Indo Blog Net

Kesehatan

Buah Kesemek Si Buah Cantik Berbedak Putih

Buah Kesemek

Kesemek buah yang memang kurang populer saat ini. Dulu saja saat aku masih kecil kesemek kalah dengan buah-buahan yang lain. Padahal rasanya manis. Kalau kata ibuku sih buah kesemek itu kaya perempuan suka dandan karena buahnya diselimuti warna putih kayak orang pakai bedak atau sering disebut dengan buah genit. Mau tahu kenapa ada bedaknya. Padahal buah yang ada di atas pohon berwana oranye saat matang.

Oh ya buah kesemek ini ada dua  jenis, buah kesemek yang sepat dan non sepat. Rasa sepat inilah yang membuat buah kesemek tak disukai orang. Rasa sepat ini disebabkan kandungan tanin yang tinggi. Hal ini membuat lidah terasa lengket dan terkena getahnya.

Akhirnya disiasati dengan cara merendam buah kesemek dalam larutan air kapur minimal selama 24 jam. Nah larutan kapur inilah yang meninggalkan serbuk putih pada kulit buah kesemek.

Buah Kesemek

Kesemek asalnya dari negara Tiongkok yang menyebar ke negara Jepang dan dibudidayakan di sana. Dan dari Jepang menyebar ke seluruh Asia. Di Tiongkok dan Jepang buah ini punaya nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini karena penting dalam tradisi mereka. Sedangkan di Indonesia, Malaysia hanya untuk kebutuhan lokal saja.

Tadi sudah dijelaskan kalau buah kesemek itu ada dua macam yang tak sepat yang bisa langsung dikonsumsi dan yang sepat yang tak bisa langsung dikonsumsi. Kesemek juga dikenal dengan istilah apel Jawa. Hal ini karena bentuk buahnya kaya apel dan banyak ditanam di pulau Jawa. Buahnya berbentuk bulat seperti buah tomat. Daging buahnya padat renyah hampir mirip dengan apel.

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dikenal dengan sebutan tanin-kaki. Zat inilah yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Sedang buah kesemek yang matang akan berwarna jingga keknuningan sampai kemerahan dengan diameter 2-8 cm. Buah juga bisa diolah menjadi selai, agar-agar, es krim atau dikeringkan.

Sedangkan untuk pohon kesemek sendiri berukuran kecil sampai sedang dan berumah dua, tapi kadang berumah satu. Batangnya pendek dan bercabang-cabang dengan daun yang sering digugurkan. Daunnya dalam dua deret selang seling berwarna hijau kuning mengkilap. Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum sedangkan bunga betina soliter . Ada di ketiak daun bebilangan 4.

Manfaat Buah Kesemek

Walau buahnya kecil tapi kandunagn nutrisinya begitu banyak. Setiap 350 gram kesemek mengandung kalori sebanyak 127 kkal  sehingga cocok sebagai sumber energi dan bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu kaya vitamin C sebagai antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh. Dan yang terpenting dari vitamin C itu membuat kulit menjadi sehat alami.

Manfaat lain yang bisa diambil dari buah kesemek ini seperti

  1. Anti kanker .Hal ini karena kandunagn antioksidannya yang tinggi yang bisa menangkal radikal bebas dan memperlambat kerusakan sel. Antioksidannya berupa vitamin C, katekin, karotenoid, Vitamin A dan flavanoid.
  2. Mengurangi peradangan. Karena buahnay mengandung senyawa antiradang. Ini disebabkan karena antioksidannya yang tinggi. Karena pada saat radang tubuh memproduksi protein C reaktif dan interleukin 6. Untuk menetralkannya tubuh perlu vitamin C
  3. Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin Anya yang merupakan bagian penting dari rhodopsin yaitu protein yang dibutuhkan tubuh untuk bisa melihat normal.. Vitamin A juga mendukung fungsi selaput kornea dan konjungtiva. Kandungan lutein dan zeaxanthin bisa mengurangi resiko penyakit mata lainnya.
  4. Meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbatnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C harian. Dan Vitamin C merangsang sisitim kekebalan tubuh.
  5. Menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang cukup banyak. Selain itu serat juga melindungi dari kanker kolorektal atau kanker usus besar.
  6. Menjaga kesehatan jantung. Flavanoidnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi , mengurangi kolseterol jahat dan mengurangi peradangan.
  7. Melawan penuaan dini. Polifenol yang ada dalam buah kesemek ini mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan.

Nah, si buah genit ini ternyata banyak sekali manfaat buat kesehatan. Hanya sayang keberadaannya jarang terlihat di pasar-pasar. Mungkinkah tanaman ini menjadi populer seperti buah yang lain, secara manfaatnya banyak bagi kesehatan. Mungkin perlu banyak yang membudidayakannya dan memasarkannya sehingga masarakat kembali mengenal buah kesemek ini. Si genit yang banyak manfaatnya.

Sumber gambar: tribunnews.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top