Muslim Life Fair 2022 Bangkitkan Semangat UMKM Produk Halal Indonesia

  • Bagikan

Kehadiran pandemi yang begitu panjang selama ini, memberi dampak yang serius pada berbagai sektor kehidupan kita, salah satunya berdampak pada diberhentikannya berbagai kegiatan atau event rutin yang diadakan setiap tahunnya, demi meminimalisir penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

Namun seiring waktu berjalan, dengan semakin menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia belakangan ini, maka kini berbagai agenda kegiatan yang sempat terhenti tersebut sudah bisa kembali diadakan lagi, meskipun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu kegiatan yang kini kembali bisa digelar tahun ini adalah Muslim Life Fair 2022 yang merupakan pameran Islami yang melibatkan berbagai sektor usaha dan juga UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dari berbagai daerah untuk turut ikut menampilkan produk terbaiknya.

Kehadiran acara Muslim Life Fair 2022 ini sekaligus bertepatan dengan penyambutan bulan Ramadan yang sebentar lagi akan datang, bulan suci yang selalu dinantikan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia.

Muslim Life Fair 2022 Digelar Offline

Ajang Muslim Life Fair 2022 merupakan pameran tahunan yang akhirnya kini bisa kembali digelar. Dimana acara ini sudah dibuka secara resmi pada hari Jumat (25/03/2022), sehingga sudah bisa langsung dikunjungi oleh masyarakat luas. Pameran ini diagendakan akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, yaitu mulai dari tanggal 25-27 Maret 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Terselenggaranya pameran ini di inisiasi oleh Lima Events berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) sebagai bagian dari rangkaian event puncak menuju Indonesia Muslim Life Fest yang akan digelar pada bulan Agustus 2022 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Terselenggaranya pameran Muslim Life Fair 2022 ini bertujuan mengajak #KitaBersama untuk bisa membangkitkan semangat UMKM khususnya para pelaku usaha muslim agar bisa terus tumbuh dan berkembang, terlebih setelah dilanda oleh pandemi yang berkepanjang selama dua tahun belakangan ini.

Hal ini juga yang disampaikan oleh Rachmat Sutarnas Marpaung selaku Ketua KPMI bahwa “Muslim Life Fair 2022 bukan sekadar ajang pameran. Kami berharap semoga Muslim Life Fair juga dapat menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk menggairahkan produk halal terbaiknya pada masyarakat Indonesia.”

Selain itu, meskipun belanja online sudah menjadi tren belakangan ini, kehadiran pameran offline ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua, karena bisa mempertemukan kita secara fisik antara penjual dan pembeli.

Menariknya lagi, kehadiran pameran Muslim Life Fair 2022 sekarang ini mampu menghadirkan berbagai kegiatan secara langsung dalam satu lokasi, sehingga dengan mengunjungi pameran ini, maka kita bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus.

 

Berbagai Kegiatan di Muslim Life Fair 2022

Muslim Life Fair 2022 merupakan pameran akbar yang disponsori oleh Bank Hijra dengan menghadirkan sekitar 195 ekshibitor pelaku UMKM produk halal dan ekonomi syariah di Indonesia dari berbagai sektor, mulai dari modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, kuliner halal aman & sehat, beauty & pharmaceutical hingga thibbun nabawi herbal.

Bukan hanya itu saja, melalui pameran ini kita pun bisa mendapatkan ilmu melalui kajian Asatidzah, acara komunitas dan berbagai kegiatan yang lainnya, sehingga melalui pameran ini kita bukan hanya bisa mendapatakan barang dan jasa saja, namun kita pun bisa meraih ilmu agama sebagai bekal kita kelak di akhirat.

Makanya, menghadiri pameran Muslim Life Fair 2022 sungguh menyenangkan, karena di sini kita akan ditemukan dengan berbagai jenis usaha. Misalnya bagi para kaum muslimah yang ingin mencari inspirasi pakaian muslimah di sini ada tersedia berbagai pilihan. Salah satunya adalah stand Pelangi yang dapat dikunjungi. Produk UMKM yang terletak di lantai 1 ini menyuguhkan berbagai pakaian islami seperti jilbab, gamis, khimar dan bahkan bergo yang dapat menjawab kebutuhan para muslimah akan pakaian syar’i.

