Agama

Bulan Puasa Bukan Bulan untuk Tidur Terus, Lho

Bulan Ramadhan telah datang, sebagai muslim kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh bagi yang mampu dan tidak berhalangan. Namun kalau kita perhatikan di sekeliling kita, banyak sekali umat muslim yang malas-malasan, bahkan tidak jarang ada umat muslim tidur sepanjang hari saat menjalankan ibadah puasa.

Pernahkah Anda melihat umat islam yang seperti itu? Atau jangan-jangan Anda sendiri yang melakukan hal itu. Kalau memang iya lebih baik jangan dilakukan lagi, segera taubat dan minta ampun kepada Allah SWT. Karena hal itu hukumnya haram dan dosa dilakukan selama bulan Ramadhan.

Kadang malah memang disengaja untuk seharian tidur selama puasa. Karena malamnya digunakan untuk begadang hal yang mubadzir. Sehingga menjelang fajar langsung sahur kemudian dilanjutkan tidur hingga buka puasa. Hal ini justru dosa besar, karena kita meninggalkan shalat fardhu yang wajib dilakukan. Memang puasanya tidak batal, tapi pada hari itu kita sama sekali tidak mendapatkan pahala, malah mendapat dosa besar.

Kalaupun terpaksa kita harus tidur selama puasa, harus ada alasan yang kuat, misalnya sakit parah. Karena kita sedang dicoba dengan sakit, kita harus ikhtiar dan sabar. Ikhtiarnya dengan cara berobat ke dokter dan minum obat, setelah itu kita istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

Kalau sudah sehat, kita tidak boleh terus-terusan tidur. Pada bulan Ramadhan harus semangat mencari pahala, jangan malah mencari dosa. Karena semua pahala pada bulan puasa akan dilipatgandakan oleh Allah. Begitupun sebaliknya dengan dosa, juga akan dilipatgandakan.

Untuk itu selama bulan Ramadhan kita harus rajin beribadah, seperti:

  1. Membaca Al-Quran

Al-Quran merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang sangat luar biasa. Karena mukjizat ini mampu membawa umat Islam ke arah yang lebih baik. Lagi pula dalam membaca Al-Quran juga tidak ada batasannya, semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pahala yang didapat.

Menurut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, orang beriman yang suka membaca Al-Quran itu bagaikan buah turjah atau limau, yang mana rasanya sangat lezat sekali dan aromanya harum sekali. Sebaliknya bagi orang beriman yang tidak mau membaca Al-Quran itu bagaikan buah tamar atau kurma, buah ini juga lezat namun sama sekali tidak berbau.

Untuk pahala membaca Al-Quran juga banyak sekali, kalau pada bulan Ramadhan satu huruf yang dibaca akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat. Coba kita hitung kalau setiap hari bisa khatam satu juz, selama satu bulan ada 30 hari dan di dalam Al-Quran ada 30 juz. Kalau begitu kita bisa khatam satu Al-Quran penuh selama satu bulan Ramadhan. Cukup mudah bukan, makanya ayo semangat mengaji.

  1. Dzikir

Tidak jauh beda dengan membaca Al-Quran, dzikir juga sangat mudah sekali dilakukan. Kita tidak perlu modal banyak untuk ibadah yang satu ini, yang perlu disiapkan hanya kemauan saja. Mungkin Anda pasti akan menyanggah kalau dzikir butuh waktu banyak dan hanya akan buang waktu saja. Kalau memang iya perhatikan penjelasan berikut ini.

Dalam satu hari ada 24 jam, coba kita perinci hal apa saja yang telah kita lakukan dalam sehari.

  1. Tidur = 6 jam
  2. Kerja = 8 jam
  3. Ibadah sholat lima waktu (setiap shalat hanya butuh 10 menit x 5 = 50 menit, tapi kita bulatkan jadi 60 menit) = 1 jam
  4. Kegiatan lain = 5 jam

Total = 20 jam

Sisa = 4 jam

Yang jadi pertanyaan saya adalah 4 jam ini kita gunakan untuk apa? Masih mau berbuat maksiat?

Sebenarnya dzikir justru akan lebih mendekatkan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan begitu kita bisa selalu ingat kepada Allah dan juga sebaliknya. Seperti firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang artinya:

“Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku pun ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku”. (QS Al-Baqarah: 152)

Ibadah dzikir juga sangat dianjurkan untuk Anda yang saat ini sedang dalam kesulitan ekonomi. Hanya dengan membaca istighfar, Allah akan memberikan rezeki yang tidak terduga. Seperti sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam berikut ini:

“Barangsiapa yang rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga”. (Abu Dawud, An-Nasai, Ibnu Majah, al-Hakim, dan Al-Baihaqi)

Namun dalam hal ini Anda jangan salah paham, Allah akan memberikan rezeki kalau kita juga mau berusaha, berdoa, dan ikhtiar. Jangan hanya minta saja kepada Allah tapi sama sekali tidak kerja. Itu sama saja tidak berkah.

Sebenarnya masih banyak sekali pahala besar yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan, seperti shalat di Masjidil Haram di Mekkah Al Mukarramah, Masjid Nabawi di Madinah, serta Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis, infaq, sedekah, memberikan buka puasa pada anak yatim, dan juga haji. Tapi itu semua membutuhkan biaya besar. Beda halnya dengan membaca Al-Quran dan dzikir yang sama sekali tidak butuh biaya.

Sebelum kita tutup pembahasan kali ini, saya hanya ingin mengajak Anda untuk lebih baik lagi. Ayo semangat mencari pahala selama Ramadhan. Jangan malas, jangan tidur. Terima kasih.

 

 

Source image: pixabay.com

Editor: Indoblognet

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top