Indo Blog Net

Bisnis

Inilah 9 Bisnis Bukan Musiman yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

bisnis kue dan roti di rumah

Bicara mengenai bisnis, tentunya Anda sudah akrab dengan berbagai jenis bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu alias selalu ada. Inilah yang dinamakan bisnis bukan musiman. Bisnis ini berbeda dengan bisnis musiman yang hadir karena sebuah tren atau karena momen tertentu. 

Bisnis yang lahir karena sebuah tren umumnya tidak bertahan lama, sebab tren selalu silih berganti. Begitu tren berganti maka bisnis tersebut pun biasanya mengalami penurunan pembeli. 

Sedangkan bisnis yang tercetus karena adanya momen tertentu misalnya berjualan takjil saat Ramadhan, berjualan kue-kue menjelang Lebaran, hingga berjualan masker saat pandemi virus Corona. Setelah momen tersebut berakhir maka berakhir pula bisnis yang dijalankan. 

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis bukan musiman dan tak pernah sepi pembeli, di bawah ini akan diulas berbagai bisnis yang bisa Anda coba.

9 Bisnis Bukan Musiman yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

Bisnis musiman memang seringkali membuat kita tergiur karena peluangnya yang cukup besar untuk laris manis hingga meraup banyak untung. Namun, jika Anda menginginkan bisnis yang bisa diandalkan dalam jangka panjang, sebaiknya Anda beralih ke bisnis yang bukan musiman berikut ini.

1. Bisnis Sembako

Kalau bicara mengenai bisnis yang bukan musiman, pastinya ini ada di urutan pertama. Ya, sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

Meski persaingan cukup ketat, namun bisnis sembako hampir tidak pernah sepi pembeli. Apalagi jika Anda sebagai pemilik bisnis terus berusaha meningkatkan kualitas dan pelayanan, bisnis sembako Anda pun akan meraup banyak keuntungan. 

Memulai bisnis sembako juga tidak memerlukan modal yang besar. Anda bahkan bisa memulainya dengan modal minim, misalnya menjual sembako dengan sistem delivery atau online.

Anda tidak memerlukan toko dan tidak memerlukan banyak stok barang yang tidak terlalu diminati pembeli. Jenis sembako yang laris manis misalnya: beras, minyak goreng, gula, garam, mie instan, dan telur. 

2. Bisnis Kue dan Roti

bisnis kue dan roti di rumah

Credit: articles.bplans.com

Sama halnya dengan bisnis sembako, bisnis kue dan roti juga termasuk bisnis yang bukan musiman. Bisnis kue-kue seperti kue basah, kue kering, bolu, kue ulang tahun, hingga aneka roti merupakan makanan yang banyak digemari jutaan orang di Indonesia.

Baca juga: 9 Kuliner Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Bisnis kue dan roti juga hampir tidak pernah sepi pembeli dan mempunyai potensi besar untuk mendatangkan untung terus-menerus.

Meski bukan termasuk bisnis musiman, namun pada musim tertentu bisnis ini bisa mengalami peningkatan laba yang sangat besar, lho. Misalnya pada saat Ramadhan maupun menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Di luar waktu itupun Anda tak perlu khawatir akan sepi pembeli. Sebab kue-kue dan roti juga sering dijadikan pengganti makanan pokok yang bisa dinikmati setiap hari. 

3. Bisnis Katering 

bisnis katering yang menjanjikan

Credit: smallbizclub.com

Bisnis yang bukan musiman selanjutnya yaitu bisnis katering. Bisnis yang berkaitan dengan kuliner memang tak akan pernah sepi pembeli karena semua orang pasti membutuhkan makanan. Nah, bagi Anda yang hobi memasak bisa coba bisnis yang satu ini. Bisnis ini termasuk peluang usaha yang memiliki prospek bagus dan menjanjikan.

Baca juga: 10 Camilan Indonesia yang Ternyata adalah Jejak Kuliner Belanda

Katering selalu dibutuhkan saat orang-orang mengadakan acara dan menginginkan sajian makanan tanpa harus repot memasaknya sendiri. Agar bisnis katering yang Anda jalankan bisa unggul dari pesaing, Anda harus membuat kreasi menu-menu andalan yang lezat dan berbeda dari yang lain.

Hal ini tentu saja untuk menarik perhatian konsumen dan menjaga agar bisnis Anda tidak pernah sepi pembeli. 

