Indo Blog Net

Kuliner

Brem, Oleh-oleh Khas Madiun yang Melegenda

Tahu Brem? Brem makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan yang merupakan hasil fermentasi dari ketan hitam yang diambil sarinya saja dan diendapkan sehari semalam. Brem juga tak lepas dari kota Madiun, karena di Madiun ini produksi brem yang khas dan bisa dijadikan oleh-oleh. Banyak penjual brem khas Madiun di kota ini. Brem Madiun ini lembut dan meleleh di mulut tanpa kita harus susah payah mengunyahnya. Dan akan terasa sejuk di mulut dan gurih.

Brem ini asal usulnya sendiri tak ada yang tahu. Nyaris seperti legenda. Tapi ada sosok Marsiyem yang usianya sudah tua dan mengalami jaman penjajahan Belanda maupun Jepang. Dari kecil Marsiyem juga sudah berkenalan dengan makanan brem ini. Dulu di desanya di desa Kaliabu, panganan ini termasuk panganan mahal karena pada waktu itu bertemu nasi saja susah untuk makan sehari-hari apalagi membeli brem.

Saat usianya belasan Marsiyem sudah bisa membuat brem ini. Dia diajarkan saat itu oleh mbah lurah saat itu dan dia juga tak dapatkan ilmu bikin brem darimana. Membuat panganan enak ini harus diperam dulu tujuh hari tujuh malam. Karena diperam dan dilafal dengan perem dan secara fonetik bahasa Jawa jadi bremo. Jadilah lebih dikenal dengan nama brem. Akhirnya dari desa ini brem mulai menyebar ke desa-desa lainnya.

Brem sendiri diproduksi dengan mengandalkan proses fermentasi. Dibuatnya dari ketan hitam atau ketan putih. Dan dibantu dengan ragi yang dibantu oleh kapang atau mikroorganisme yang mampu mengurai. Proses fermentasi dimulai dengan penghancuran pati menjadi gula yang lebih sederhana lagi. Gula sederhana ini akan diubah menjadi alkohol yang berubah menjadi asam yang akan dibentuk menjadi cita rasa yang muncul pada brem. Asam yang terbentuk adalah asam piruvat dan asam laktat.

Ternyata mengkonsumsi brem juga ada manfaatnya jika dikonsumsi tak berlebih, seperti:

  1. Brem bisa meningkatkan hormon. Karena ada kandungan alkohol yang bila dikonsumsi tak berlebih akan meningkatkan fungsi arteri darah sehingga aliran darah semakin lancar. Akibatnya kinerja hormon akan menjadi lebih baik.
  2. Bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Karena aliran darah lancar sehingga bisa menghilangkan timbunan lemak dan plak pada pembuluh darah.
  3. Dapat mengurangi kadar asam dalam darah dan mencegah pembekuan darah.
  4. Brem juga bisa mengurangi kolesterol.
  5. Bisa meningkatkan kesehatan kulit. Karena bisa menjadikan proses regenerasi sel kulit lebih cepat.
  6. Bisa mengurangi jerawat. Hal ini karena bisa meningkatkan produksi hromon reproduksi.
  7. Sebagai sumber tenaga karena kandungan gulanya.

Tentunya konsumsi brem juga jangan berlebih karena kandungan alkohol kalau dimakan berlebih akan bahaya bagi tubuh.

Kalau inget brem, ingat saat kecil, kalau berlibur ke Madiun atau kalau naik kereta ke Surabaya melewati Madiun, seringkali banyak penjaja brem di luar kereta yang menjajakan lewat jendela kereta. Kalau sekarang mana boleh ya, dijual di toko yang ada di stasiun. Pulang dari Madiun pastinya akan membawa brem untuk oleh-olehnya. Rasa gurihnya beda dengan brem yang ada di Solo. Jadi saat kemarin pergi ke Madiun kenangan saat kecil terbayang kembali. Dan gak lupa membeli brem agar kenangan masa kecil muncul kembali. Dan brem dengan merek Suling ini masih ada sampai sekarang. Itulah kenangan di kota Madiun. Brem makanan khas yang melegenda.

Sumber gambar: antarafoto.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • [BLOGGING TIPS] - You can't write for yourself!
.
You must write for your reader which means you must be useful, Guys 🤓
.
When people go on blogs and websites, most of the time they’re searching for a solution to a problem they have, right?
.
You can, however, post an opinion from time to time, keep your blog personal branded 😌
.
But add a lesson, even when you show your point of view!
.
✨ How to write posts people want to read?
.
1⃣ Put the subject in the title
.
Let people know from the go what they’ll learn by reading your post 😉
.
2⃣ Make it personal in the first sentences
.
To keep the reader hooked, you must make it personal. Make the reader feel understood. Create a connection
.
3⃣ Actually help
.
Don’t just throw some words here and there and create a post just to say you wrote one 😁
.
Give all you’ve got to come with solutions for the problem you put light on
.
Write with your reader in mind, and offer them the best solutions. You should always want your reader to leave the blog with a solved problem
.
Credit: hercoffeebreak.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top