Indo Blog Net

Bisnis

8 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa, Tak Perlu Modal Besar!

ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Zaman sekarang ini anak muda berlomba-lomba untuk semakin kreatif. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat ini, kreativitas akan sangat mendukung kesuksesan seseorang. Kreativitas ini terlihat dari semakin banyaknya peluang bisnis bermunculan, termasuk bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa.

Kuliah sambil bekerja, kenapa tidak? Ini dapat mengasah kreativitas, lho. Hal ini bisa menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Selain itu membiayai kuliah sendiri dari hasil usaha yang kita jalani pastinya jadi satu kebanggaan, bukan?

Baca juga: 6 Tujuan Kuliah di Perguruan Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Tak perlu khawatir tidak ada modal. Sebab banyak bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan hanya dengan modal minim. Bisnis ini juga bisa dijalankan secara paruh waktu dengan waktu yang fleksibel sehingga tidak mengganggu jam kuliah. 

Jadi bagi mahasiswa tak ada alasan lagi untuk tidak memulai  bisnis dari sekarang ya, kan? Di bawah ini dibahas mengenai beberapai ide bisnis modal kecil yang cocok untuk mahasiswa.

Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Di zaman digital yang semakin kreatif ini kita dimudahkan dengan bantuan teknologi. Sekarang menjalankan bisnis menjadi lebih fleksibel waktu dan tempatnya.

Anda bisa berbisnis hanya dari rumah dengan aturan waktu yang Anda sesuaikan dengan kegiatan utama Anda, seperti kuliah misalnya.

Berikut ini 8 ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa:

1. Jualan online

Ide bisnis yang pertama adalah jualan online. Ya, ini merupakan ide bisnis yang sangat cocok dengan mahasiswa. Anda bisa menjual produk apapun secara online, mulai dari makanan, pakaian, perlengkapan outfit, hingga tanaman hias mini seperti kaktus. 

 

Tanaman hias mini termasuk barang yang sedang banyak dicari belakangan ini, lho. Bentuknya unik sehingga bisa dijadikan pemanis ruangan. Tanaman kaktus juga dibekali dengan banyak manfaat, tak heran jika banyak orang menggemarinya. Tak hanya kaktus, masih banyak barang lainnya yang menarik untuk dijual.

Jualan online tak membutuhkan modal besar. Jika Anda tak ingin keluar modal sama sekali, Anda bisa pilih sistem reseller yang banyak ditawarkan toko-toko online.

Baca juga: 8 Tips Sukses Berbisnis Frozen Food Bagi Pemula

Anda juga bisa menjualnya melalui media sosial pribadi jika tak ingin repot menggunakan akun sosial media khusus jualan.

2. Jualan pulsa

Berjualan pulsa juga bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Sebab zaman sekarang semakin banyak orang yang membutuhkan pulsa untuk bisa terus terkoneksi dengan internet.

Anda tak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulai bisnis ini. Pada tahap awal, coba promosikan pulsa jualan Anda pada orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Keuntungan dari setiap pulsa yang terjual memang tidak terlalu besar, tapi jualan pulsa juga bisa jadi cikal bakal bisnis besar lho, asalkan Anda tekun dan terus belajar mengembangkan usaha.

Bukan tak mungkin kelak Anda bisa memiliki konter pulsa lengkap dengan produk gadget-nya. 

3. Jasa les privat

Jika Anda punya kemampuan membimbing atau mengajarkan ilmu yang Anda miliki pada orang lain, jasa les privat bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk Anda para mahasiswa. Coba cek kemampuan akademis apa yang Anda kuasai, apakah bahasa asing, matematika, mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) atau yang lainnya. 

Namun, jasa les privat ini sebenarnya tak hanya sebatas ilmu akademis saja, lho. Anda juga bisa menawarkan jasa les privat untuk mengaji atau berenang sesuai dengan kemampuan Anda. Tarif yang diperoleh lumayan mencukupi kebutuhan Anda sebagai mahasiswa. 