4. Bisnis Pakaian 

bisnis pakaian modal minim

Credit: startupfashion.com

Setelah makanan, kebutuhan pokok manusia selanjutnya adalah pakaian. Bisnis pakaian merupakan bisnis yang bukan musiman dan selalu berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan tren yang ada di masyarakat.

Tak hanya kaum wanita saja yang suka mengoleksi banyak pakaian di lemarinya, kaum pria juga tak mau ketinggalan. 

Memiliki beberapa potong pakaian saja rasanya tak cukup, bukan? Apalagi bagi Anda yang selalu mengikuti tren fashion, koleksi baju Anda pasti bertambah mengikuti setiap tren terbaru.

Saat ini bisnis pakaian bisa diawali tanpa modal lho, yaitu dengan menjadi reseller. 

Jika Anda pandai merintisnya bukan tak mungkin usaha yang diawali tanpa modal ini bisa berkembang menjadi besar hingga Anda bisa mempunyai toko dan memproduksi sendiri pakaian yang Anda jual. 

5. Bisnis Sepatu 

Bisnis sepatu juga termasuk salah satu bisnis yang bukan musiman. Sepatu merupakan alas kaki yang selalu dibutuhkan dan digunakan semua orang.

Tentunya bisnis ini tidak pernah sepi pembeli karena semua orang membutuhkan sepatu. Ada berbagai jenis sepatu yang tak pernah lekang oleh waktu, seperti sepatu sneakers, flat shoes, serta high heels. 

6. Bisnis Kebutuhan Bayi

Bisnis lain yang tidak pernah sepi adalah bisnis kebutuhan bayi. Ini tentunya bukan bisnis musiman sebab angka kelahiran bayi terus bertambah setiap harinya.

Bisnis kebutuhan bayi ini tak hanya seputar pakaian saja lho, banyak pula perlengkapan lainnya. Seperti selimut, perlengkapan mandi, skincare, peralatan makan, hingga mainan bayi. Tak hanya itu kebutuhan bayi juga termasuk makanan bayi serta berbagai pelengkap nutrisi bayi.

7. Bisnis Kosmetik

bisnis yang tidak pernah sepi

Credit: harpersbazaar.com

Siapa sih yang tak ingin tampil menarik dengan kulit sehat dan terawat? Itu sebabnya semua orang membutuhkan kosmetik dalam kesehariannya. Zaman sekarang tak hanya para wanita saja yang menggunakan kosmetik, lelaki juga memerlukan kosmetik.

Fungsi kosmetik bukan hanya membuat penampilan lebih menarik tapi juga untuk merawat kesehatan kulit kita. 

Maka tak heran jika bisnis kosmetik ini termasuk bisnis yang bukan musiman dan tak pernah sepi pembeli. Bisnis kosmetik juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Saat ini misalnya banyak bermunculan produk kosmetik yang natural alias bebas dari bahan-bahan kimia yang berpotensi menimbulkan efek samping untuk penggunaan jangka panjang.  

8. Bisnis Produk Kesehatan

Bisnis produk kesehatan juga bisa dibilang tak pernah sepi pembeli. Apalagi belakangan ini sejak pandemi virus Corona melanda, semakin banyak masyarakat yang mencari produk-produk kesehatan demi meningkatkan imunitas tubuh.

Bisnis produk kesehatan merupakan bisnis yang bukan musiman dan selalu dibutuhkan. 

Beberapa produk kesehatan yang laris manis di pasaran misalnya: produk superfood, obat herbal, aneka jamu tradisional, suplemen, hingga minyak gosok. 

9. Bisnis Produk Elektronik

Jenis bisnis bukan musiman yang terakhir adalah bisnis produk elektronik. Bisnis ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya kecanggihan teknologi.

Jika dulu produk elektronik yang laris manis biasanya hanya seputar televisi, pendingin udara, kulkas, serta mesin cuci. Zaman sekarang ini produk elektronik yang laris manis didominasi oleh gadget, seperti smartphone dan laptop. 

Itulah beberapa bisnis bukan musiman dan tak pernah sepi pembeli yang bisa Anda coba. Dari daftar di atas menurut Anda mana yang paling menarik untuk dicoba dan apa alasannya? Yuk, share jawabanmu pada kolom komentar di bawah ini!

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top