Indo Blog Net

Tanaman

Lily: Bunga yang Cantik dan Harum

bunga lily

Bunga Lily sebetulnya bunga yang sangat familiar di masarakat. Semua juga tahu akan keindahan dan harumnya bunga satu ini. Termasuk diriku. Karena ibuku dulu sempat punya tanaman ini. Begitu juga ibu mertuaku. Malah ibu mertuaku bunga Lily-nya masih ada di halaman belakang rumahya.

Saking familiar dengan bunga Lily ini jadi gak pernah terlalu perhatian, yang aku tahu hanya sebagai bunga hias saja. Apalagi bunga Lily termasuk yang tahan lama berbunganya. Tapi dibalik itu punya manfaat yang lain juga.

Tentang Bungan Lily

Bunga Lily ternyata sudah lama diketemukan, sejak jaman Yunnani dulu. Bunga ini termasuk tanaman herbal dengan umbi lapisnya yang memiliki tinggi antara 0,5-1,3 meter. Kelopak bunga bebentuk corong lancip saat belum mekar, dan saat mekar akan terbuka corongnya dan didominasi dengan warma putih.

Tanaman ini sangat cocok di tanah yang kadar asamnya seimbang. Beberapa jenis Lily tumbuh di benua Asia termasuk Indonesia. Bunga ini digolongkan sebagai tanaman hias umumnya karena bisa tahan 7-4 hari. Bagusnya bunga Lily bisa berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh di ketinggian 1000-1200 dari atas permukaaan laut.

Baca juga: Bunga Sedap Malam, Aroma Wanginya Menyebar di Malam Hari

Tanaman ini tumbuh di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Dan perkembanganbiakannya bisa dilakukan secara vegetatif maupun generatif.

Manfaat Bunga Lily

Ternyata selain sebagai tanaman hias , bunga Lily juga punya manfaat buat kesehatan seperti:

  1. Menyembuhkan luka di kulit
  2. Di dalam tanmannya ada polisakarida yang termasuk hidrokoloid yang fungsinya meningkatkan viskositas dan kelembaban air di kulit.
  3. Ekstrak bunga Lily bisa membantu kulit dan merawat kulit agar tak kering
  4. Saponi yang ada di tanaman ini bisa menghambat pertumbuhan kanker dan menurunkan kolesterol

Selain itu bunga Lily juga sangat istimewa. Menurut cerita Yunani kuno, bunga Lily ini berasal dari air susu Dewi Hera yang terjatuh ke bumi saat menyusui putranya Hercules. Punya simbol tersendiri pada pernikahan di Yunani. Pengantin perempuan yang memakai mahkota bunga Lily melambangkan kemurnian dan kelimpahan rejeki.

Baca juga: Bunga Edelweiss Melambangkan Cinta yang Abadi

Sedangkan menurut kepercayaan Mesir kuno, bunga Lily dimaknai sebagai lambang kesuburan dan kelahiran kembali. Bunga Lily sejak jaman dulu digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang tak bisa diungkapan lewat kata-kata. Akhirnya mereka mengirim bunga ini untuk mengungkapkan perasaanya. Dimana setiap warna punya ungkapan tersendiri seperti

  1. Putih .Ketulusan, kemuliaan, pengabdian, dan kehdipan baru
  2. Kuning . Persahabatan. Tapi kalau diberi terlalu banyak malah memberi kesan perasaan tertekan.
  3. Melambangkan kemakmuran dan kekayaaan
  4. Melambangkan kebencian, penghinaan dan kebohongan.

Cara Menanam Bungan Lily

Untuk menanam tanaman ini yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bibit bunga Lily yang masih berupa umbi. Umbi yang digunakan adalah umbi yang tak punya lapisan luar.

Kemudian Anda harus membuat lubang untuk menanam dengan kedalaman 10-15 cm saja. Sebelumnya beri pupuk kandang baru umbinya. Tutup tanahnya dengan kompos. Kemudian siram sampai basah.

Tahap berikutnya pemberian mulsa agar akar terlindungi. Penyiraman dilakukans secukupnya saja karena tanaman ini tidak butuh banyak air. Mudah bukan?

Kebutuhan air yang tidak banyak membuat bunga Lily tak merepotkan. Dan hasilnya bunga yang aromanya semerbak dan bisa membuat taman di rumah kita menjadi indah. Jadi tak ada salahnya saat pandemi begini, berkegiatan di rumah dengan cara menanam bunga. Selain aroma dan indah bunganya, ada manfaat kesehatan jugayang bisa kita ambil.

Sumber gambar : https://www.popbela.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top