Indo Blog Net

Lingkungan

Bunga Krokot yang Selalu Terlihat Cantik

bunga krokot

Sebetulnya secara tak sengaja aku menanam bunga krokot. Gara-gara aku diberi satu bunga krokot dari adikku. Tapi ternyata bunganya cantik sekali. Dan aku juga melihat beberapa temanku memamerkan saat bunga krokotnya berbunga. Sungguh cantik sekali.

Akhirnya aku mulai membeli dua krokot dengan warna kuning dan satunya lagi dalam satu tanaman ada yang kuning dan merah. Cantik sekali. Dan saat jalan-jalan ke suatu resto ada krokot dengan warna merah tua dan pink. Untungnya aku diperbolehkan untuk meminta krokotnya. Jadi akhirnya aku memiliki 5 krokot dengan warna yang berbeda. Kalau ada yang beda lagi tentunya bakal aku miliki.

Baca juga: 10 Ide Kreasi Parcel Bunga Super Cantik yang Bikin Penerimanya Bahagia

Tanaman krokot ini memiliki batang yang warnanya merah keunguan, agak tebal dan bisa mencapai tinggi 50 cm. Daunnya berwarna hijau, berdaging dan tebal. Bentuk daunnya bulat telur dengan kedua ujungnya tumpul. Tepi daun rata dengan ukuran panjang 1-3 cm dan lebar antara 1-2 cm.

Bunganya termasuk kelompok bunga majemuk. Mahkota bunganya berbentuk seperti jantung dengan 3-5 kepala putih yang berwarna putih dan kuning.Buahnya berbentuk kotak,berwarna hijau dan berbiji banyak.

 

Manfaat Tanaman Krokot

Dan yang baru diketahui sih ternyata tanaman krokot ini banyak manfaat buat kesehatan

  1. Menyehatkan kulit. Ternyata daun krokot itu mengandung vitamin A yang bisa mengurangi keriput dan bekas luka. Dan daunnya juga bisa digunakan untuk menghentikan peradangan karena sengatan lebah.
  2. Mencegah stroke dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena daun krokot ada omega 3nya yang bisa digunakan untuk mengurangi kolesterol jahat.
  3. Menghambat pertumbuhan tumor.Minyak biji krokot ada antioksidan dan anti proliferatif sehingga bisa digunakan untuk anti kanker.

Nah, yang paling aku suka dari krokot ini merawat dan memperbanyak mudah sekali dan anti gagal. Paling mudah dengan cara stek batangnya. Tinggal potong batangnya dan tancapkan dalam tanah. Segera akan tumbuh dengan subur. Apalagi krokot ini juga tahan panas sehingga tahan di musim kemarau sekalipun.krokot bisa ditanam di tanah pekarangan atau mau ditaruh di pot atau polybag juga bisa kok. Terserah keinginan saja.

Jadi untuk menanam media tanam tanahnya juga harus diperhatikan. Tanah harus dicampur terlebih dahulu dengan kompos/humus. Kalau ditanah. Tanah dicangkul dulu lalu ditambahkan humus dan dicampur, baru bisa ditanam. Kalau di pot atau polybag lebih mudah tinggal masukan campuarn tanah dan kompos ditambah pupuk kandang atau pupuk kimia.

Lebih baik sih pupuk kandang yang alami. Tinggal batang yang sudah dipotong tadi ditancapkan dalam tanah dan disiram. Selama masih belum kuat dan tumbuh akar siram dua kali sehari. Tapi setelah batangnya kuat siram sehari sekali .Jika sudah agak besar siram saat tanah sudah mulai kering.

bunga krokot

Cara merawatnya sangat mudah sekali. Kalau krokot sudah besar tak perlu disiram setiap hari. Hanya jika tanah mulai kering atau kelemababnya kuarng, baru disiram. Dan gulma harus juga sering dicabuti agar tak ganggu pertumbuhan krokotnya. Kalau bisa rutin diberi pupuk agar tetap subur dan berbunga banyak.

Baca juga: 9+ Inspirasi Rak Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Cantik

Beberapa hama seperti semut, ulat kadang ada putih-putih di daun dan batangnya, bisa disemprot dengan pestisida alami. Biasanya mengunakan pestisida alami seperti bawang putih, daun sirih dan masih banyak lagi. Jadi ya, jangan ragu untuk menaman krokot. Walau gak  trend tapi kecantikan bunganya akan membuat halaman rumah kita jadi cantik.

 

Sumber gambar : https://www.lazada.co.id

Latest posts by Hastira (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top