Indo Blog Net

Lingkungan

Bunga Tulip Bunga Eksotis dari Belanda

indahnya bunga tulip

Ibuku suka sekali mendapat banyak kiriman dari sepupunya yang tinggal di Belanda. Dari hiasan kincir angin, kelompen dan masih banyak lagi. Seringkali ibuku banyak cerita tenatng Belanda termasuk bunga tulip. Dan aku jadi suka dengan bunga tulip.

Terlihat kokoh tapi aura cantiknya begitu kentara. Tulip ini termasuk dalam famili Liliaceace dan termasuk tanaman berumbi dengan tinggi antara 10-70 cm. Daunnya sempit memanjang dengan permukaan daunnya mengandung lilin dan berwarna hijau.

Baca juga: Indahnya Sakura Saat Bermekaran, Bikin Ingin Melihat Secara Langsung

Bunganya cukup besar dengan 6 kelopak bunga. Bijinya bentuk bundar pipih yang dibungkus oleh kapsul kering. Banyak tulisp sekarang hasil persilangan yang akan memberikan warna tulip beraneka ragam sebagai warna tunggal atau warna gradasi. Tulip ini termasuk bunga yang banyak sekali dibudidayakan oleh manusia.

Sejarah Bunga Tulip

Ternyata tulip walau dikenals ebagai ikonnya Belanda tapi asal bunga tulip ini dari Asia tengah. Dari data sejarah Turki, bunga tulip ini dibawa dari Turki ke Asia Tengah sampai Anatolia. Bunga tulip di Turki sudah sebagai inspirasi hidup.

Bunga tulip akhirnya menyebar ke banyak negara termasuk Belanda. Bahkan bibit dibawa sampai amerika. Tapi di Belanda bunga ini menjadi sangat populer. Di Belanda sendiri bunga ini memiliki nilai ekonomis dan menjadi simbol kemakmuran.

Dulu sebelum dibudidayakan bunga tulip ini sangat mahal, hanya bangsawan dan orang kaya sajalah yang bisa membeli bunga tulip.. Dan bunga tulip ini memiliki makna lain seperti kasih sayang, semangat dan harapan. Dan saat valentine tulip sebagai bunga terpopuler kedua untuk diberikan pada orang yang kita sayangi. Ada juga bunga Edelweiss yang melambangkan cinta yang abadi.

Selain Belanda, di Iran dan Afghanistan juga banyak ditanam tulip sehingga mereka menggunakan kedua negara ini menggunakan tulip sebagai simbol negara. Pada jaman perang dunia II tulip dijadikan bahan makanan utama karena krisis makanan. Dan akhirnya sampai sekarang masih dijadikan bahan makanan.

Baca juga: 9 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

Belandan punya banyak resep makanan dan minuman dengan bahan bunga tulip. Ternyata bunga tulip juga memberikan pemasukan yang luar biasa bagi negara. Ekspor bunga tulip ke berbagai negara dan menguasai 77% pasar.

Ada tulip yang paling diburu dan dikenal dengan nama spesies Queen The Night dengan bunga warna gelap cenderung hitam dengan saturasi warna ungu atau merah marun. Dalam gelap bunga ini akan tampak bercahaya.

Manfaat Bunga Tulip

Tadi sudah disebutkan kalau tulip dijadikan bahan makanan , dan ini juga karena ternyata punya manfaat yang baik bagi tubuh manusia seperti

  1. Mencegah anemia. Di dalam tulip ada senayawa yang mampu mengurangi adanya anemia dan mencegah keletihan tubuh.
  2. Mengatasi memar di tubuh. Bunga ini mampu mengatasi pembekuan darah.
  3. Melancarkan peredraan darah.s enyawa yang ada di dalam bunga ini mampu menyebarkan darah aorta ke segala arah.
  4. Mencegah kanker. Bisa mencegah kanker teruatam kanker yang berhubungan dengan darah.Ada senyawa anti kanker alami.
  5. Obat pegel linu.
  6. Obat anti parasit
  7. Obat untuk mencegah letih dan lesu.

Bunga tulip ini memang sangat cantik dan eskotis. Warna yang beraneka ragam membuat tulip semakin cantik. Banyak orang yang suka sekali dengan bunga ini.

Makna Warna Bunga Tulip

Tak ada yang tak suka dengan bunga cantik ini. Dan ternyata warna bunga tulip ini punya makna tersendiri. Jadi kalau mau memberi bunga tulip bisa disesuaikan dengan makna yang terkandung, seperti

Warna Putih

Warna putih pada bunga tulip bisa melambangkan kepolosan, kesucian dan kerendahan hati. Sehingga bisa diberikan pada orang untuk permintaan maaaf, menunjukan rasa simpati atau meninggalnya seseorang. Juga bisa untuk pernikaahn karena melambangkan kesucian.

Warna Merah

Ini melambangkan cinta yang dalam. Bisa diguankan untuk menyatakan cinta atau diberikan ke seseorang yang dikasihinya.

Warna oranye. Warna ini melambangkan kehangatan dan kebahagiaan. Jadi cocok diberikan pada orang agar selalu optimis dan bahagia.

Warna Kuning

Bunga tulip kuning melambangkan persahabatan dan keceriaan. Bagus diberikan buat sahabat terdekat dan membuat keceriaan dalam situasi apapun

Lengkap sudah tentang bunga tulip ini. Jadi pantas kalau disebut sebagai bunga cantik yang luar biasa. Dan gak salah kalau diriku sangat menykai bunga tulip.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top