Menulis Yuk

BNN Ajak Netizen Peduli Bahaya Narkoba Melalui Video di Youtube

Dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah sangat giat melakukan berbagai upaya strategis pemberantasan narkoba, baik melalui upaya diseminasi ke berbagai kalangan, sekaligus juga penegakan hukum. Alhasil, memang menujukkan kabar yang menggembirakan.

BNN merilis  dalam situs resminya, Sabtu (4/3/2017) bahwa, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba  semakin menurun dalam 10 tahun terakhir, baik untuk pernah pakai dan setahun pakai. Angka prevalensi pernah pakai menurun dari 8,1% (2006) menjadi 3,8% (2016). Jika pada tahun 2006 ada 8 dari 100 orang pelajar/mahasiswa yang pakai narkoba maka pada 2016 hanya ada 4 orang yang pakai narkoba.

Oleh karena itu, selama 1 dekade, telah berhasil dikurangi separuh pelajar/mahasiswa yang pernah pakai narkoba. Kecenderungan menurunnya angka prevalensi dikalangan pelajar tersebut  ditopang pula terjadinya penurunan pada kelompok lain, terutama di kelompok rumah tangga.

ironisnya nih, BNN merilis, bahwa, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba semakin tinggi justru terjadi pada tingkatan pendidikan yang juga tinggi. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin tinggi angka prevalensi penyalahgunaan narkoba baik yang pernah pakai dan setahun pakai, kecuali tahun 2016. Tingkatan SMP memiliki angka prevalensi terendah, dan yang tertinggi adalah perguruan tinggi. Namun, ditahun 2016, angka prevalensi narkoba di tingkat SMA relatif tidak jauh berbeda dibandingkan perguruan tinggi.

Meski terjadi penurunan angka prevalensi, pekerjaan rumah negeri ini dalam menanggulangi narkoba masih banyak. Kaum remaja yang notabene usia produktif masih menjadi sasaran empuk. Karena itu,  butuh strategi  solutif dan perencanaan yang matang untuk  lebih mendekati target sasaran. Apalagi di zaman serba digital saat ini,  arus informasi makin deras tak terbendung, dan segala kemudahan yang diciptakan dari teknologi digital, memberikan peluang akses yang lebih besar dan meluas.  Modus-modus baru yang lebih kekinian pasti sudah dipikirkan mereka yang ingin merusak generasi muda melalui narkoba.

Upaya BNN mengampanyekan bahaya Narkoba untuk remaja harus dipikirkan lagi pada channel yang tepat. Terlebih kids zaman now tidak suka dengan pesan-pesan moralis yang menggurui, bak malaikat. Jika diteruskan akan semakin memperdalam jurang pemisah antara pesan yang ingin disampaikan.

Video Netizen Salah Satu Solusi

Merujuk pada data yang dirilis Google Indonesia, pengguna aktif Youtube di Indonesia mengalami pertumbuhan  signifikan sejak 2015. Saat ini tercatat lebih  50 juta pengguna aktif di seluruh Indonesia yang mengakses Youtube melalui ponsel pintar setiap bulannya. Per Januari 2017, durasi pengguna Indonesia menonton YouTube melalui ponsel pintar dan komputer tablet meningkat 155 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu. Sedangkan jumlah konten yang diunggah dari Indonesia meningkat hingga 278 persen pada periode yang sama.

Youtube memang merupakan salah satu platform berbasis audio visual yang menarik,  memberikan keleluasaan bagi kreator dalam mengekspresikan ide, tidak memiliki batasan durasi tetapi memiliki batasan konten. Tak heran jika Youtube menurut situs pemeringkatan trafik internet, Alexa.com berada di peringkat ketiga untuk situs web yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Dengan latar belakang inilah BNN merangkul sejumlah kreator youtuber atau vlogger melalui konsultan branding, MB Communication untuk membuat video kampanye ala netizen dalam mengampanyekan bahaya Narkoba dan pencegahannya dengan cara yang natural sesuai dengan dunia remaja, tidak menggurui, dan menyentuh akar permasalahan.

Melalui film pendek berdurasi 2-5 menit ini diharapkan bisa memberikan penyadaran (awareness) dan mengubah prilaku untuk hidup sehat tanpa narkoba.

Inilah sejumlah film pendek yang dibuat oleh MB Communication dan juga netizen terpilih dari berbagai daerah.

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • GOOD MANNERS Improve Customer Service 😍
.
They make your customers view you in a better light. They make your interactions with customers more PLEASANT. Here are just 4 ways good manners improve customer service 🤓
.
✔ Greetings
.
It means making eye contact, smiling and saying Hi 🤗 If the customer wants to talk or is needing help, that opening will prompt them to ask for help. It shows that you’re HAPPY to see them and available for help if needed
.
✔ How you address them
.
Addressing your customers BY NAME, and knowing how they prefer to be addressed (Roy, Mr Teddy, Dr Alex, etc) shows that you take notice and respect them as individuals 😁
.
✔ The tone you use
.
If you’re a young, hip business – a FORMAL TONE will appear out of place 🙈🙈 If you market yourself as a super-professional business, then a CASUAL TONE will strike a bum note with your customers. Whatever tone you use, it’s still easy to be kind, be polite and be someone you’d like to do business with
.
✔ Please and Thanks
.
If you’re talking to a customer and you ask for something don’t forget to say PLEASE. And if they offer you something, say THANK YOU. It’s that easy, right? 😜
.
Credit: sharynmunro.com.au
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#MBCsosmedcontent #goodmanners #customerservices

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top