Menulis Yuk

5 Alasan Penyebab Gas di Rumah Jadi Cepat Habis

Ramadhan tiba. Bunda mendadak memiliki kesibukan lebih di dapurnya. Bila hari-hari lain sekadar memasak biasa, tetapi pada bulan Ramadhan berbeda. Ibu punya tugas menyiapkan masakan istimewa di bulan yang paling mulia.

Yang bikin jengkel adalah ketika tengah asyik memasak, kompor gas tidak menyala. Usut punya usut gasnya habis. Aduh, kemarahan langsung naik ke ubun-ubun rasanya. Terlebih jika bunda teringat sepertinya baru dua hari lalu membelinya. Kalau begini terus anggaran belanja bisa membengkak dong!

Timbullah syak wasangka. Jangan-jangan isinya sudah dicurangi oleh agen gas seperti yang kerap tayang di tv-tv itu. Wah, kalau begitu sang agen harus ditegur! Biar kapok dan tidak melakukan perbuatan tercela semacam itu lagi.
Wah, bunda jangan keburu marah dulu. Ingat lho, bahwa orang puasa itu harus menjaga lidahnya. Dalam sebuah hadist dikatakan Abu Hurairah r.a. berkata:

“Rasulullah saw bersabda: Puasa itu bagaikan perisai (dinding), maka jangan berkata keji (rayuan) atau berlaku bodoh (menjerit-jerit) dan sebagainya. Dan jika ada orang yang mengajak berkelahi atau memaki hendaknya berkata : Aku puasa, aku puasa. Demi Allah yang ada jiwaku ada di tangan-Nya bau mulut orang yang sedang puasa itu lebih harum dari sisi Allah dari bau kasturi (misik). Dia meninggalkan makanan, minum, dan syahwatnya karena-Ku, puasa untuk-Ku, dan Akulah yang memberinya pahalanya, dan biasa tiap kebaikan sepuluh kali lipat gandanya”. (Hadist Riwayat Bukhari Muslim)

Oleh karena itu, sebelum menegur orang lain sebaiknya kita introspeksi dulu. Coba cermati lima penyebab bunda boros elpiji berikut ini:

1. Tidak mempersiapkan seluruh bahan yang hendak dimasak

Bahan sudah ada, niat juga sudah menyala. Tetapi tangan tak segera mengeksekusinya. Sementara kompor menyala, bunda sibuk memotong sayuran, mengupas dan menghaluskan bumbu, lanjut menyiangi ikan yang jadi lauk makan. Padahal membiarkan kompor menyala sembari mempersiapkan bahan masakan justru membuang gas elpiji cuma-cuma.
Untuk menanggulangi hal itu, ada baiknya bunda persiapkan semua bahan lebih dulu sebelum menghidupkan kompor dan mulai proses memasak. Setelah selesai dengan satu jenis masakan, lanjutkan dengan masakan berikutnya. Begitu seterusnya. Jangan biarkan kompor menyala dalam waktu yang lama. Bila semua masakan selesai, jangan lupa matikan kompor langsung. Jangan ditunda-tunda.

2. Kerap meninggalkan masakan sebelum selesai

Seringkali bunda meninggalkan area dapur sebelum selesai memasak. Biasanya hal ini dilakukan karena bunda hendak mengurus pekerjaan lainnya. Karena asyik mengurusi pekerjaan tersebut, bunda lupa di dapur kompor masih menyala. Selain menyebabkan masakan jadi hangus, membiarkan kompor menyala lebih lama akan memboroskan gas elpiji Anda. Yang lebih fatal apa yang bunda lakukan bisa menyebabkan kebakaran.

3. Mematikan dan menghidupkan kompor gas secara berulang

Proses memasak yang kurang persiapan membuat bunda kerap mematikan dan menghidupkan kompor secara berulang. Acap kali saat satu masakan selesai, bunda mematikan dulu kompornya, lalu menyiapkan bahan masakan berikutnya. Maksud hati agar gas tidak terbuang percuma. Tetapi, sering mematikan dan menghidupkan kompor memboroskan gas elpiji di dapur bunda. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya bunda nyalakan kompor sekali, masak hingga semua menu selesai, lalu matikan kompor.

4. Bunda tidak menggunakan wadah yang cepat menghantar panas

Agar masakan cepat matang jangan gunakan peralatan yang lambat menghantar panas seperti panci baja atau pyrex. Pilih alat masak yang mudah menghantar panas seperti alumunium. Agar aman dan elemennya tidak menempel pada makanan, pilih bahan yang terbuat dari anodized alumunium. Dengan demikian bunda bisa mengurangi pemakaian gas elpiji.

5. Saat merebus makanan yang lama matang panci tidak ditutup rapat

Tidak semua bahan makanan yang bunda masak memiliki tingkat kematangan yang sama. Sawi dan bayam tergolong makanan yang cepat masak, sedangkan kentang dan telur sebaliknya. Agar kentang dan telur lekas masak jangan lupa menutup rapat pancinya. Cara ini membuat panas didalamnya tetap stabil. Selain membuat makanan cepat matang juga mengurangi pemborosan elpiji.

Nah bunda, dari kelimanya mana yang paling sering bunda lakukan? Atau jangan-jangan malah kelima-limanya? Jika demikian ini waktunya melakukan perubahan, agar bunda bisa mengurangi pemborosan anggaran belanja selama Ramadhan.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Ini apa hayooo???? Bagaimana ya cara menanamnya ??? Kangkung enaknya dimasak apa aja yahhh??? Oia akan ada Rumah Cantik di Bandung yang akan kasih banyak tips dan pelatihan menarik menyoal kecantikan,  olahragga,  memasak dan juga parenting.

Di Bandung ya segera tunggu Babam.

Ekh tunggu Mamih.

Ditunggu untuk informasi mengenai event di @rumahcantiklbc 
Selalu update informasi melalui @indoblognet 😊  #indoblognet #mbcommunication
#RumahcantikKlink 
#RumahcantikBLC #klinksolusihidupmu
#MommyBlogger #MamihBabam #RanselBabam #Bloggerlife #Bloggerlifestyle #Bloogeractivities #bloggerindonesia #Happyblogging #bloggers #Selfie  #Happylife #womenlife #womeninframe #clozetteid #instalife #instaframe #instaphoto #likeforlike #followtofollow

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top