Selain itu, bagi pengunjung yang membutuhkan informasi dan bahkan berencana umrah atau haji, maka tersedia juga di pameran ini. Stand Al Mutazam Travel menjadi salah satu jawabannya. Brand bisnis tour dan travel yang telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama dan berdiri sejak 1999 ini siap mewujudkan keinginan calon jamaah untuk pergi ke Tanah Suci dengan harga bersahabat.

Sedangkan untuk urusan kuliner, di pameran ini kita tidak perlu khawatir, karena Muslim Life Fair tahun ini diikuti oleh banyak stand kuliner dengan aneka santapan yang menggugah selera. Dimana salah satu stand makanan tersebut adalah Ajwad Resto yang dapat dijadikan pilihan bagi kita yang ingin mencoba aneka makanan dengan konsep menu ala Timur Tengah dengan berbagai produk halal terbaik yang siap memanjakan lidah kita.

Kemudian untuk para pengunjung yang senang menggeluti dunia tanaman hias, maka dipameran ini pun tersedia stand tanaman hias yang bagus-bagus loh, di antaranya ada kita bisa mengunjungi stand KaktusQulucu, atau tanem tanamart untuk mendapatkan aneka tanaman hias yang kita inginkan.

Menariknya lagi, di pameran Muslim Life Fair 2022 ini tersedia juga stand yang menjual kopi, tepatnya di lantai dua terdapat sejumlah stand kopi, dan produk kreatif home décor, seperti Putu Art Shop, Rumah Kayu Klasik, SeniKoe dan stand marketplace Muslim Life Shop yang bisa kita kunjungi.

Selain beberapa kategori usaha yang disebutkan di atas, sebenarnya di pameran ini masih banyak lagi stand lain yang juga menawarkan berbagai produk dan jasa yang sangat beragam, sehingga pengunjung pameran ini bisa mendapatkan berbagai produk atau jasa yang diinginkan dengan mudah.

 

Cara Mendapatkan Tiket Muslim Life Fair 2022

Untuk itu, bagi masyarakat yang penasaran dan ingin berkunjung ke pameran Muslim Life Fair 2022 maka sebaiknya segera datang secepatnya ya, paling lambat tanggal 27 Maret 2022, supaya bisa merasakan langsung seperti apa keseruan pameran offline ini.

Dan untuk harga tiket pameran Muslim Life Fair 2022 cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah) saja yang bisa dibeli secara online melalui website www.muslimlifeshop.com atau lewat akun instagram @muslimlifeshop ya. Namun bisa juga membeli on the spot di lokasi acara dengan mengunjungi stand penjual tiket yang berada tidak jauh dari pintu masuk pameran ini.

Dan ada kabar baik khusus untuk nasabah Hijra Bank, karena nasabah Hijra Bank bisa berkesempatan untuk mendapatkan tiket menghadiri pameran ini secara gratis. Nah, untuk cara mendapatkan tiket gratisnya bisa langsung cek informasinya melalui akun Instagram @ikuthijra sekarang juga, karena tiket gratisnya hanya tersedia sebanyak 3.000 tiket saja.

Jadi, mari #KitaBersama ramaikan pemaran Muslim Life Fair 2022 sebagai cara untuk mendukung para UMKM produk halal dan pelaku ekonomi syariah di negeri kita tercinta ini, agar mereka bisa terus semangat untuk bangkit dengan produk dan jasa yang sesuai dengan syariat Islam.

 

LBS Urun Dana Dukung Permodalan Bagi UMKM

Dan seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kehadiran pandemi yang berkepanjang tak sedikit membuat para pelaku usaha (UMKM) terpaksa mengalami kerugian dan kehilangan dana untuk kembali menjalankan atau memajukan usaha yang sudah mereka geluti selama ini.

