kesehatan

Bukan Hanya Membersihkan Organ Kewanitaan, Daun Sirih Ternyata Banyak Manfaatnya

Bukan Hanya Membersihkan Organ Kewanitaan, Daun Sirih Ternyata Banyak Manfaatnya

Tau daun sirih? Dari dulu daun sirih sudah dikenal dengan banyak manfaatnya. Bahkan dari nenek-nenek kita banyak yang menggunakan daun sirih untuk berbagai keperluan. Salah satu yang sering dilakukan aku saat mulai remaja adalah rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian kewanitaan. Kata ibuku beliau juga dulu sering diinstruksikan menggunakan rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian kewanitaannya. Itu salah satu hal sederhana yang aku lakukan dengan menggunakan daun sirih.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman merambat dengan panjang sulur bisa mencapai 15 meter. Tanaman ini dikenal ada dua macam yaitu sirih daun hijau dan sirih daun merah. Sirih daun hijaulah yang paling banyak ada. Bahkan ibuku juga menanam tanaman sirih hijau. Saat booming tanaman sirih merah, ibuku juga menanamnya. Tanaman ini memiliki batang berwarna coklat kehijauan dengan batang berbetuk bulat. Batang-batangnya beruas-ruas dan biasanya dari ruas tersebut keluar akar. Jadi bisa digunakan sebagai alat perkembangbiakan.

Daunnya hijau untuk sirih hijau dengan bentuk seperti jantung dengan ujung runcing. Daunnya tumbuh berselang seling dengan tangkainya. Dan akarnya termasuk akar tunggang dengan bentuk bulat dan warna kecoklatan.

Kandungan senyawa kinia yang terdapat minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, fenil propana, kavicol, allylpyrokatekol, caryophyllene, kavibetol, cyneole, diastase, tanin, cadinene, seskuiterpena, terpennena, pati, dan gula. Banyaknya kandungan senyawa kimia ini membuat tanaman sirih mempunyai banyak manfaat. Manfaat dari tanaman sirih ini di antaranya:

  1. Menghilangkan bau mulut. Caranya mudah, dengan mengambil daun sirih dan kunyah lalu biarkan beberapa menit dalam mulut. Banyak orang zaman dulu yang suka nyirih, makanya mereka memiliki bau mulut yang harum tanpa perlu menggosok gigi.
  2. Mengobati radang tenggorokan. Caranya, endam 3 lembar daun sirih dalam air panas dan biarkan sampai dingin. Airnya digunakan untuk berkumur dengan cara menengadahkan kepala. Lakukan 3x sehari.
  3. Menghilangkan bau badan. Caranya 2-3 lembar daun salam rendam dalam setengah gelas air panas. Tambahkan gula putih sebanyak satu sendok teh dan biarkan sampai hangat kemudian minum.
  4. Obat batuk. Caranya, air rebusan daun sirih dicampur dengan kapulaga serta kayu manis, ini bisa membantu meredakan batuk yang mengganggu aktivitas. Bisa juga dicampur madu agar rasaya lebih enak.
  5. Bronkhitis. Digunakan untuk pengobatan bronkhitis pada orang yang sudah lanjut usia maupun anak-anak. Caranya, 7 lembar daun sirih dicincang halus dan direbus dengan satu potong gula batu dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus sampai tinggal satu gelas saja.
  6. Membersihkan organ kewanitaan. Caranya, rebus 5 lembar daun sirih dan rebusannya digunakan untuk membasuh bagian kewanitaannya.

Untuk menanam tanaman sirih ini juga tak terlalu sulit. Tanaman sirih ini cukup mudah beradaptasi. Bisa ditanam di halaman rumah baik di tanah maupun di pot besar. Tentu perlu disediakan tempat atau kayu untuk tempat menjalar sulur dari tanaman sirih ini. Beberapa cara menanam tanaman sirih, sebagai berikut:

  1. Dengan cara stek. Jadi, polybag atau gelas aqua bekas yang sudah diisi dengan tanah dan kompos. Ambil batang dari tanaman sirih sepanjang ruas pada batang yang sudah tua. Kemudian rendam dalam air kurang lebih 15 menit. Batang tadi ditancapkan di tanah. Lakukan penyiraman rutin dan taruh di temat teduh sampai ada tunas baru. Setelah itu pindahkan ke lahan yang akan ditanami tanaman sirih ini.
  2. Dengan teknik merunduk. Pilih batang sulur dan aturlah agar batang sulur tersebut merunduk sampai bertemu dengan media tanam. Media tanam sama dengan cara stek tadi. Penyiraman  harus rutin dilakukan sampai akar akan keluar di bagian sulur yang menempel pada media tanam.
  3. Dengan stek air. Caranya, potong batang sulur daun sirih yang sudah tua. Kemudian rendam dalam air. Rendam hanya bagian batang sulurnya saja. Direndam sampai timbul akar baru, baru kemudian dipindahkan.

Cara menanam yang mudah bukan? Jadi, tunggu apa lagi, yuk menanam tanaman ini di halaman rumah. Tanaman sirih ini bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Dengan cara yang mudah kita bisa mengobati berbagai penyakit. Daripada kita berobat dengan obat-obat kimia, lebih baik kita manfaatkan tanaman herbal seperti daun sirih ini.

 

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

 

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top