Indo Blog Net

Tips and Trick

5 Cara Tepat Membersihkan Tableware Enamel yang Sekarang Lagi Tren

cara membersihkan tableware enamel

Peralatan makan dan minum (tableware) berbahan enamel sebenarnya telah ada sejak zaman dahulu, namun belakangan mulai tren kembali. Tak heran sebab tableware enamel ini memang memiliki tampilan yang unik dan trendy, pastinya bisa membuat acara makan jadi lebih seru, nih. 

Tableware enamel ini dilapisi bahan cat mengkilap sehingga lebih kuat dan tak mudah berkarat. Ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri dari tableware enamel. Tampilan yang mengkilap dengan warna-warna menarik tentunya membuat Anda tak bosan melihatnya. 

Tapi jangan khawatir sebab cat yang digunakan bersifat non toxic sehingga aman digunakan untuk tableware. Tableware enamel ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari piring, gelas, mangkuk, wadah sayur, dan lain-lain. Bukan hanya tersedia untuk tableware saja, kitchenware (peralatan masak) juga banyak yang menggunakan enamel.

Baca juga: 5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan, Jangan Salah Pilih Ya!

Selain itu cara merawat tableware enamel ini juga sangat mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sudah memiliki peralatan makan ini di rumah.

Buat Anda yang menggemari tableware enamel, yuk simak ulasan lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan tableware enamel. Serta beberapa cara membersihkan tableware enamel secara tepat agar tetap cantik dan awet. 

Kelebihan Tableware Enamel

Memang gak salah deh kalau Anda menyukai dan menggunakan berbagai tableware enamel, sebab ada banyak kelebihannya dibandingkan tableware bahan lainnya.

Selain itu tampilannya yang unik dan mengkilap ini membuatnya cocok dijadikan koleksi. Berikut beberapa kelebihan tableware enamel yang perlu Anda ketahui.

cara membersihkan tableware enamel

Credit: dlcountrybarn.com

  • Tableware enamel memiliki kelebihan anti lengket sehingga noda atau sisa-sisa makanan tidak terlalu menempel pada tableware. Lapisan cat mengkilap pada tableware enamel ini juga menjadikannya lebih mudah dibersihkan. 
  • Daya tahan yang kuat dan kokoh juga menjadi salah satu kelebihan tableware enamel. Tentunya Anda jadi lebih berhemat karena tidak perlu sering-sering mengganti tableware yang rusak.
  • Tableware enamel termasuk salah satu jenis tableware yang aman untuk kesehatan sebab cat pelapis yang digunakan bersifat non toxic (tidak mengandung bahan beracun). Cat pelapis ini juga tidak mudah terkelupas sehingga tidak akan memberi efek buruk pada makanan.
  • Kelebihan lainnya dari tableware enamel adalah tidak mudah berkarat dan tergores sehingga terjaga keindahannya meski digunakan selama bertahun-tahun.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain yang menarik sehingga dapat dijadikan penghias ruang makan maupun koleksi.
  • Tableware enamel juga mempunyai kelebihan tahan terhadap suhu panas yang tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya untuk makanan atau minuman yang sangat panas (baru saja mendidih).
  • Tableware enamel ini aman untuk Anda gunakan menghangatkan makanan di microwave.

Kekurangan Tableware Enamel

Meski memiliki banyak kelebihan, tableware enamel ini pastinya juga punya kekurangan bukan? Tapi tenang saja karena kelebihannya jauh lebih banyak dibanding kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan tableware enamel yang penting untuk diketahui.

cara membersihkan tableware enamel

Credit: bigw.com.au

  • Sebisa mungkin jangan sampai tableware enamel terjatuh dan menyebabkan lapisan enamel-nya terkelupas. Sebab saat lapisan enamel ini terkelupas, karat akan dengan mudah terjadi. Ini merupakan kekurangan tableware enamel yang pertama. 
  • Tableware enamel mempunyai permukaan yang sangat halus tanpa gerigi, hal ini menyebabkan tableware jadi lebih mudah tergelincir jika diletakkan di tempat yang licin, misalnya meja kaca. 
  • Kekurangan tableware enamel selanjutnya adalah memiliki bobot yang lebih berat dibanding tableware jenis lainnya. 
  • Jika cara membersihkannya tidak tepat maka tableware enamel bisa menyisakan noda yang sulit dihilangkan seperti teh atau kunyit. 

