Sebelum Membuat Blog, Ingat Dulu 5 Hal Mendasar Berikut!

  • Bagikan

Sekarang ini nampaknya setiap orang pengin membuat blog. Pengin jadi blogger. Ya, pastinya seneng sih, dunia blogging lebih ramai dengan segala hiruk pikuknya. The more the merrier.

Ada saja blog baru dibuat setiap harinya. Baik oleh blogger yang sudah senior, maupun mereka yang masih coba-coba. Hah? Yang blogger senior juga bikin blog baru lagi? Iya, demi bisa mewadahi ide-ide baru lainnya. Hehehe. Rata-rata blogger yang saya kenal sudah lama selalu punya blog lebih dari satu; dua, tiga, bahkan ada yang sampai delapan! Ckckck. Luar biasa ya 😆

Terlepas dari tujuan ngeblog si bloggernya sendiri, ada beberapa hal yang harus selalu diingat oleh siapa pun yang ingin mau membuat blog dan terjun ke blogosphere, agar tak salah kaprah, salah konsep, dan salah paham mengenai aktivitas ngeblog itu sendiri.

Mari kita lihat, hal-hal apa sajakah itu.

Hal Penting yang Harus Diingat Saat Ingin Membuat Blog dan Menjadi Blogger

1. Memilih platform yang pas

Dua platform blogging yang paling banyak dipakai adalah WordPress dan Blogspot. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Seorang bloger mesti tahu apa yang dibutuhkannya. Jika ia ingin fokus ke konten yang kuat, tanpa harus memerlukan maintenance yang rumit, maka Blogspot akan lebih cocok.

Jika ia ke depannya ingin mengembangkan blognya–misalnya ingin dimonetasi, dengan kustomisasi layout dan template khusus, dan dilengkapi berbagai fitur untuk menyokong performa–maka WordPress self-hosted menjadi pilihan terbaik.

Yep, sesuaikan platform dengan kebutuhan, hingga kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.

2. Jangan salah fokus dan tujuan

Sejak awal, sebaiknya blogger sudah menentukan tujuannya ngeblog. Hal ini akan dapat membantu aktivitas ngeblognya lebih lancar ke depannya nanti. Meskipun tujuan awal membuat blog adalah hanya sekadar berbagi kisah pribadi–yang tentu saja nggak ada salahnya.

Namun, pastinya seperti halnya kegiatan lain, ngeblog juga butuh fokus dan konsistensi terutama jika tujuannya adalah menjadi seorang blogger profesional.

Fokuslah pada pembaca, alih-alih sekadar mesin (pencari). Menerapkan SEO itu wajib, tapi bukan sekadar untuk meraih peringkat tinggi di Google saja. Fokuslah untuk menemukan pembaca yang tepat melalui search engine, yang bisa merasakan manfaat konten kita betul-betul.

Fokuslah pada topik tertentu. Kita tak bisa menulis tentang sport, keuangan, resep masakan, dan parenting dalam satu blog dan dianggap expert dalam topik-topik tersebut. Karena apa? Karena nggak ada satu orang pun yang bisa menguasai sebegitu banyak hal sekaligus. Jadi, jika kita ingin menonjol–apalagi sekarang Google mengutamakan blog ataupun situs dengan faktor E-A-T (Expertise, Authority, and Trustworthiness) yang kuat untuk tampil pertama kali di hasil pencariannya–maka mau tak mau kita harus fokus di topik-topik yang kita kuasai saja.

Fokuslah pada tujuan berbagi, alih-alih sekadar materi. Fokus ini akan membuat kita selalu konsisten menulis, bahkan jika tak ada penghasilan sama sekali dari blog. Dengan terus menulis, percaya saja deh, yang namanya rezeki akan datang. Berbeda kalau kita berhenti menulis karena kelelahan mengejar target. Bagaimana peluang baik akan mengetuk?

3. Pakailah desain blog yang reader-friendly

Kalau sejak awal kita sudah berfokus pada pembaca, maka pastinya kita akan mengutamakan kenyamanan pembaca yang berkunjung ke blog kita. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan desain template blog yang ramah pembaca.

Ada nih tulisan mengenai desain blog yang bisa meningkatkan engagement. Boleh ditengok yah, dan dipraktikkan.

4. Belajar optimasi seawal mungkin

Bagaimanapun, kita semua masih bergantung pada Google, sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh netizen untuk menemukan info yang mereka inginkan. Sehingga adalah penting bagi blogger untuk belajar optimasi Google seawal mungkin.

SEO–atau search engine optimization–yaitu trik-trik mengoptimasi situs atau blog agar mudah diketemukan di mesin pencari ini memang agak rumit pertamanya. Tapi, begitu sudah dipahami dan dilakukan, SEO tak lagi berat.

Jadi, cobalah untuk mengenal SEO sejak awal, dan secara bertahap. Lakukan dulu yang paling dasar, dan meningkat seiring waktu.

5. Ngeblog nggak sekadar menulis

Sebagian mengira bahwa seorang blogger hanya sekadar menulis lalu publish. Padahal lebih dari itu.

Di balik tulisan (dan juga video bagi para vlogger) ada banyak kerja keras yang harus dilakukan. Misalnya, mencari ide menulis yang ternyata tak semudah yang kita bayangkan, membuat foto-foto yang menarik dan representatif, hingga promosi konten.

Seorang blogger juga harus belajar coding sedikit-sedikit, agar mengatasi error-error kecil yang mungkin bisa terjadi di blognya. Ia juga harus siap memaintenance blognya dengan baik.

Itu dia 5 hal paling dasar yang harus diketahui dan diingat jika ingin membuat blog dan menjadi blogger. Jika teman-teman memang ingin menjadikan blognya menonjol, populer, meraih banyak pembaca, dengan konten-konten yang berkualitas, maka kelima hal di atas adalah yang harus menjadi pegangan.

Ngeblog bukan perkara sehari dua hari, tapi kita mesti punya napas dan langkah yang panjang jika ingin blog kita sukses.

 

  • Bagikan