajar. Saat Anda membimbing anak belajar, berikan dukungan penuh pada anak agar mereka selalu semangat.

Anak yang mendapatkan dukungan dari orangtuanya akan lebih termotivasi untuk mencapai cita-citanya. 

4. Mengenali minat anak

Mengenali minat anak merupakan salah satu cara membimbing anak dalam belajar. Kenali dan diskusikan mengenai hal-hal apa saja yang diminati anak. Tentunya dari sekian mata pelajaran di sekolahnya, tidak semuanya harus disukai anak. Biasanya ada satu atau dua materi yang menjadi minat anak. 

Belajar mengenai materi yang anak minati tentunya akan membuat anak lebih semangat. Sebaliknya, saat belajar materi yang tidak anak sukai mereka bisa saja merasa malas atau kurang semangat. Nah, disinilah Anda sebagai orangtua harus pandai menyesuaikan.

Anda perlu memberikan bimbingan lebih pada anak saat belajar mengenai materi yang tidak diminati sehingga mereka bisa tetap semangat dan mau belajar. 

5. Mengenali gaya belajar anak

Cara selanjutnya dalam membimbing anak belajar di rumah yaitu dengan mengenali gaya belajar anak. Gaya belajar setiap anak itu berbeda satu dengan lainnya.

Ada anak yang lebih suka belajar melalui media visual, ada yang lebih suka belajar melalui audio, atau ada juga yang lebih suka belajar dengan cara praktek. 

Dengan mengetahui gaya belajar anak, Anda dapat lebih optimal dalam membimbing anak. Sebab Anda bisa menyesuaikan dengan gaya belajar yang mudah diterima anak. 

6. Bantu anak atasi kesulitan dalam belajar

Coba tanyakan pada anak apakah ia mempunyai kesulitan dalam belajar, khususnya selama belajar di rumah di masa pandemi virus Corona ini.

Kesulitan yang dialami dapat membuat anak tak semangat dalam belajar dan akhirnya menghambat proses pembelajaran. Jadi berusahalah untuk mendiskusikan hal ini dengan anak dan ajak ia mencari solusi untuk mengatasi kesulitannya. 

7. Sediakan fasilitas dan sarana anak belajar

Agar kegiatan belajar di rumah lancar, Anda juga perlu menyediakan fasilitas dan sarana untuk menunjang kegiatan belajar mereka. Dengan adanya fasilitas dan sarana yang memadai, Anak akan lebih semangat belajar dan memudahkan Anda dalam membimbing mereka belajar.

Fasilitas dan sarana ini diantaranya, buku-buku, alat tulis, koneksi internet, hingga ruang belajar. 

8. Buat variasi dalam belajar

Cara berikutnya untuk mempermudah Anda membimbing anak belajar di rumah adalah dengan membuat variasi dalam belajar. Kegiatan belajar di rumah tentu akan jadi lebih menyenangkan jika media belajarnya bervariasi.

Misalnya, saat anak bosan membaca Anda bisa mengajaknya menonton video mengenai materi yang sedang ia pelajari. 

Bisa juga dengan sesekali melakukan kegiatan belajar dengan cara mempraktekkannya. Anda bisa melihat video tutorial di YouTube mengenai materi pembelajaran yang bisa dipraktekkan dengan mudah di rumah. Kegiatan belajar yang bervariasi ini akan membuat anak lebih semangat dan terhindar dari rasa bosan. 

9. Buat suasana rumah nyaman untuk belajar

Suasana rumah yang nyaman untuk belajar akan membuat anak lebih fokus. Saat anak memiliki fokus yang baik mereka pun akan lebih mudah menyerap dan memahami materi pembelajaran. Suasana rumah yang nyaman juga termasuk ketenangan dalam keluarga.

Saat orangtua bertengkar misalnya, tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan rumah.

10. Berikan teladan yang baik 

Salah satu cara membimbing anak belajar di rumah juga tak terlepas dari adanya keteladanan orangtua. Anak akan melihat dan kemudian mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

Jadi, jika Anda ingin anak rajin belajar dan semangat mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, Anda juga bisa memberikan teladan mengenai hal tersebut.

Yaitu dengan menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan, semangat bekerja, suka membaca, dan lain-lain.

Anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak bermanfaat seperti bermain game terus menerus, malas bangun pagi, ataupun menonton TV hingga larut malam. 

11. Berikan apresiasi

apresiasi anak belajar di rumah

Credit: today.com

Cara terakhir dalam membimbing anak belajar di rumah agar mereka selalu semangat adalah dengan memberikan apresiasi pada keberhasilan mereka. Apresiasi ini tak selalu berupa hadiah saja, lho. Bentuk apresiasi paling sederhana dan mudah yang dapat Anda lakukan yaitu pujian, pelukan, maupun ciuman sayang. 

Apresiasi berupa hadiah istimewa bisa Anda berikan pada anak saat ia berhasil mendapatkan nilai yang bagus ataupun sebuah prestasi.

Sedangkan pujian dan pelukan bisa Anda berikan kapanpun, misalnya saat anak selesai belajar atau mengerjakan tugas sekolahnya. Apresiasi ini akan membuat anak lebih semangat dalam belajar. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat membimbing anak belajar di rumah agar mereka selalu semangat 😊

 

Credit photo: foxnews.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top