Indo Blog Net

Tanaman

Bunga Sedap Malam, Aroma Wanginya Menyebar di Malam Hari

bunga sedap malam

Jadi ingat masa kecilku. Ibuku menanam bunga sedap malam. Saat mekar pada malam hari, aroma wanginya sampai masuk rumah. Aromanya tercium sampai kamarku karena bunga sedap malam itu terletak dekat jendela kamar. Dan akhirnya aku jadi suka dengan bunga sedap malam ini.

Memang baunya terasa sedap dan memberikan efek aromaterapi yang bikin kita rileks dan tenang. Sedap malam atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan Polianthes tuberosa ini tenyata termasuk tanaman umbi-umbian.

Tentang Bunga Sedap Malam

Bunga ini memang sudah sangat dikenal di Indonesia dan juga banyak diolah menjadi parfum karena aromanya yang wangi. Dan bunga ini juga sudah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur.

Baca juga: Suweg, Tanaman Tinggi Karbohidrat yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

Bunga sedap malam memang bukan asli dari Indonesia, tapi berasal dari Meksiko yang kemudian dibawa oleh bangsa Eropa ke Indonesia. Memang sesuai namanya, bunga satu ini mekar pada malam hari dan menebarkan baunya yang sedap.

Tanaman ini tumbuh berupa rumpun dengan tinggi anatara 0,5 – 1,5 meter. Batangnya tumbuh dari satu umbi atau beberapa umbi. Umbi digunakan untuk menyimpan makanan dan bisa digunakan untuk perkembangan secara vegetatif.

Bentuk daunnya panjang pipih. Berwarna hijau mengkilat di bagian atas, dan bagian bawah daun berwarna hijau muda. Di pangkal daun ada bintik kemerahan dengan daun yang bisa mencapai panjang 60 cm. Tangkai bunga muncul di ujung tanaman dengan ruas- ruas yang setiap ruasnya akan muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang.

Di setiap tangkai bunga ada terdapat 5 – 12 kuntum bunga. Warna putihnya akan bersinar terang di kegelapan saat malam hari.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Seperti yang sudah disebutkan, bunga sedap malam ini berasal dari Meksiko. Di sana bunga ini digunakan untuk persembahan pada dewi kecantikan bangsa Aztec. Lantas bunga ini dibawa ke Eropan dan akhirnya tersebar ke pelosok dunia lainnya.

Selain terkenal karena aromanya yang khas, bunga sedap malam juga memiliki beberapa manfaat, seperti:

  1. Bunga potong sedap malam bisa tahan 7-10 hari. Jadinya bsia ditaruh di dalam rumah dalam vas. Bisa ditanam di pot sehingga saat berbunga pada malam hari aromanya akan membuat kita rileks
  2. Minyak essensial.Minyak essensial dari bunga sedap malam sudah nyata banyak digunakan karena manfaatnya yang banyak sebagai aromaterapi. Bisa menghilangkan stres, rasa mual, melancarkan peredaran darah, melegakan pernafasan, membuat tidur lebih nyaman,pengharum ruangan, sebagai campuran untuk mengusir serangga. Dan sebagai disenfektan alami.
  3. Bahan makanan. Bunga sedap malam aman sekali untuk dimakan. Kuliner Indonesia ada yang menggunakan bunga sedap malam ini. Seperti sop kimlo, sop sedap malam, tekwan Palembang. Sebelum mengolahnya bunga sedap malam ini harus direndam terlebih dahulu.

Menanam Bungan Sedap Malam di Rumah

Mau coba menanam bunga sedap malam? Bunganya bisa jadi terapi alami agar tidur lebih nyenyak. Daripada membeli aromaterapi buatan pabrik, yang alami lebih murah dan aman.

Bibit sedap malam yang baik dipakai adalah umbinya. Hal ini karena akan menghasilkan tanaman yang nantinya bakal rimbun. Umbi tersebut kemudian dipotong 1 – 2 cm dan bersihkan dari akar yang mengelilinginya. Lalu umbi dikeringakn selama 3 – 4 minggu hingga benar-benar kering.

Baca juga: Chamomile: Si Cantik Nan Harum, Bisa Tanam di Rumah Juga Lho

Setelah itu simpan selama sebulan penuh agar bisa segera digunakan. Media tanam, tanah, arang sekam dan kompos perbandingannya sama 1:1;1. Masukan media tanam dalam pot atau polybag. Baru umbi ditanam dengan kedalaman 5 cm.

Agar dapat tumbuh dengan baik, tanaman ini disimpan di tempat yang rindang yang tak terkena sinar matahari langsung. Saat awal menanam, sebaiknya disiram dua kali sehari, pagi dan sore. Setelah bung tumbuh dengan baik, bisa dikurangi waktu penyiarmannya.

Begitulah sedikit penjelasan singkat tentang bunga sedap malam dan cara yang bisa dilakukan jika ingin menananm bunga ini di rumah.

Sumber gambar : http://www.satuharapan.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top