Maka dari itu, LBS Urun Dana hadir untuk memenuhi kebutuhan para pelaku UKM agar dapat mengakses permodalan dengan cara yang terjamin kehalalannya. Dan untuk semakin mengenalkan diri pada masyarakat luas, maka LPS Urun Dana pun turut berpartisipasi sebagai peserta dalam gelaran pameran produk halal Muslim Life Fair 2022.

Kehadiran LBS Urun Dana dalam acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Securities Crowdfunding yang mengusung konsep halal dalam pengumpulan dana demi mencapai keberkahan dunia dan akhirat.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh CEO dan Co-Founder PT. LBS Urun Dana Rezza Zulkasi, MappFiin bahwa “Berbeda dengan layanan urun dana pada umumnya, LBS Urun Dana mendukung gaya hidup halal yang sedang menjadi tren pada masyarakat Indonesia. Dengan mengusung prinsip dan kaidah Islam, LBS Urun Dana siap menjadi solusi bagi kaum muslimin untuk dapat mengembangkan harta yang dimiliki dengan cara yang 100% halal, tanpa Riba, Ghoror dan Dzhalim.”

Untuk itu, bagi pelaku UMKM yang butuh modal usaha melalui layanan LBS Urun Dana ini, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki omset minimal Rp 1 Miliar/tahun secara historis

2. Bisnis harus sudah berjalan minimal 1-2 tahun dan memiliki minimal 3 outlet di seluruh Indonesia untuk bisnis offline.

3. Wajib memiliki pencatatan Laporan Keuangan yang memenuhi standart akuntansi umum

4. Karakter founder/Owner bisnis yang kuat dan berpengalaman di bidangnya

5. Memiliki landasan project berupa kontrak, invoice/PO dari pemerintah/BUMN/BUMD/Korporasi untuk skema obligasi/sukuk.

Itu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh UMKM yang ingin mengajukan pinjaman modal melalui LBS Urun Dana ini. Dan bagi usaha yang memiliki Tren Sales dan Kinerja Meningkat di masa pandemi Covid-19 akan menjadi nilai tambah sehingga lebih mudah mendapatkan pinjaman dana.

Dan cara untuk mendapatkan permodalan pertama dari LBS Urun Dana ini cukup mudah. Kita hanya perlu mendaftar dan membuka akun di platform www.LBS.id, kemudian submit dokumen yang dibutuhkan, maka setelah itu kita sebagai pelaku usaha sudah berpeluang mendapatkan permodalannya.

Selain memberi modal bagi pelaku UMKM, ternyata LBS Urun Dana ini juga memberi kesempatan bagi investor untuk menjadi pemodal dengan melakukan investari bersama LBS Urun Dana ini. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu membuka akun di platform LBS Urun Dana, maka pendaftar juga berpeluang jadi investor dan dapat memilih UKM yang telah listing di platform untuk didanai.

Pemodal tidak perlu khawatir berinvestasi melalui LBS Urun Dana karena layanan ini memiliki 3 faktor nyaman, yaitu:

1. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK

2. Didukung oleh tenaga profesional berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidangnya

3. Langsung dibimbing, dibina dan diawasi secara ketat oleh Ustadz DR. Erwandi Tarmizi, M.A yang juga founder LBS Urun Dana sekaligus Ketua Dewan Komite Persetujuan Penerbit sehingga pasti lebih terjamin kehalalannya.

Selain memberikan edukasi terkait hal tersebut di atas, kehadiran LPS Urun Dana di Muslim Life Fair 2022 ini sekaligus menyelenggarakan beberapa kegiatan, seperti press release launching, talk show, konsultasi bisnis bagi calon Penerbit serta konsultasi investment planning kepada calon pemodal.

Untuk itu, datang ke acara Muslim Life Fair 2022 ini sungguh menyenangkan, karena kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman menarik melalui berbagai kegiatan yang diadakan selama tiga hari berlangsungnya acara Muslim Life Fair 2022 ini.

Penulis : Imawan Anshari

 

  • Bagikan