Indo Blog Net

Kuliner

Bubur Merah Putih yang Kaya Makna Filosofi

Bubur Merah Putih yang Kaya Makna Filosofi

Bubur merah putih jadi tradisi di masyarakat ketika sudah memiliki anak. Bubur ini memiliki banyak versi dan filosofinya tersendiri.

Bagikan Jika Bermanfaat

Katanya bubur merah putih itu makanan yang selalu dihubungkan dengan suatu perayaan tertentu. Tapi ibuku selalu membuat bubur merah putih sebagai camilan sore hari. Aku paling suka sekali dengan bubur merah putih ini, gula merah yang manis dipadupadankan dengan bubur putih yang gurih. Paduan yang menurutku enak sekali. Kini aku tak pernah lagi merasakan nikmatnya bubur merah putih. Apalagi sekarang juga sudah jarang orang membuat bubur merah putih lagi seperti ibuku dulu buat.

Tradisi Bubur Merah Putih

Memang di pulau Jawa ini sarat dengan banyak kebudayaan, tradisi dan adat istiadat yang beragam tergantung daerahnya. Dan setiap kebudayaannya pasti mempunyai filosofinya sendiri. Makna yang terkandung dalam setiap budayanya. Bubur merah putih dibuat untuk menyambut kelahiran bayi ke dunia.

Jadi bubur merah putih ini sebagai simbol kehidupan manusia dimana manusia terbentuk karena pertemuan antara sperma dan sel telur.

Disebut bubur merah karena diberi tambahan gula merah. Bubur yang merah ini melambangkan sel telur dan warna bubur yang putih melambangkan sel sperma. Sehingga bubur merah putih adalah pertemuan sel telur dan sprema yang akan menghasikan manusia.

5 Versi Penyajian Bubur Merah Putih

Dalam penyajian bubur merah putih ternyata ada lima versi. Untuk versi pertama bubur merah putih disajikan dalam wadah piring dengan setengah bubur merah dan setengah bubur putih. Ini artinya agar anak mewarisi sifat setengah ibunya dan setengah bapaknya.

Untuk versi kedua, bubur merah putih ditaruh dalam piring dengan bubur merah yang lebih dominan dari bubur putih. Agar anak yang dilahirkan lebih mewarisi sifat ibunya.

Versi ketiga dimana bubur putih yang dominan dan diberi bubur merah sedikit di atasnya. Agar mewakili sifat ayahnya. Versi keempat hanya bubur merahnya saja dan versi ke lima hanya bubur putihnya saja.

Filosfi yang ada saat penyajian bubur merah putih, selain ucapan syukur akan kelahiran anaknya, juga punya makna yang lain. Biasanya setelah didoakan bubur merah putih ini dibagikan ke tetangga. Agar para tetangga juga ikut merasakan kebahagian yang dirasakan yang punya hajat dan turut mendoakannya. Lewat masakan bubur merah putih ini ada sebuah harapan untuk anaknya.

Kedua bubur ini melambangkan keberanian dan kesucian. Merah simbol keberanian dan putih simbol kesucian. Pada saat pemberian nama anak bubur merah putih ini melambangkan harapan keluarga agar anak mempunyai sifat pemberani dan selalu di jalan yang benar (suci)

Resep Bubur Merah Putih

Membuatnya cukup mudah sekali, caranya seperti di bawah ini

  1. 1 cup beras, remdam minimal 30 menit
  2. Gula aren
  3. Garam
  4. Santan
  5. 1 daun salam
  6. 3 cup air

Cara membuatnya :

  1. Masak bubur dengan mendidihkan air, setelah mendidih masukkan beras masak sampai menjadi bubur, tambahkan garam secukupnya.
  2. Ambil 1/3 adonan bubur, sisihkan. Masak kembali 2/3 bubur sengan menambahkan gula aren dan daun pandan, masak terus sampai bubur matang dan kental.
  3. Masak kembali 1/3 bagian bubur lalu tambahkan daun salam, setelah aroma salamnya tercium, masukkan santan secukupnya, masak sampai bubur matang dan kental.
  4. Sajikan bubur, taruh bubur manis, lalu atasnya tambahkan bubur gurihnya, sajikan hangat.

Sekarang memang sudah jarang menggunakan tradisi seperti ini saat kelahiran anak. Jadi kepikiran kelak kalau punya cucu baru lahir, akan aku buatkan bubur merah dan putih. Dan kenangan masa kecil akan kembali terkenang.

Sumber gambar: cookpad.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sebuah karya yang luar biasa kreatif dibuat karena cintanya yang kuat pada Indonesia.

Semoga karya Kak @ekagustiwana ini benar-benar bisa membawa energi kedamaian bagi bangsa ini.

Baik Pak Jokowi - Amin dan Pak Prabowo - Sandi adalah orang-orang yang hebat, berani maju untuk membangun Indonesia.

Jangan biarkan mereka beradu dan rakyat Indonesia berpecah belah karena adu domba mereka yang tak ingin melihat Indonesia maju.

Mari selamatkan generasi yang akan datang dari mentalitas pecundang yang suka dan senang membuat perpecahan.

Percayalah tak ada keberkahan dan kemajuan, jika bangsa ini dibangun dari kebencian dan dendam.

Salam damai untuk Indonesia terus berjaya ❤

#Indonesiadamai #Indonesiajaya #Indonesiabersatu #pemiludamai

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top