Anda bisa mengantongi 100 – 200 ribu rupiah per anak untuk satu kali sesi mengajar saja. Bayangkan berapa uang yang bisa Anda kumpulkan jika Anda rutin mengajar les privat setiap minggunya untuk beberapa orang anak. Semakin banyak anak dan jumlah sesi mengajar berarti semakin banyak uang yang Anda peroleh. 

4. Blogger

ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Credit: gcu.edu

Ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa salah satunya adalah blogger. Meski pada awalnya blogger merupakan bagian dari hobi, lain halnya dengan zaman sekarang. Saat ini blogger bisa jadi sebuah profesi dengan penghasilan yang menggiurkan.

Namun, tentu saja Anda perlu proses dan ketekunan untuk bisa sampai pada tahap tersebut. 

Penghasilan blogger bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti iklan, endorsement, afiliasi, dan lain-lain. Membangun blog memang butuh banyak kesabaran pada mulanya. Namun hasil yang akan diperoleh setelah blog Anda ramai pengunjung dan bernilai tinggi tentu akan sepadan dengan kerja keras Anda.

5. Influencer

Saat ini siapa sih yang sih yang tidak mengenal Instagram? Platform sosial media yang satu ini melesat bak meteor beberapa tahun terakhir ini. Keberadaannya bukan lagi sekadar media untuk berbagi foto saja, tapi juga berfungsi sebagai media iklan.

Banyak bisnis yang memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan bisnisnya. Di sinilah peran influencer dibutuhkan sebagai orang yang mempromosikan produk. 

Influencer bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa, tak ada kriteria khusus untuk menjadi seorang influencer. Anda hanya perlu memiliki banyak pengikut (followers) di Instagram. Kreativitas bisa jadi kunci agar Anda bisa memiliki banyak pengikut serta sukses menjadi seorang influencer. 

6. Web design

Web design juga termasuk salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Jika Anda suka pekerjaan yang berkaitan dengan komputer ini bisa jadi pilihan tepat. Sebab pekerjaan mendesain website ini bisa Anda pelajari secara otodidak.

Pekerjaan ini juga bisa dijalani di sela-sela waktu kuliah Anda. Anda tak perlu repot keluar rumah, hanya perlu duduk manis di depan layar komputer sambil mengerjakan pemembuatan website untuk klien..

Semakin bagus hasil karya Anda dalam mendesain sebuah website maka semakin mahal jasa yang Anda tawarkan. Harga jasa desain web di Indonesia berkisar mulai dari ratusan ribu hingga di atas satu juta rupiah. Lumayan, bukan?

7. Freelance writer

Anda suka dunia tulis menulis? Jika iya, pekerjaan sebagai freelance content writer (penulis lepas) ini menarik untuk Anda coba. Pekerjaan ini bisa Anda jalankan dari rumah tanpa terikat dengan waktu kerja kantoran. Itu sebabnya ini bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. 

Berbekal kemampuan menulis, merangkai kata-kata menjadi sebuah tulisan, serta kreativitas, Anda dapat membuat tulisan untuk berbagai website maupun majalah. Tak menutup kemungkinan Anda pun kelak bisa menerbitkan buku-buku hasil karya Anda sendiri.

8. YouTuber

youtune untuk bisnis

Credit: lifestyle.bisnis.com

Sama halnya dengan Instagram, platform YouTube juga sedang bersinar beberapa tahun belakangan ini. Banyak orang menjadikan YouTube sebagai ladang rezeki, tepatnya dengan menggeluti profesi YouTuber. Dan YouTuber juga menjadi ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa, lho.

Anda tertarik memperoleh penghasilan jutaan rupiah sebagai seorang YouTuber? 

Anda hanya perlu membuat konten-konten menarik dan bermanfaat yang disukai banyak orang. Tentu ini tak semudah kelihatannya. Tapi yakin deh setiap usaha pasti akan membuahkan hasil. Jangan lupa iringi setiap usaha dengan niat yang baik serta doa.

Baiklah, itu dia deretan ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 🙂

Credit photo: gcu.edu

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top