Nah, demikianlah beberapa kelebihanpeqdan kekurangan tableware enamel. Tentunya Anda ingin tableware enamel Anda selalu tampak baru dan awet, kan? Hal ini tak terlepas dari cara membersihkannya.

5 Cara Tepat Membersihkan Tableware Enamel yang Sekarang Lagi Tren

Meskipun sekilas tampak serupa, nyatanya cara membersihkan berbagai tableware itu berbeda-beda, lho. Anda perlu menyesuaikannya dengan material yang digunakan. Berbeda jenis material yang digunakan maka berbeda pula cara membersihkannya. Mari simak beberapa cara tepat membersihkan tableware enamel berikut ini.

1. Cuci tableware enamel sebelum digunakan pertama kali

Cara membersihkan tableware enamel yang pertama adalah mencucinya sebelum digunakan untuk pertama kali. Sebab tableware enamel yang baru saja dibeli bisa jadi masih terkontaminasi zat-zat sisa dari proses produksi pabrik. Tentunya ada tak ingin hal tersebut mempengaruhi makanan Anda bukan?

Dengan mencucinya sebelum digunakan akan membuat tableware enamel benar-benar dalam keadaan bersih dan aman untuk digunakan. 

2. Rendam air hangat/gunakan perasan lemon 

Cara selanjutnya membersihkan noda membandel pada tableware enamel Anda adalah dengan merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu sebelum dicuci. Misalnya untuk bekas nasi yang mengering biasanya akan sulit jika langsung dibersihkan. 

Memaksa membersihkannya dengan cara menggosoknya terlalu keras dikhawatirkan akan membuat lapisan enamel terkikis. Merendamnya dengan air hangat akan membuat noda sisa makanan jadi lebih mudah terangkat. 

Baca juga: 7 Merek Tableware yang Bagus. Siap Bikin Kece Meja Makanmu

Selain itu Anda juga bisa gunakan perasan lemon untuk membantu membersihkan noda minyak atau lemak. Perasan lemon ini juga dapat menghilangkan bau amis dari sisa makanan yang berbau tajam, misal ikan atau seafood. Perasan lemon ini bisa dicampurkan pada sabun cuci piring yang Anda gunakan. 

3. Gunakan spons dan sabun cuci yang tepat

Menggunakan spons yang tepat juga termasuk salah satu cara membersihkan tableware enamel dengan benar. Hindari menggunakan spons berbahan kasar. Gunakan spons yang lembut untuk menjaga lapisan cat enamel tetap mulus. 

Saat mencuci hindari menggosok terlalu kencang. Cara mencuci yang salah seperti ini lama kelamaan dapat membuat lapisan cat mudah terkikis dan kemudian muncul karat. 

Penggunaan sabun cuci juga perlu diperhatikan, lho. Sebaiknya pilih sabun cuci dengan formula yang lebih lembut sehingga lebih aman bagi tableware enamel Anda.

4. Keringkan setelah dicuci

Cara membersihkan tableware enamel berikutnya pastikan tableware dikeringkan setelah dicuci. Lap dengan kain kering dan taruh di tempat yang terkena angin. Hindari meletakkannya di tempat yang lembab atau tertutup jika masih belum benar-benar kering. Lembab akan memicu munculnya karat pada tableware enamel. 

5. Dapat dimasukkan dalam mesin pencuci piring

Cara terakhir untuk membersihkan tableware enamel yaitu dengan memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring. Meski tableware enamel ini aman untuk digunakan dalam mesin pencuci piring, Anda tetap harus melakukannya dengan cara yang benar. 

Sebelum dimasukkan dalam mesin pencuci piring pastikan tableware enamel Anda telah bersih dari sisa makanan dan noda yang membandel, seperti minyak dan lemak. Untuk noda minyak dan lemak sebaiknya Anda bisa merendam terlebih dahulu tableware enamel menggunakan air hangat dan menambahkannya dengan perasan lemon bila perlu. 

Bagaimana, tidak sulit bukan beberapa cara membersihkan tableware enamel di atas? Dengan mengikuti cara membersihkan yang tepat tableware enamel Anda pun akan terjaga keindahannya dan awet. Selamat mencoba, ya! Jika Anda punya cara-cara lainnya, boleh share pada kolom komentar di bawah ini 🙂

Credit photo: rowenandwren.co.uk

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top