Indo Blog Net

Kesehatan

Cara Ampuh Mengecilkan Perut dan Paha, Lakukan Olahraga Ini

olah raga mengecilkan perut dan paha

Memiliki perut yang menggelambir atau buncit, apalagi ditambah volume paha yang sudah menggemuk memang kerap menjadi kerisauan bukan hanya kaum hawa, tetapi juga pria. Selain membuat tidak percaya diri, sulit mencari baju yang pas, juga membuat tubuh tidak nyaman.

Banyak cara instan dilakukan untuk mengecilkan paha dan perut. Namun, tetep solusi ideal mengatasi masalah tersebut adalah dengan olah raga yang teratur dan melakukan pola hidup sehat.

Diet atau mengurangi makanan yang menyumbang besar pada sah saja dilakukan, tetapi kamu perlu memperhatikan juga pola diet sehat. Olah raga yang benar juga merupakan bagian dari rangkaian pola diet sehat loh, selain pastinya makanan  bernutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kayak gimana sih olah raga yang benar itu ? Tentu olah raga yang sesuai dengan standar kesehatan, tidak dilakukan berlebihan dan. Soal waktu,  sebenarnya bisa kapan saja, pagi, siang, sore atau malam. Yang terpenting, sebelum melakukan olah raga atau latihan fisik, terlebih dahulu lakukanlah pemanasan supaya terhindar dari cedera atau keram otot. Tentunya kamu gak mau kan, abis olah raga malah jadi badan pegal, otot lemas dan tubuh tidak bergairah.

Baca juga: Cara Jitu Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Olah raga yang dilakukan dengan cara yang benar sangat membantu proses metabolisme tubuh sehingga kita merasa lebih segar tidak mudah loyo, pikiran jernih karena jantung bekerja maksimal memompa oksigen juga perasaan hati yang bahagia.

Lantas bagaimana olah raga yang baik dan effektif mengecilkan perut dan paha ? Simak beberapa jenis olah raga  berikut ini !

Olahraga untuk Proses Pembentukan Paha

Paha bisa dikatakan bagian yang sangat penting agar ketika berolahraga tidak merasa berat pada bagian kaki. Beberapa olahraga yang cocok untuk memperkecil ukuran paha adalah sebagai berikut :

  1. Squat

gerakan squat untuk mengecilkan paha

Olahraga yang satu ini tidak hanya mampu mengecilkan paha, sekaligus  juga sangat ampuh untuk pembentukan betis dan melatih otot pada bagian bawah.

Caranya berdirilah dengan kaki terbuka, kira-kira selebar bahu, kemudian kedua tangan anda luruskan ke arah depan. Selanjutnya, turunkan pantat anda sampai mendekati lantai.

Cobalah untuk menahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik sebelum kembali pada posisi semula. Biasakan untuk mengulanginya sampai 10 kali, agar tubuh berkeringat.

2. Lunges

gerakan lunges mengecilkan paha

Untuk mencoba olahraga yang ini, anda hanya perlu melakukan cara berdiri tegak. Kemudian langkahkan salah satu kaki ke arah depan sembari ditekuk serendah yang anda bisa. Lalu kaki yang tidak tertekuk bagian lututnya sebisa mungkin menempel ke lantai.

Setelah itu, kembalilah pada posisi semula. Coba latih otot kaki anda dengan melakukan olahraga ini secara bergantian, agar keduanya saling mendapatkan hal yang sama.

Baca juga: Muncul Jerawat karena Olahraga? Berikut Ini Cara Mengatasinya

3. Fire Hydrant

gerakan fire hydrant mengecilkan paha

Bisa dibilang, olahraga yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, anda hanya perlu mengambil posisi merangkak, kemudian buka lutut dan tangan selebar bahu.

Usahakan ketika melakukan gerakan ini, jagalah posisi pinggul, lalu luruskan kaki secara perlahan ke belakang. Cobalah untuk menahan beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini kira-kira 15 kali supaya terasa ada beban di paha Anda.

4. Naik dan turun tangga

Jika anda rasa cara-cara diatas sangat rumit untuk dilakukan, maka Anda bisa melakukan alternatif lain yakni dengan menaiki dan menuruni tangga. Dengan catatan anda ketika naik harus melewati 2 anak tangga sekaligus, kemudian ketika ingin turun, berjalan secara biasa atau cukup satu anak tangga saja.

Apabila anda rutin melakukan cara ini, dapat membuat paha menjadi lebih kencang serta mulai mengecil seiring berjalannya waktu. Itu juga tergantung dari bagaimana anda melakukannya.

Olahraga untuk Proses Pembentukan Perut Agar Tidak Buncit

1. Sit Up

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Sebab, gerakan  sit up diyakini mampu mengencangkan otot serta mengecilkan perut. Sit up biasanya dilakukan untuk membuat perut menjadi lebih kekar, sehingga tidak terlalu sakit jika terbentur barang maupun terpukul oleh seseorang.

2. Cork Crew

gerakan corkscrew

Olahraga Cork Crew biasanya dilakukan oleh seseorang yang baru melahirkan. Wanita yang baru melahirkan umumnya memiliki perut yang kendor atau tidak kencang seperti masa muda dulu.

Jadi, olahraga ini sangat efektif untuk ibu-ibu. Dengan catatan harus dengan pengawasan atau ada yang memandu jalannya aktifitas olahraga.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

3. Crun Ches

gerakan crunches

Gerakannya seperti mengayuh sepeda. Anda bisa lakukan dengan membaringkan tubuh dalam posisi terlentang sambil mengayuhkan kedua kaki. Latihan bicycle crunches ini dapat membuat otot perut semakin kuat dan jika rutin dilakukan, perut akan mengecil alias rata.

Sebelum melakukan olah raga atau latihan fisik tersebut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau personal trainer untuk mendapatkan teknik pengambilan nafas yang tepat saat gerakan mengecilkan perut dan paha dilakukan. Selain itu juga, Anda harus mengimbanginya dengan pola makan yang sehat agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik.

Lakukan dengan bahagia ya 🙂

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top